Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Android GPS Phone Garminasus A50, Kembaran A10 Yang Lebih Murah 14 November 2010

Filed under: GPS,Ponsel — Suyandi Liyis @ 8:34 am
Tags: , , , , , ,

Hampir tidak ada bedanya dengan kembarannya A10, itulah yang saya rasakan setelah memakai keduanya. UI, menu, software navigasi, semuanya sama. Namun tentunya ada sedikit perbedaan yang akan saya coba jabarkan dengan kata-kata. Sehingga saya sarankan Anda untuk membaca juga review Garmin Asus A10 agar lebih memahami Garmin Asus A50 karena review A10 saya sertakan banyak foto. Berikut reviewnya:

Mengapa A50?

Apakah anda sedang cari GPS khusus? Sudah malas dengan gps online atau gps offline tapi peta tak komplit, atau ingin kombinasi gps utk mobil dan gps pejalan kaki? Inilah tugas utama Garmin Asus A50. Ternyata hampir tak ada beda menggunakan A50 dibandingkan A10, dari UInya, menunya, susunannya dll.

Kamera

Meski kamera lebih rendah dari A10, yaitu 3 megapixel, tapi tetap kualitasnya setara, menurut saya lumayan lah. Ada tombol dedikasi khusus kamera dengan dua fungsi, jika screenshot dicentang maka waktu tekan camera dia jadi screenshot, tapi jika screenshot (di setting) tak dicentang jadinya kamera sekaligus utk fokus dan jepret. A10 tidak ketemu tombol khusus kamera…

Layar

Yang saya nikmati adalah layarnya yang lebih lega dari a10. A10 mempunyai layar 3.2″, sedangkan A50 mempunyai layar 3.5″. Terus terang layar 3.5″ lebih nyaman.

View map A10 & A50

Prosesor

Yang kurang dari A50, entah kenapa responnya kurang cepat dari a10, misal waktu mau ketik, keyboardnya muncul telat sepersekian detik dibanding A10. Mungkinkah karena layar A50 lebih besar atau memorynya lebih kecil membuat A50 lebih berat kerjanya?

Perbandingan A10 & A50 tampak belakang

Baterai

Dengan kondisi sama 4 gmail, 2 email, gtalk dan auto sync on, juga twitter & facebook, baterai A50 lebih awet daripada A10, aneh kan. Mungkin untuk uji baterai harus benar2 dari out of box jangan instal apa2 biar fair. Bisa jadi A10 (saya
pakai seminggu) dengan A50 (baru 3 hari) jumlah aplikasi berbeda. Tapi saya tetap merasa a50 lebih awet, agak tak masuk akal karena 1500mah vs 1150mah. Mungkin juga saya salah menilai.

Ketebalan

Speaker

Speakernya mantap, sama kuatnya dengan A10, coba deh main solo guitar, gak perlu colok external audio udah bisa ngamen karena keras suaranya hehehe. Namun terkendala dengan jack audio bermini USB maka ini menjadi nilai negatif. Tidak ada cara menikmati lagu dengan charge listrik sambil colok audio external. Namun bagaimana anda ingin memakai earphone kesayangan? Jangan kuatir ternyata kabel mini usb tidak langsung ke earbud tapi masih dikonvert dulu ke jack audio 3.5mm sehingga earphone kesayangan anda seperti yuin, bose, ipod earphone tetap bisa dipakai.

Ketebalan A10 & A50

Hack

Saya mencoba root tapi gagal karena cara root yang saya dapatkan adalah untuk A10, entah kenapa di A50, rootnya tak berhasil

Kecepatan flash unlimited di pontianak

Google Latitude

Penyimpanan

Untuk storage memang di spesifikasi hanya 256MB, tapi entah bagaimana A50 bisa mengalokasikan utk application storage menjadi 510MB. Mungkin saja mencuri internal storage yang di spek 4GB tapi di system tercatat hanya 3.07GB. Dan jika melihat dari quick system info pro maka rinciannya:
SD card storage: total:7.39gb/free:5.72gb
A2sd storage: information not available
Internal storage: total:155mb/free 106mb
System storage: total:248mb/free:43.27mb
System cache: total 155mb/free:106mb
Memory: total:180mb/free: 23.38mb/idle: 1.98mb
Processor: armv6-compatible processor rev5(v6l) 600mhz

Web browser

Google Market

Benchmark

Untuk quadrant benchmark sementara saya tak percaya lagi karena di milis id-android ada pengujian 3 kali berturut tapi makin diuji makin meningkat sendiri, ada pola aneh…

Quadrant Benchmark

Homescreen dengan widget music player

GPS

Untuk GPS memang ini rajanya, langsung kesimpulan saja, A10/A50 adalah ponsel untuk Anda yang memang butuh GPS stand alone yang berjalan tanpa simcard/internet/wifi or whatsoever. Apalagi anda sedang cruising jalanan kota, anda tinggal switch ke pedestrian mode (modus pejalan kaki), maka dalam seketika Garminasus anda menjadi smart, anda akan dipandu meski jalan vorboden atau one way. Lah iyalah masa kita jalan kaki mengikuti rute mobil hahaha, itu
namanya GPS=Gue Pejalan Sint*ng :) cocok nih misal utk dibawa di daerah padat seperti orchard road atau bandung utk jalan2 romantis singkat berdua tanpa memalukan pasangan gara2 salah jalan :) ngakunya gaul, tapi jadi tour guide bawa salah jalan, apa kata mertua? :) Kehebatan GPS lain adalah penangkapan signal bisa dibawah 30 detik. Dijamin.

Photo navigation juga menarik, bisa langsung view map dari gallery, juga bisa sms navigation, langsung go to dari sms yang diterima…

Trip computer dengan kompas

Setting

Pendistribusian

Distributor A10/A50 melakukan blunder, mereka melaunching produk di jkt, dengan nada cukup pede, bahkan bercita2 menjadi top three utk produk android. Terus terang produknya bagus. Saya meyakinkan sendiri untuk memakai dan  menjual tapi stok A10/A50 tidak merata. Car kit belum tersedia, baterai belum tersedia. Semoga ada klarifikasi dari pihak asus karena pendukung anda cukup banyak di indonesia ini. Mengapa? Jika disuruh pilih beli PND atau PND+android dengan harga mepet, merem saya akan beli A50/A10. Dengan OS android, sebuah nama sedang melambung, aplikasi kabarnya sudah 100rb tinggal sedot di market, meski membawa nama garmin, tapi produk google tetap bisa kita  nikmati, luar biasa kan. Coba aja carkit sudah dipaketkan dalam pembelian, bukankah lebih mantap? oya, garansi setahun di indonesia tapi mengapa garansi dua tahun di malaysia?

Meski dalam ruangan signal tetap dapat

Peta Garmin Pontianak

Update

Pertanyaan paling sering, bisa update gak? Update tentunya bisa. Tapi disediakan atau tidak nantinya ke OS 2.2 belum pasti. Kalau mau update ini linknya untuk Garminasus A10: http://www.garminasus.com/en_US/support/software/006-B1130-00.update (300MBan), cara update: “adb push /sdcard/006-B1130-00.update /Garmin/Update” (there is a space between /update (space here) /garmin/Update. Info lanjut:

http://www.garminasus.com/en_MY/support/a10-software-updates.html
http://asia.cnet.com/crave/2010/05/05/garmin-asus-a10-android-2-1-update-due-july/

Tampilan JCV

Untuk update peta bagaimana? Ini linknya: https://store.garminasus.com/gcpInstall/checkPlugin.htm?target=https://store.garminasus.com/maps/updates.htm?deviceType=nuvifone&locale=en_US

Peta apapun saya coba sukses ditampilkan, voice navigasi Indonesia bisa TTS pula. Tangkap satelit luarbiasa, bahkan di dalam ruangan tetap tangkap signal meski akurasi jelek tapi tetap tangkap signal
Fisik

Untuk fisik, berbeda dengan A10, A50 ada dpad dengan 4 softkey. Di A10 tidak ada dpad dan hanya ada 3 softkey.

Route detail

Mode Navigasi

Kesimpulan:

Dari awal sebelum saya memutuskan membeli A10/A50 ada dalam pikiran saya yaitu apakah ada android yang bisa bekerja langsung dari box, layaknya nokia tidak perlu dicustom sana sini, sesimple beli dan pakai saja, plug and play,  cocok utk siapapun meski anda gaptek, tidak ngerti root, tidak ngerti custom rom, bahkan tidak ngerti android. A10/A50 rupanya menjawab dengan baik. It just works.

Jadi, A10/A50 memang khusus pecinta GPS? I’m afraid I have to say, begitulah…

Pilih A10 atau A50? Kalau Anda hanya butuh GPSnya maka A50 lebih mantap. Tapi bila Anda butuh ponsel sehari-hari dengan GPS dan pengalaman baru ber-android maka A10 lebih mantap.

.

Spesifikasi & how to buy: http://tokonavigasi.com/?p=295

.

My other posts:

http://mantugaul.wordpress.com/all

 

231 Responses to “Review Android GPS Phone Garminasus A50, Kembaran A10 Yang Lebih Murah”

  1. Tom Berkata

    untuk root mungkin bisa dicoba z4root (ada di market katanya http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=833953 )

    baterenya A50 lebih tahan dari A10, apa karena A10 nya di-overclock pake setcpu ?

  2. mantugaul Berkata

    tom: sama-sama tidak dioverclock. z4root sudah coba juga. Tak bisa

  3. dicky Berkata

    Om Syd, bila difungsikan sebagai gps navigasi saja tanpa fungsi sync dll, baterai bisa berapa jam ya?

  4. mantugaul Berkata

    dicky: wah blm dicoba tuh oom…sepertinya persis sama nuvi biasa…

  5. Arieneeras Berkata

    Mas HP ini bisa di set buat peta sendiri gak..?
    seperti garmin menggunakan fungsi way point yang di satukan dengan ruler..?
    Maksudnya mau beli nich kalau bisa sekalian buat navigasi GPS Lahan IUP batubara… kan gak perlu bawa HP bawa GPS
    1 gadget for 2 function…
    Trims…

  6. mantugaul Berkata

    arieneeras: apaan itu garmin ruler?

  7. Adrian Berkata

    Mas, jadi klo mau beli mending A10 atau A50? kan cuma beda 300rb… kalo ketebalan kayaknya A10 lebih tebal ya, tapi apa dua2nya nyaman di genggaman?

  8. mantugaul Berkata

    Adrian: butuh speed:a10, butuh layar besar: a50

  9. max Berkata

    mas,sy ada pertanyaan nih:
    1.kemampuan divx playernya bisa support ampe resolusi berapa ya,di galaxy s sodara bisa support ampe 1280×720 soalnya?
    2.pernah liat tampilan android di emulator kok beda ya,apa ini dikasi UI costum ma asus?
    3.boleh minta review kemampuan jalanin game gak kyk asphalt ato angry bird?
    4.build qualitynya gimana?
    tks mas

  10. mantugaul Berkata

    max: 1. 320×480
    2. betul dikustomisasi habis sama garmin jadi keren habis
    3. game lancar2 oom…termasuk asphalt dan angry bird
    4. muantafff

  11. max Berkata

    ooooo,gt ya mas.trus gimana dengan mslh update ke froyo ato gingerbread?
    soalnya asus ama garmin mo pecah kongsi ka?

  12. mantugaul Berkata

    max: cepat upgrade a50 anda, fresh from the oven: v5.0.71 http://www.garminasus.com/en_ID/support/a50-software-updates.html

  13. Anonymous Berkata

    mas, knp market di a50 saya ngk mau signin, padahal saya dah buat akun melalui pc?

  14. mantugaul Berkata

    Anonymous: verify dulu gmail anda melalui sms

  15. udin Berkata

    slamat pagi mas.
    Langsung ajah, mo tnya. HP ku, garmin asus a10. 1) Bgaimana cara membuat foto geotagging. sya dah mengaktifkan gps sbelum membuat foto dan men-enable geotagging. tp hasilnya foto sya tdk bisa dilihat tanda geotaggingnya. 2) bagaimana menjadikan HP sya agar jadi wifi router/hotspot sharing. 3) bagaimana cara menyimpan track dan point stelah sya menggunakan GPS, Bagaimana mendownload hasil track dan point yg sudah sya buat dr hp ke pc. Sementara itu dulu prtanyaanya. TERIMAKASIH banyak. Salam

  16. aam Berkata

    Akang Gaul:
    mo tanya nich, A10 ini kan bawaan nya GPS nya garmin, apakah bisa install selain garmin, semisal papago android ato ndrive?
    Nuhun.

  17. mantugaul Berkata

    udin: tekan saja icon geotag…donlod di market…pakai mapsource (track only)

  18. NuviFans Berkata

    Mas, kalo saya bawa Nuvifone saya ke luar negeri, misal eropa. Apa saya perlu beli lagi peta eropa dari garmin? Ada saran…Tks

  19. mantugaul Berkata

    NuviFans: tentu

  20. racunGarmin Berkata

    Car-kit nya apa jadi satu paket? soalnya kan gabung dg mobile charger

  21. mantugaul Berkata

    racunGarmin: utk a50 card holder dan car charger bisa beli terpisah

  22. Arief Berkata

    Apakah a50 bisa membaca sms bahasa arab? krn saya biasa mendapat sms arab dari relasi-relasi saya.

  23. mantugaul Berkata

    Arief: bisa dong oom…

  24. Alexandre Berkata

    Bru instal garmin xt di nokia E5-00, sempurna..

  25. tatto Berkata

    Mas.. gimana cara veryfikasi gmail melalui sms?
    maklum nubi mash gaptek… soalnya waktu saya buka market nya ngk mau… call customer service ktnya..
    Thanks atas infonya mas…

  26. mantugaul Berkata

    tatto: masukkan 62811xxxxxx

  27. tatto Berkata

    Maksudnya gimana pak? Prosesnya dr hp or pc? tolong jelasin donk.. bingung saya…

  28. mantugaul Berkata

    tatto: create account dulu

  29. sablah Berkata

    Om Syd, koq di tokonavigasi gak sedia aksesorisnya Nuvifone yg superlangka di indo sih? kalo ada screenguard aja, udah lumayan tuh :P

    btw, thx atas artikel2nya yg sudah kasi banyak pencerahan utk nubie spt saya

  30. mantugaul Berkata

    sablah: screenguard pakai nokia n8 punya saja, saya pakai pas

  31. tatto Berkata

    Create account di hp ngk mau. Jd saya create accountnya malalui pc. Saya coba sign in da hp ngk mau jg.. jd tambah bingung saya…. atau emang hp nya yg bermasalah….??? gimana ni pak solusinya?

  32. mantugaul Berkata

    tatto: hehehe, saya malah udah buat puluhan dari account dari hape…awalnya memang ada masalah…ternyata lupa masukkan password wifi :)

  33. tatto Berkata

    Hahahaaaa… saya jg dah coba puluhan wifi dan puluhan password.. tp ngk mau jg connect.. mgkn ada solusi laen pak? Atua hp nya di jual aja x ya? heheheeee..

  34. mantugaul Berkata

    tatto: ganti a10 aja oom…barusan saya jual 4 biji, lancar semua create accountnya…

  35. Anonymous Berkata

    klo boleh tulung jelasin langkah2 nya dr awal boss.. ntar saya coba lg..
    klo ngk mau jg, ya terpaksa lego aja lah…
    tolong ya boss….. ;)

  36. mantugaul Berkata

    Anonymous: aktifkan wifi, pastikan sudah bisa browsing, baru masuk ke market…dia minta create account, selesai…

  37. tatto Berkata

    Udah bos.. wifi lancar trus browsing jg lancar jaya… cuma create accountnya aja yg ngk mau… makanya bingung saya…

  38. mantugaul Berkata

    tatto: bikin via warnet lancar oom…

  39. tatto Berkata

    gimana caranya bos…
    saya udah buat account gmail di pc, trus coba sign in di hp nya ngk mau jg…udah brapa x jg ganti id gmail nya ngk mau juga..
    tetap jg ktnya call cosumer…

  40. mantugaul Berkata

    tatto: hardreset aja

  41. tatto Berkata

    akhir nya setelah hardreset android marketnya dah mo jalan …. lancar jayaaa…. maksih bos atas masukannya…

  42. andri purnama Berkata

    boss.. mau tanya nih a50 punya saya koq gak ada icon geotagnya, biar bisa gimana boss…., sekalian tanya gimana caranya upgrade a50

  43. mantugaul Berkata

    andri purnama: masak ga ada, coba screenshot…

  44. racunGarmin Berkata

    Om, akun fb nya apa om?

  45. mantugaul Berkata

    racunGarmin: fb.com/mantugaul

  46. cahyo Berkata

    Om syd, kalo saya master reset, itu peta saya yang udah update CN 2010.40 apa kereset juga?

  47. eri Berkata

    Om, screen guard utk A50 gak ada ya? itu N8 kan pasnya utk A10. Kalo yg A50 lebih susah, soalnya tengahnya bolong ada tombol kotak itu

  48. mantugaul Berkata

    cahyo: tidak, tenang saja, semua peta aman tentram…saya udah iseng mencobanya…tested!!

    eri: ayo kreatif oom, pakai cutter :D

  49. Satria Berkata

    Mas mw tanya,screen protektor yg cocok buat garmin a10 pakai apa,pokok e yg pas di layarnya

  50. mantugaul Berkata

    Satria: coba baca komen 31

  51. zico Berkata

    sekedar informasi saja…
    screenguard buat a50, paling cocok pake samsung galaxy s…
    satu body penuh tuh bisa ke cover…
    tinggal kreasi dikit buat bagian atas ma bawah…

    om gaul mo nanya, klo a50 di jadiin modem gmana caranya ??
    thanks b4

  52. andri purnama Berkata

    om cara update peta garmin di A50 gimana caranya…? trims sebelumnya….., dan makasih atas jawaban yang kmrn

  53. mantugaul Berkata

    zico: tinggal tancap usb saja

    andri purnama: coba buka http://id.garminasus.com

  54. madi Berkata

    boss saya mau tanya A 10 / A/50 bisa untuk video call apa tidak?

  55. mantugaul Berkata

    madi: tak bisa

  56. madifv Berkata

    boss..kalu A10 / A50 bisa untuk video call apa tidak?thanks jawabanya

  57. madifv Berkata

    om saya sekarang ada di malaysia,saya berminat dgn A10/A50.
    pertanyaan saya 1;Dimalaysia garansi 2 thn klo di indonesia gmna?
    2;kalo saya beli di malaysia apakah garansinya berlaku juga untuk di Indonesia?
    3;apakah A10/A50 bisa di jadikan sebagai hot spot untuk wifi?

  58. mantugaul Berkata

    madifv: indonesia setahun, tak berlaku, bisa dong

  59. madifv Berkata

    om apakah A/50 ada yahoo messenger? dan bisa buat video chat?

  60. mantugaul Berkata

    madifv: ada ym, tak ada front camera

  61. Aswinner Berkata

    Om, bisa nggak kita masukkan dan save di Mapnya data kordinat suatu lokasi trus bisa mengarahkan kita kelokasi tsb ? thanks banget sebelumnya.

  62. mantugaul Berkata

    Aswinner: bisa dong oom

  63. madifv Berkata

    OM APA BEDA A50 MALAYSIA DGN A50 INDONESIA SELAIN DARI GARANSINYA?KLO DILIHAT DARI VERSINYA MANA YG LEBIH TINGGI?
    TRIMAKASIH JAWABANYA

  64. mantugaul Berkata

    madifv: tak ada beda

  65. Aswinner Berkata

    mas, mohon bantuannya :-(
    sy sudah install peta navnet 1.8.8 dari navigasi.net untuk aplikasi Garmin di A50. sy sdh centang juga file2nya yang di Setingan navigasi A50, tp untuk kota makassar kok ga muncul trafik dan nama2 jalannya yah, tp kalau kota lain bisa seperti jakarta, bandung dll nya.
    HP nya baru beli kemarin di pameran, disana ga bs support update petanya. :-(

  66. mantugaul Berkata

    Aswinner: untick the Garmin CN map please

  67. Aswinner Berkata

    wah, thanks banget mas. Its work. :-D

  68. madi Berkata

    Mas saya bru beli a50 dan sudah di install map indonsia.tpi untuk suara navigasi nya msi bahasa englis.ada kah suara untuk navigasinya yg bahasa indonesia,atau bahasa2 yg gaul?dmna saya harus mndownload nya?thanks bantuannya..

  69. mantugaul Berkata

    madi: ke menu navigasi utk pilih bahasa indonesia

  70. madi Berkata

    Saya sudah cek navigation voice nya cuma ada englis.china dan malaysia
    Saya beli dimalaysia om.dmn sya bsa dpt kan untuk voice indonesianya?

  71. mantugaul Berkata

    madi: coba beli di id.garminasus.com

  72. madi Berkata

    Om saya baru beli a50 di malaysia
    Saya cek di setting-about
    Tanya:
    1.apa arti firm ware 2-1 update1?apakah msi bsa di update lgi?
    2.Softwear A50 V5.0.74 apa artinya?apa ini sudah yg terbaru ato msi bsa di update lagi?
    3.MAP indonesia MAP V.1.77NT.apakah ini map yg terbaru?
    4.Untu no 1.2.3 apakah sama klo beli di indonesia?
    Trimakasih om info nya.tolong jawab detail om…

  73. mantugaul Berkata

    madi: coba cek garminasus.com dan navigasi.net…kalau beli di tokonavigasi dah komplit dan terbaru semua oom

  74. reno Berkata

    Om bagaimana cara memindah kan file dari sd card ke memori internal?saya pakai a50 om.
    Softwear apa yg bisa di jadikan untuk hotspot wifi di androit market?

  75. mantugaul Berkata

    reno: andexplorer dan barnacle

  76. budi Berkata

    Om garmin asus A 50 saya memori card sd nya 2GB,apakah bisa klo di ganti menjadi 4GB?apakah efek nya klo diganti ke memory yg lebih besar? Trima kasih info nya

  77. ridzal Berkata

    om saya baru install navnet garmin V_188NT.exe dari kompter instal ke sd card.di folder garmin.knp stelah install slesai map indo V1.77 , map thailan,filipine,hilang(sebelum di install ada smua map tsb,gmna tu om?

  78. ridzal Berkata

    om saya baru install navnet garmin V_188NT.exe dari kompter instal ke sd card.di folder garmin.knp stelah install slesai map indo V1.77 , map thailan,filipine,hilang(sebelum di install ada smua map tsb,gmna tu om?sya pakai A50

  79. mantugaul Berkata

    budi: jadi makin isi file lebih banyak

    ridzal: taruh di folder map, ganti namanya jadi mantugaul.img

  80. nicko Berkata

    Oom, kalo saya mau install aplikasi JCV map di A50 gimana ya? saya baru beberapa hari pake A50, tiu juga gara2 mantengin blog om terus.. hehehhe..

  81. mantugaul Berkata

    nicko: udah built in

  82. nicko Berkata

    Untuk nampilinnya di menu apa om? nubi banget nih sama garmin… mohon pencerahannya om..

  83. nicko Berkata

    Yang bawaan handset sudah covering jawa bali belum om? kalo belum bisa donlot dimana? tengkyu om..

  84. mantugaul Berkata

    nicko: coba aja dari bandara cengkareng diset menuju kelapa gading…

  85. nicko Berkata

    MAsalahnya saya baru nyoba dari adisucipto Jogja ke kantor di jogja.. belum dicoba di jakarta om… :(

  86. mantugaul Berkata

    nicko: jogja tak ada jcv, hanya jakarta

  87. mantugaul Berkata

    nicko: peta jawabali dah tercover dari saat beli

  88. madi Berkata

    Om bagaimana caranya A50 dijadikan modem?saya suda tancap kan usb nya k laptop tpi yg muncul di layar hp nya”saya dsuruh pilih
    1 GARMiN ASuS PC SYnC.(Contact & calender)
    2 FILE TRansFer(fhoto,video,music,doc).mana yg harus saya pilih?

  89. mantugaul Berkata

    madi: pilih internet sharing

  90. reno Berkata

    Om saya pakai A50, saya sudah download barnacle wifi tether di market.saya buka program nya-start.yang keluar ROOT ACCES (barnacle requires to acces the hardware!please make sure you have root acces?apa maksud nya om?
    Tolong ajari om cara mnggunakan A50 mnjadi hotspot wifi,tq om bantuannya…

  91. mantugaul Berkata

    reno: root agar jadi superuser, root membuat garansi jadi hangus

  92. reno Berkata

    Ooo klo gitu gak perlu la om…ada solusi lain om untuk hotspot wifi..tapi tidak mmbuat garansinya jadi hangus?

  93. mantugaul Berkata

    reno: blm ada

  94. madi Berkata

    Om saya sudah coba A50 jadi modem via kabel data,saya sudah pilih internet sharing, tapi tak berhasil,komputer saya minta disc untuk penginstalan,”hardware tidak di jumpai”.(Dalam pembelian tidak diberikan CD)gmn tu om?
    Bisa gak klo mnggunakan bluetoth modem?

  95. madi Berkata

    Om untuk A50 casing yg berupa kulit atau silicon ada jual apa tidak om?saya cari tak dapat2 om..dmna saya harus mncarinya om n brp harganya..kirim k medan?

  96. mantugaul Berkata

    madi: usahakan pakai win 7, utk silikon stok kosong

  97. Nicko Berkata

    Peta sih sudah om, tapi JCV yang belum nyoba… tapi kalo di jkt auto ya om?

  98. mantugaul Berkata

    Nicko: yap auto

  99. dimas Berkata

    Saya punya A50, masalahnya ketika dipakai phone call, ketika backlight padam lalu terkunci, saya tdk bisa melihat tampilan keypad, menavigasi phone call saya (end call, call waiting, dll) karena layar sudah terkunci. Saya kesulitan men-unlock layar tsb agar menyalakan kembali backlight, dan memunculkan kembali tampilan keypad layaknya hp biasa. Adakah solusi untuk masalah yg saya hadapi..?

    Terima kasih..

  100. mantugaul Berkata

    dimas: pastikan screen protector jangan menghilangi sensor

  101. dimas Berkata

    Trims Om..saya belum pake screen protector, tapi masih pakai plastik pelindung bawaan yang belum saya lepas.
    Apakah itu penyebabnya? lalu dimanakah letak sensor yang tak boleh saya halangi dengan plastik pelindung/screen protector?

    Thanks

  102. mantugaul Berkata

    dimas: nah coba dilepas :D

  103. andre Berkata

    Om, kalo mau melewati jalan baru yg di peta navnet gak ada trs mw kt smpen gmn om ya proses nya? nubi bngt om soal nya ttg gps heheee :)
    Thx

  104. mantugaul Berkata

    andre: akan terbentuk track sendiri warna biru

  105. rudi Berkata

    1 ) saya pakai A50.saya sudah instal yahoo messengr.
    knp ym nya tidak bisa untuk video chat?kalau voice chat bisa om…apa krn msi os 2.1?
    2 ) bisa tidak A50 di upgrade ke os 2.2 ? thanks

  106. mantugaul Berkata

    rudi: 1. krn no webcam, 2. blm bisa

  107. kanny Berkata

    pengen hp android yg ada garmin, yg pake tombol qwerty. ada gak om?

  108. mantugaul Berkata

    kanny: blm ada

  109. madi Berkata

    Om A50 saya setiap kali ada panggilan masuk pasti dering nya disertai video yg ada di gallery..gmn menghilangkan video trsbut pd saat ada panggilan masuk…saya cari di seting tk dapat2..thanks bantuannya..

  110. mantugaul Berkata

    madi: aplikasi vringo

  111. madi Berkata

    Om bagaimana cara mnggunakan wifi A50?saya sudah masuk ke setting-wireless manager-wifi sudah saya on trus bgitu saya connect putus kmbali..kalau saya pakai laptop ato bb wifi dtmpat yg sama bisa om..gmna tu?

  112. mantugaul Berkata

    madi: ganti channel wifi anda…

  113. madi Berkata

    Maksud nya gimana om…saya skrng brada di hotel..n mnggunakan wifi hotel

  114. mantugaul Berkata

    madi: bisa jadi hotelnya pakai channel yang sudah penuh…

  115. madi Berkata

    Tapi om kalau saya pakai blackberry ato laptop di tempat yg sama n mnggunakan wifi hotel ini bsa om..

  116. mantugaul Berkata

    madi: oh coba direstart saja, kalau tak bisa harus pakai AP lain

  117. madi Berkata

    Saya sudah restart..msi gk bsa juga…sudah saya centang “NETWORK NOTFKSI notify me when an open network is available”memang simbol wifi nya di notifikasi hilang timbul..2)Apa maksudnya harus pakai AP lain?

  118. mantugaul Berkata

    madi: akses point lain…

  119. madi Berkata

    Om mohon bantuan..saya sangat membutuhkan live VIDEO CHAT…saya mnggunakan A50.
    1)Android versi brpa yg bsa untuk live video chat?dan softweare nya apa?
    2)Saya sudah install yahoo mssgr n instal plugin di A50 tpi tidak bsa untuk video chat..apa betul video chat YM tidak bisa untuk android V2.1. Dan bisa untuk yg V2.2 keatas?
    Brgd’s

  120. mantugaul Berkata

    madi: kan tak ada webcam

  121. madi Berkata

    Jadi gmna solusinya om…saya harus pakai android versi brapa?atau pakai smartphone android apa supaya bisa video chat?

  122. muhid Berkata

    Mas… saya pengguna A50, kebetulan habit saya selalu menggunakan battery cadangan, gimana bisa beli battery tsb sekaligus desktop chargernya. thanks.

  123. madi Berkata

    Saya pakai A50.(Setelah saya gagal mendownload Talking tom versi yg lain)…mengapa dinotifikasi saya ada muncul”REMOVE DATA OR CLEAR an APLICATION chace to make more space”. Padahal ApLication storage available space=194MB, Internal storage available space=1.74GB,SD card available space=2.75GB

  124. mantugaul Berkata

    madi: reboot saja

  125. madi Berkata

    Saya sudah matiin hp dan hidup kan kembali..tapi masih muncul di notification LOW ON Space “remove data or clear……kalau saya klik akan masuk ke jendela MANAGe ApLication….(Uninstall,clear cache,clear default)sayang kalau mau mengapus aplikasi yg sudah ada di hp…kalau mau mendownload file yg 20MB keatas gk bisa…tapi kalau cuma <5MB bisa…padahal memory saya masi banyak…knpa bgtu om?apakah saya harus menghapus beberapa aplikasi yg sudah saya install?

  126. mantugaul Berkata

    madi: betul, lebih baik master clear reset aja karena a50 terkenal low ram, tidak nyaman kalau instal banyak aplikasi…kalau memang ada peluang ganti ke a10, lebih recommended…

  127. muhid Berkata

    gimana mas tentang battery..dan desktop chargernya. saya berharap banyak.

  128. madi Berkata

    Ini potongan dari tulisan diatas…””Penyimpanan

    Untuk storage memang di spesifikasi hanya 256MB, tapi entah bagaimana A50 bisa mengalokasikan utk application storage menjadi 510MB. Mungkin saja mencuri internal storage yang di spek 4GB tapi di system tercatat hanya 3.07GB. Dan jika melihat dari quick system info pro maka rinciannya:
    SD card storage: total:7.39gb/free:5.72gb
    A2sd storage: information not available
    Internal storage: total:155mb/free 106mb
    System storage: total:248mb/free:43.27mb
    System cache: total 155mb/free:106mb
    Memory: total:180mb/free: 23.38mb/idle: 1.98mb
    Processor: armv6-compatible processor rev5(v6l) 600mhz
    Bagaimana cara ngecek di A50?
    Apatu Quick system info pro?

  129. Bos Syd, nanya agak sulit boleh ya?
    Saya pake A50 dengan Peta Navnet 2.03 kok petanya kagak keliatan POI nya, dan jalan juga keliatan tipis-tipis padahal jalan besar lho, setting di Map detail sudah di set MORE. Apa lagi yg perlu dibenahi?
    Sudah saya coba juga transfer map dari Mapsource sama saja. Pengennya seperti yg di A10 nya bos Syd tuh, jalannya agak bold dan POI tampak….hehehe…
    Makasih sebelumnya bos…

  130. mantugaul Berkata

    muhid: garmin tidak membuat desktop charger…

    madi: ada di market

    Adi Cahyo Gunawan: pakai basic polyline saja…

  131. muhid Berkata

    mas..bisa pesan battery di toko navigasi..? saya kebetulan orang ponti juga, lagi sekolah di bandung.

  132. mantugaul Berkata

    muhid: bisa tapi agak lama, pesan di luar soalnya…

  133. ardi Berkata

    Bos, numpang tanya nih… bagaimana ngedelet track warna biru dlm map & di folder mana tersimpan hasil traking +ekstentionnya apa ya… trims

  134. mantugaul Berkata

    ardi: di clear trip log (setting|navigation)

  135. djoe Berkata

    Ada 3 pertanyaan Om:
    1. “juga bisa sms navigation, langsung go to dari sms yang diterima…”
    Apakah arti kalimat di atas sama dengan pengertian saya : bahwa tiap sms yang masuk ke hp ini, kita akan tahu lokasi si pengirim??
    2. untuk geotaging foto apakah bisa sesimpel oregon? karena saya biasa mentransfer foto dari oregon dan langsung mengkonversinya menjadi shapefile…
    3. om tahu gak software gratis yang bisa konversi foto geotag menjadi shape file?? selama ini saya pake ExpertGPS Trial…

    Thanks Om atas jawabannya…

  136. mantugaul Berkata

    djoe: 1. maksudnya kirim koordinat pakai sms, 2. mustinya sama, 3. coba buka: http://mantugaul.wordpress.com/2009/08/26/geotag-selalu-ingat-motretnya-dimana/

  137. madi Berkata

    Om saya mau tanya apakah A50 bisa lihat TV live sperti MIVO TV online indonesia.?

  138. mantugaul Berkata

    madi: tidak bisa

  139. ardi Berkata

    kenapa geotag A10, baru sy pake sekali selanjutnya kok ndak bisa ya… ?

  140. mantugaul Berkata

    ardi: ada aplikasi bentrok? coba di hard reset

  141. hendri Berkata

    om mo nanya. kalo garmin asus a10 ato a50 ini masih layak buat dibeli/dimiliki ndak? mengingat sdh banyak bgt smartphone yg beredar.
    hehe..baru nemu soalnya. kayaknya bagus bgt. oya skalian nanya harganya ya om

  142. mantugaul Berkata

    hendri: ya tentulah layak, saya masih jualan dan laris manis sampai saat ini…why? karena garminnya itu loh, luar biasa…jangan buka link berikut, banyak racunnya oom : http://www.youtube.com/watch?v=WrYuUohz9mQ

  143. hendri Berkata

    kl harga nya gmn om?
    masi segitu apa sdh turun? pm dung

  144. mantugaul Berkata

    hendri: tokonavigasi.com utk harga

  145. madi Berkata

    om bisa tidak aplikasi yg saya dowload dipindah ke memori card.memori intrnal A50 saya sudah low space.sayang klo mau mnghapus app.yg sudah di download.bagaimana caranya?

  146. mantugaul Berkata

    madi: ganti a10 dong, a50 lumayan mengecewakan jika anda penggemar banyak aplikasi…maklumlah RAM kecil…A10 sangat memuaskan lahir dan batin ;)

  147. madi Berkata

    trus gmna nasib a50 saya..klo saya ganti a10..sayangkan.klo a50di root bisa tidak simpan app. di memori card

  148. zenes Berkata

    om, masih ada stok battery buat A50 nggak?

    Add my YM ya om, biar bisa japri

    Thanks in advance, GBU

  149. mantugaul Berkata

    zenes: sedang dipesankan

  150. id Berkata

    saya sdh update map melalui situs garmin…
    tp knp posisinya bergeser…?? saya tidak berada pd posisi yg sebenarnya…klo pergeseran sampai 50meter mungkin karena sinyal satelitnya..tapi ini terlalu jauh, dan sampai sinyal penuhpun masih menunjukkan posisi yg sama?
    tolong bantuannya…!!

  151. mantugaul Berkata

    id: balikkan ke versi lama, yang baru kacau semua

  152. id Berkata

    data saya terhapus mas lupa back up

  153. mantugaul Berkata

    id: bawa ke toko saja tempat anda beli, pasti dikembalikan

  154. id Berkata

    ok mas…

  155. dwi bagus Berkata

    mau tanya om.
    berapa sekarang harga A10 denga A50

    thanks

  156. fidelisawig Berkata

    mas, numpang tanya, baru dapet garmin asus a50 :D
    diinstal aplikas,but internal storage masih lumayan +/- 2gb, tapi tiba2 mati n booting terus
    kenapa ya? mohon solusinya. thx

  157. mantugaul Berkata

    fidelisawig: cepat bawa ke siscare

  158. Mist Yan Berkata

    informatif… makasih pak

  159. Mist Yan Berkata

    pak, firmware terakhir tuh yang eclair dan ada aplikasi2 t**komsel yah?
    ga bisa dihapus aplikasi2 yang tidak terpakai?

  160. Mohon petunjuk untuk partisi SD Card agar bisa dibaca oleh link2sd, sudah saya coba partisi pake minitool fat32+fat32 dengan semuanya primary gak bisa, fat32+ext3 primary semua juga belum bisa…
    Makasih atas petunjuknya bos…

  161. mantugaul Berkata

    Mist Yan: bisa hapus, root uninstaller aja

    Adi Cahyo Gunawan: saya juga blm sukses :)

  162. Unian Berkata

    Pak, paket di http://tokonavigasi.com/?p=295, jika tanpa car kit dipotong 450 ribu ya? ongkir kirim ke jakarta pusat brp ? stock ready?. Thank’s

  163. mantugaul Berkata

    Unian: bukan dipotong tapi nambah 450rb jika mau carkit. tapi a50 carkit udah termasuk.

  164. Unian Berkata

    ic, kalo paket A50 ngga mau car kit bisa ?

  165. mantugaul Berkata

    Unian: bisa dpt potongan 150rb

  166. Unian Berkata

    Ok, car kit itu holder + charger khan?

  167. madi Berkata

    om apa guna hp nya di root? dan efek nya?

  168. madi Berkata

    dan bagai mana cara nge ROOT nya?

  169. mantugaul Berkata

    madi: garansi jadi hangus dan resiko brick/rusak total

  170. Anonymous Berkata

    Om kalo baterry Asus A50 jual tidak? Yang original brp yang KW brp? Battery bawaan sdh ckup ngedrop nich….

  171. Dangiovi Berkata

    Om, Kalo nyari Battery Asus A50 ada gak? Yang Ori berapa dan yg KW berapa duit? Battery bawaan A50 sya sdh cukup ngedrop nich… Tiap malam musti ngecharge,,,

  172. mantugaul Berkata

    Dangiovi: bisa beli di siscare terdekat

  173. edo pradana Berkata

    halooo… salam kenal..
    mau tanya nih, saya ingin upgrade software a 50 saya dari versi v5.0.61 ke v5.0.73 mengapa gagal terus ya? Mohon bantuan dari rekan-rekan. Terima Kasih atas waktu dan kerjasamanya :)

  174. mantugaul Berkata

    edo pradana: liat dimana ada versi baru?

  175. edo pradana Berkata

    di website ini mas
    http://www.garminasus.com/en_AU/support/nuvifone-a50-software-updates.html
    sudah ikuti instruksinya tapi gagal terus.
    1. system update is available. connect to a power source beginning the update process.perform the update now?saya tekan OK
    2. keluar tulisan invalid system update file.contact customer service, and request a system update file
    apa mungking asus garmin saya, sudah saya root mas?

  176. mantugaul Berkata

    edo pradana: mana bisa, itu kan au

  177. edo pradana Berkata

    betul sekali….
    tengkyu mas.saya cari yg id saja deh

  178. edo pradana Berkata

    halo mas….. mau tanya lagi mengenai update software. barusan sudah saya download file update nya dari website http://www.garminasus.com/en_ID/support/a50-software-updates.html
    tetapi masih tetap gagal.duhhh jadi bingung… hehehe.file update sudah saya paste juga di folder Garmin\Update
    tengkyu

  179. mantugaul Berkata

    edo pradana: file rusak? donlod ulang

  180. edo pradana Berkata

    download file sukses…
    tapi tetep saja muncul tulisan invalid system update file.contact customer service, and request a system update file

  181. mantugaul Berkata

    edo pradana: bawa ke service center aja

  182. madi Berkata

    Om A50 saya tidak dapat menerima sms(sms masuk tidak di tampilkan) sehingga saya tidak tau kalau ada org mengirim sms ke saya.
    Tapi kalau sms keluar ada tampilan nya.
    Untuk info sms center nya sudah tepat
    Mohon ptunjuk nya om

  183. mantugaul Berkata

    madi: ud dihardreset?

  184. Anonymous Berkata

    mau tny mas, apa msh ada stok A50? mohon infonya, thx

  185. Anonymous Berkata

    jika ada yang mau jual A50 bisa hub saya di klikiri@yahoo.com

  186. mantugaul Berkata

    anonymous: sold out boss

  187. madi Berkata

    Bagaimana cara hardreset nya om?
    Tlong donk infonya?

  188. mantugaul Berkata

    madi: di setting

  189. Anonymous Berkata

    tanya bos :
    1. saya coba ikuti petunjuk di http://www.garminasus.com/en_AU/support/software/Optus-A50-Eclair-SW-Upgrade-Instructions.pdf tapi gagal dan muncul tulisan “invalid system update file.contact customer service, and request a system update file” gmn cr ngilanginnya? sdh hard reset 2 x sama saja

    2. peta navigasinya kenapa muncul singapore, gmn utk ngeluarin peta indonesia versi garmin bukan yang navnet

    thx bros

  190. mantugaul Berkata

    itu kan versi aus mana bisa…peta di garminasus.com

  191. madi Berkata

    Terimaksi om..A50 saya sudah bisa membaca sms inbox setelah saya reset.
    Saya mau tanya apabisa A50 di konek ke tv..(Main game atau browsing pakai layar tv) bagaimana caranya?

  192. mantugaul Berkata

    madi: ga bisa

  193. Anonymous Berkata

    maksud point 2 pertanyaan sy diatas sblmny adalah bgmn mendptkan peta versi garmin utk indonesia krn yg terdeteksi malah singapura, versi garmin ya bukan yg navnet, thx

  194. mantugaul Berkata

    Anonymous: harus ke web garmin indonesia

  195. Ossa Setiawan Berkata

    om cara hard reset bagaimana?trus bluetooth garmin a50 saya ngak bisa on

  196. mantugaul Berkata

    Ossa Setiawan: di setting ada master clear

  197. Ossa Setiawan Berkata

    makasih om,kira2 klo di hard reset bisa memperbaiki bluetooth tidak ya? bluetooth ane ane ngak bisa on,trus bluetooth address nya unavailable,…apa ada solusinya selain di hard reset?

  198. mantugaul Berkata

    Ossa Setiawan: tidak ada cara lain selain direset

  199. dcscom Berkata

    Knp punya sy yg a50 tdk bs dimasukin kartu provider indoesia semisal telkomsel

  200. mantugaul Berkata

    dcscom: tinggal ke siscare

  201. hardy Berkata

    Saya mau nanya im..kalo cara pakai master clean reset gimana om?

  202. bram Berkata

    salam kenal…
    1.alamat toko navigasi di dmn sih om…?
    sy jg tinggal di seputaran kalbar…
    2.udh ada blm stok battery….?
    tks.

  203. bram Berkata

    maaf..
    maksud sy stok battery A50, ada ndak?

  204. mantugaul Berkata

    bram: ada di setiap halaman blog mantugaul, sebelah kanan

  205. Anonymous Berkata

    saya mw jual garmin asus A50 lokasi pontianak, 081257085000.. terimakasih

  206. andrefeb Berkata

    Om, baterei A50 ada gak ya? thanks

  207. angga Berkata

    om, punya saya a50 kalau mau nyetel ulang teleponya gimana?

  208. mantugaul Berkata

    angga: reset aja

  209. Anonymous Berkata

    ada yg jual batere a50 gak ya?

  210. Anonymous Berkata

    bagaimana caranya memindahkan peta bawain garmin asus A10 ke A50, saya tidak tahu letak foldernya baik keduanya. kebetulan A50 isi peta malaysia dan A10 indonesia, sy mau pindahkan dari A10 ke A50 spy bisa peta indonesia, thx

  211. mantugaul Berkata

    Anonymous: folder map

  212. Anonymous Berkata

    Selamat Pagi.
    Ada yang Jual Baterai asus garmin A50 ngga ??

  213. madi Berkata

    Om saya mau tanya kenapa A50 saya apabila hendak menambah kontak baru akan terasa lambat sekali selesai tersimpan (pernah sampai 2 jam baru selesai tersimpan)?.

  214. mantugaul Berkata

    madi: memang begitu

  215. majri Berkata

    gimn cry spy A10 saya bsa menjadi ics?

  216. Anonymous Berkata

    hhjjhjh

  217. aloha Berkata

    mas… garmin saya yg a10..
    saya kemarin coba update Firmware…
    tetap pd versi V5.0.71:….
    dAN TERJADI KEGAGALAN pas penginstalan….
    smpai pd saat ini garmin a10 saya klo dihidupin tetap pd tampilan awal (gambar icon android dan tulisan garmin asus)
    kira2 gmn tuh yaaa mas….

  218. mantugaul Berkata

    aloha: firmware gak cocok/korup

  219. aloha Berkata

    jd gmn tuh mas…..bisa di pulihkan lg nggk….

  220. mantugaul Berkata

    aloha: hanya service center yg bisa perbaiki

  221. aloha Berkata

    jadi sya bwa ke toko navigasi tmpt saya beli aja y mas…… lokasi pontianak…..

  222. mantugaul Berkata

    aloha: di kartu garansi juga ada

  223. madi Berkata

    Om kalau mau di install bbm bisa gak?


Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.201 pengikut lainnya.