Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Ponsel Nokia Sudah Dilengkapi Alat Pemantau Realtime, Silahkan Dicoba 13 Oktober 2008


n82adventure_pack_2

(diedit ulang kembali pada 20 April 2010)

Kali ini saya menulis tentang alat pemantau yang sudah built in di setiap ponsel Nokia. Wah keren sekali yah…pernah kebayang gak misal anak Anda pergi dari rumah, tapi Anda bisa tahu sekarang dia dimana, melihat-lihat pergerakan dia cukup melalui komputer/PDA/Ponsel Anda. Seberapa cepat pergerakan dia juga bisa tahu. Nah itu dia yang akan kita bahas. Lalu gimana kalo Anda yang di jalanan, istri yang mantau dari kamar tidur? WAH wah wah😀🙂😉

Betul, kalo orang hi tech ngomongnya VTS atau Vehicle Tracking System. Tapi saya lebih suka pakai kata PTS (Penggemar Tahu Sumedang) hehehe bukan, melainkan Personal Tracking System, kalo vehicle kan memantau kendaraan, sedangkan PTS memantau keberadaan seseorang selama ponselnya dibawa.

Seperti apa dan bagaimana cara kerjanya?

Oke syarat utama jika Anda ingin memanfaatkan PTSnya Nokia, Anda wajib memiliki:
– Ponsel Symbian S60v3 ber-GPS, boleh GPS internal atau memakai GPS external. Disarankan sih tipe-tipe seperti ini
– Punya koneksi internet minimal GPRS, disarankan mengambil paket unlimited jika provider GSM Anda menyediakan
– Diinstal aplikasi gratis yang dinamakan Nokia Sports Tracker, nah program ini bisa diambil di Web Nokia Sports Tracker

Jika sudah lengkap, mari kita mulai.
1. Join di Nokia Sports Tracker
2. Jalankan aplikasi Nokia Sports Tracker
3. Masukkan User & Password
4. Jalankan workout
5. Aktifkan Live Sharing (to friends atau to everybody)
6. Tekan OK
7. Tekan Start
8. Cari Signal satelit
9. Mulai keliling kota
10. Sementara itu, pasangan anda buka http://sportstracker.nokia.com/nts/main/index.do
11. Geser peta ke Indonesia, dan zoom sampe enak dilihat
12. Pasangan Anda memandang setiap gerak gerik Anda
13. hahahaha

Berikut screenshotnya:

Bikin username dan password

Udah instal sekarang buka aplikasi Sportstracker

Tampilan awal Nokia sportstracker

Masuk ke setting lalu user

Tekan option lalu pair service

Siap-siap pair service

Karena tadi kita udah bikin username, jawab yes saja

masukkan user name Anda

Masukkan password Anda

Sedang login

Sukses masuk

Setelah sign in sekarang ubah data user

Ganti Joe Average jadi nama Anda

Pastikan setting APN internet juga

Lalu tekan New walkout

Pastikan Live sharing to everybody agar nongol di web nokia

Langsung tekan OK masuk ke halaman tracker

GPS sudah fix sekarang tekan Start

Begitu start langsung menghitung waktu dan perjalanan Anda

Masuk halaman peta

Masuk halaman Altitude

Halaman speed vs distance

Halaman speed vs time

Bisa tampilan landscape juga

NST lama tak bisa landscape, yang ini bisa

Peta posisi saya dilihat dengan NST

Tekan stop langsung summary keluar

Wah ketahuan deh posisi mantugaul, jadi malu😀

Sori ptk lagi hujan jadi saya ga berani pergi jauh hehehe, kalo saya jalan garis hitam akan terbentuk memanjang mengikuti gerakan saya dinamakan tracklog aktif (active tracklog)

Nah asik kan, sori baru muncul artikel ini, kalo pas mudik kemaren wah mungkin titik merah di jawa akan banyak sekali hehehe dan Anda semua akan terpantau saya hahaha…Jadi bagi pemilik kendaraan sewaan ini bisa juga loh dijadikan alat VTS anda, beli saja Nokia GPS yang murah kaya 6110 navigator dan pasang gprs dan kendaraan Anda akan terpantau terus, tapi mau disembunyikan dimana yah ponselnya hahaha…

updated (10-11-2008):

Solusi mantaf bagi Anda yang tidak pakai Nokia

Solusi mantaf bagi Anda yang tidak pakai Nokia

Hi All, update yah, bagi pemakai diluar Nokia pakainya TTSM (Teman Tapi Sangat Mesra) hehehe, bukan tapi Trip Tracker Sports Mate. Perusahaan asal Belanda cukup baik hati membuat freeware ini. Kelebihannya memakai kode code, jadi tinggal kasih kode ke teman kita utk pantau kita. Saya sudah tes di Pontianak, jalan dengan baik.

Ambil software ini untuk di hape:

1. Open http://www.ttsm.com/download using the internet browser of your mobile phone. Donlod pake ponsel agar mencegah masalah certificate error.

2. Pastikan sudah register di web ttsm

3. Jalankan dan aktifkan dengan tekan start, sebelum pilih workout untuk kasih nama.

Met Coba…

My other posts:
https://mantugaul.wordpress.com/all/

 

76 Responses to “Ponsel Nokia Sudah Dilengkapi Alat Pemantau Realtime, Silahkan Dicoba”

  1. iNDra Says:

    keren keren…

  2. alif Says:

    coba ahhh..thanks bos suyandi tips nya..

  3. bambang Says:

    kalo banyak yg pake. bisa ketahuan kita yg mana? titik merah itu bisa ketahuan user name nya?

  4. mantugaul Says:

    bambang: kan kalo diklik ada keluar usernamenya

  5. Achmad Says:

    Hebat Bos yang satu ini, Kreatif dan rajin kutak katik. Kalau pakai E61 kan repot yah karena harus pakai gps eksternal, bagaimana nyelipin antenanya kalau sambil jogging? Di topi atau dipunggung?
    Percobaannya pakai Nokia E90 yah? Naik mobil atau jalan kaki nih he..he
    Ditunggu percobaan dan screen shootnya untuk E61
    Penggemar Tahu Sumedang (asli bukan aspal)

  6. mantugaul Says:

    achmad: penggemar tahu sumedang masak pakenya e61…hahaha…ganti dong ke E71…biar saya bisa mantau bos terus hehehe…
    gps external dikalungin saja kalo gak beli arm band kaya taruh ipod di lengan, harusnya taruh di kantong baju juga ga masalah kan…tidak ada beda tampilan screenshot e61 dan e90 jadi sebaiknya langsung coba sendiri saja lebih asyik dan mendebarkan hahaha

  7. BUNYU ONLINE Says:

    Wah, terpaksa beli ponsel Nokia lagi yg spec-nya sesuai.
    Infonya bagus, pak. Thanks.

  8. queenalea Says:

    wehhhh……KERENNNN………..walo aye tetep kagak mudeng prosedurnye!……

    hiks ketinggian neh levelnye bwat aye………pinjem tangganya dunkss!!!

  9. mantugaul Says:

    queenalea: tunggu suami/pacar selingkuh pasti bisa sendiri hahaha….ga mudeng apa ga punya ponselnya? Kalo ga punya ponselnya pasti ga mudeng, kalo punya ponselnya pasti mudeng prosedurnya…:D jadi bagian mana yg ga mudeng?

  10. den Koplak Says:

    thanks share infonya, layak dicoba nih, sayang blom punya ponselnya😦

  11. cess Says:

    Lha mesti ketauan sama yg dilacak ya acara instal menginstalnya…?? gimana kalo yg mo dilacak ga mau dilacak? hehe… btw, cuma buat Nokia ya pak bos, kalo yg lain kaya Tytn Kaiser bs ga?

    salam kenal…🙂

  12. mantugaul Says:

    cess: kalo kaiser coba ini ya mas soalnya java based, tp ga jamin loh🙂 https://mantugaul.wordpress.com/2008/04/04/mengamati-lokasi-nokia-n6275i-via-internet/

  13. cess Says:

    hehe ini mba bos, dah diinstal trus loginnya mesti keluar dari aplikasi dulu ga?

  14. Bagus juga sigh aplikasinya, sayang belum sanggup beli handphone baru. masih seri n73.

  15. mantugaul Says:

    cess: ooo sori mba cess hehehe, udah log in kalo keluar ya ga bisa dipantau lagi🙂

  16. rayafahreza Says:

    menarik banget, mas.
    tapi satu yang saya masih penasaran, penggunaan gps (terutama untuk personal tracker gini) itu ada cost-nya kah? harus subscribe atau gimana ya?

  17. hafidzi Says:

    mantap….tuk i mate , bs jg kan>?

  18. Julijanta Says:

    Boss Syd,

    Ijin ngelink ke blog aye ya.🙂

    BanyakGaul.wordpress.com

    Thanks Boss. Semoga jualannya makin laku banyak….

  19. […] some1 via HP NOKIA? Posted on October 15, 2008 by banyakgaul Ponsel Nokia Sudah Dilengkapi Alat Pemantau Realtime, Silahkan Dicoba Diarsipkan di bawah: GPS — mantugaul @ 6:25 pm Tags: melacak ponsel, mengetahui posisi ponsel, […]

  20. mantugaul Says:

    rayafahreza: betul kena biaya internet, makanya sebaiknya pake internet unlimited…tidak ada biaya lain selain internet hape dan internet rumah…

    hafidzi: imate kan wm6…mungkin bisa pake yang saya posting no:12

    julijanta: dikasih sumbernya yah bos jul…

  21. rifafreedom Says:

    Sayang banget nich gue make Nokia 6300, walau nggak 3g dan Navigator tetapi full media

  22. mantugaul Says:

    rifafreedom: nah kalo nokia 6300 bisa tuh, pasang gps external saja dan ikutin posting nomor 12…sukses yah

  23. denny Says:

    Saya punya Nokia E61 dan GPS bluetoth Holux 1000, bisa GPRS, bisa dipakai nggak bro? mohon pencerahan

  24. mantugaul Says:

    denny: bisa banget

  25. denny Says:

    mau tanya lagi bro, di E61 saya sdh sy instal GMXT dan peta jawa bali di otomasi.com. kalau saya instal nokia sports tracker apakah tidak menghilangkan file peta jawa bali saya atau GMXT yg sdh saya install atau apakah dua duanya bisa jalan baik peta jawa balinya maupun sports tracker nya. (mumpung saya blm install sports tracker) mohon pencerahannya kembali. Trims

  26. mantugaul Says:

    denny: gmxt dan nst tak ada hubungannya, jd tenang saja…

  27. mamas86 Says:

    Jadi pengin….

  28. denny Says:

    saya sdh install Nokia sport tracker di E61 dgn GPS Holux 1000. steep semua juga sdh dijalankan, tampilan sdh sama spt screenshot termasuk GPS sdh warna hijau (aktif), tapi kok sy buka
    di http://sportstracker.nokia.com/nts/main/index.do posisi saya kok nggak bisa dilacak, perlu disetting apanya ya di web nya?
    mohon pencerahan kembali

  29. mantugaul Says:

    denny: di web ga perlu set apa2 yg penting live sharing hrs diset to everybody…

  30. mantugaul Says:

    https://mantugaul.wordpress.com/2008/10/13/ponsel-nokia-sudah-dilengkapi-alat-pemantau-realtime-silahkan-dicoba/

    update yah: pemakai ponsel selain nokia usah berkecil hati…sudah ada
    teman tapi sangat mesra siap menemani🙂 ttsm sama dashyatnya dengan nst…

  31. Agung Says:

    Mo nanya apa bisa zoomnya diperbesar sampai benar2 kelihatan soalnya kalau saya zoom tidak terlalu kelihatan ( contoh : rumah tidak kelihatan detil sekali atau besar)
    thx atas pencerahannya akhirnya saya bisa tau fungsi sportracker untuk apa.

  32. mantugaul Says:

    agung: si bos di daerah mana? Minta koordinatnya dong…

  33. Mach2 Says:

    Bos, selama trackingnya aktif dan supaya bisa dilihat dari website apa artinya selama itu juga gprsnya harus konek terus?
    Gue kepikir mau idupin supaya bisa tracking kalo2 HP gue disamber maling.
    Tapi kalo harus full konek ke gprs apa ngga tagihan nanti jadi meleduk yea?
    Ditunggu pencerahannya ya boss…

  34. mantugaul Says:

    mach2: makanya saya sarankan pake flash unlimited atau broom😀

    kalo hape disambar maling, saya rasa malingnya tidak bodoh utk mengaktifkan nst ataupun ttsm😀

  35. Anonim Says:

    kalo buat e66 pake yg mana, udah coba yg utk e65kok gak bisa

  36. mantugaul Says:

    Anonymous: dua2nya bisa kok baik nst dan ttsmlive🙂

  37. Indra Says:

    Ini namanya tracking posisi GPS realtime yang di-upload via internet atau gprs… cuma pengalaman saya menggunakannya beberapa kali ternyata membuat baterai hape cepat drop (karena harus konek GPS dan gprs dua-duanya)

    Sekedar sharing aja, ada juga aplikasi serupa namanya GPSed (www.gpsed.com) yang akan membuat file tracking terlebih dahulu baru kita upload ke situs… keuntungannya selama tracking posisi kita tidak perlu konek gprs terus-menerus.

    Salam Kenal🙂

  38. mantugaul Says:

    indra: trims info anda sgt berguna🙂

  39. sidoel Says:

    semua tahapan sudah diikuti tapi di nokia sports trackernya tidak ada muncul satupun, apa masalahnya?

  40. mantugaul Says:

    sidoel: apanya tidak muncul oom?

  41. sidoel Says:

    tracking dan posisi hp saya tidak muncul di map nokia sports tracker (koneksi internet using laptop), seharusnya semua nokia yang sudah diaktifkan Sport Trackernya (mengikuti step-step di atas) kan muncul di map. ditunggu infonya, salam kenal buat mantu gaul, tks.

  42. mantugaul Says:

    sidoel: kalo mau bisa saya pandu via ym, biar sama2 nyambung🙂

  43. sidoel Says:

    Thank’s berat, sudah muncul baik di nst maupun di ttsm. saya coba kedua aplikasi tsb dg HP Nokia N 82 (waktu yg berbeda tentunya). Tanya lagi: Apakah kita bisa melacak posisi GPS garmin csx 60 (secara real time ) saat GPS tsb sedang digunakan oleh tim survey?. Kalau bisa tentunya hal ini sangat membantu untuk mengolah data GPS lebih cepat tanpa harus membawa laptop ke lokasi survey. Tks

  44. mantugaul Says:

    sidoel: utk pertanyaan anda, Tidak Bisa…kenapa tidak bisa? karena 60csx tidak ada fungsi ponselnya…jadi tidak mungkin realtime…kalo pun mau dipaksakan bisa…yaitu sambungkan 60csx ke komp baru send email…tapi tidak sesuai lagi dg pertanyaan si bos…

    cara kedua (bukan realtime juga) yaitu kita menyetel penyimpanan tracklog 60csx ke memory card (akan terbentuk file2 gpx di memory card micro sdnya)…nah cabut micro sd pindahkan ke ponsel anda yg juga pake slot micro sd (kebetulan anda pake n82 bisa pake itu) lalu send via email file2 gpx tadi ke kantor…sehingga org lapangan tidak perlu kembali ke kantor hanya utk ambil data gps…bisa olah (Hampir) real time…semoga trik rahasia ini membantu kinerja bos saat bekerja di lapangan dg 60csx…cara inilah yg biasa saya gunakan jika urgent need the data🙂

  45. sidoel Says:

    thanks atas infonya bos..tp saat ini saya punya masalah menggunakan STN.pada saat mengaktifkan gps di hp saya dan saya bawa pakai kendaraan, tapi tidak terlihat tanda merah bahwa saya aktif atau ada, padahal saya sudah aktif dan login.
    namun gps orang lain kelihatan,,sedangkan gps saya tidak kelihatan.gmana nih bos?

  46. sidoel Says:

    thanks atas infonya bos..tp saat ini saya punya masalah menggunakan NST.pada saat mengaktifkan gps di hp saya dan saya bawa pakai kendaraan, tapi tidak terlihat tanda merah bahwa saya aktif atau ada, padahal saya sudah aktif dan login.
    namun gps orang lain kelihatan,,sedangkan gps saya tidak kelihatan.sedangkan bila saya menggunakan TTSM gps saya kelihatan di peta,gmana nih bos?

  47. mantugaul Says:

    sidoel: anda harus set: Pastikan Live Sharing to everybody lalu tekan OK (bagian terpenting untuk mengaktifkan pemantauan)…jika tidak anda tidak akan keliatan

  48. sidoel Says:

    Tks. Tanya lg: saya punya asisten 5 orang (di perkebunan) yang punya hp nokia N 70, N 71 dan N 72 (GPS tdk terintegrasi, hrs menggunakan GPS eksternal)), GPS merek dan type apa yang cocok untuk Hp tsb (juga kisaran harga) ? Tentunya saya akan bisa kontrol semua anak buah saya, kerja atau tidur secara realtime. Info dari bapak benar-benar sangat membantu saya dlm melakukan fungsi kontrol. Sekali lagi Thanks berat.

  49. DJ Tube Says:

    Om mau tanya neh Kebetulan hape saya 5800xpreesssss

    bisa gak ya Om??

  50. Edo Says:

    hehe..sport tracker nya ga ada yg buat 5800xm suhu..^___^

  51. mantugaul Says:

    Edo: kalo TTSM?

  52. Hadi Says:

    Apakah aplikasi ini bisa dijalankan lewat hp saja.Tanpa menggunakan alat GPS?Hp saya 3250.

  53. mantugaul Says:

    Hadi: yg penting ponsel gps seperti e90

  54. ismu Says:

    saya butuh bantuan anda untuk mencari saudara saya yang pergi dari rumah tapi masih menghubungi keluarga pake hp, bisa g dilacak keberadaannya dimana. tolong, penting.
    atau hubungi nomor hp saya 081227880909, ismu jogja
    tolong di balas

  55. mantugaul Says:

    ismu: kalo sama2 pake telkomsel, silakan tekan *250# utk lacak saudara anda …tapi utk info tanya ke 111 call centre…krn itu produk telkomsel jadi mereka yg lebih ngerti…

  56. feizal Says:

    klo pakai GPSed tau g cara pakai nya????saya pakai WM 6.1..hpnya samsung SGH i780…..

  57. Bordi Says:

    Bang…mohon pencerahan install garmin Xt di Nukie E90 ….dah nyerah neh . Trims be 4

  58. totok Says:

    Kalo di dalam rumah gimana boss? Kan brarti gpsnya tdk connect ama satelite, apa dengan a-gpss aplikasi ini tetap bisa berjalan. Trims boss atas pencerahannya.

  59. mantugaul Says:

    totok: kalo indoor, tidak ada signal sama sekali, tp bukan masalah, krn posisi terakhir kan udah ketauan yaitu di depan rumah.

  60. wikan Says:

    Mo nanya kalo ingin dipasangkan ke mobil dan bisa dipantau melalui HP bagaimana sistemnya…mohon pencerahaanny … yang dimaksud gps eksternal itu apa? bisa tahu tipenya…. apakah modul gps seperti yang nokia punya … terus jika ingin dipasang ke mobil apakah yang di taruh di mobil yang gps eksternalnya sementara hp nya kita bawa untuk bisa memantau mobil lewat nst. Saya mohon pencerahannya … terima kasih

  61. mantugaul Says:

    wikan: utk di mobil bisa dipantau namanya VTS (vehicle tracking system) yaitu gps+gsm…

  62. wikan Says:

    Apakah VTS dengan gps+gsm bisa untuk monitoring kondisi mobil saat itu dan memberi laporan sesuai order kita,misal per 5mnt melaporkan posisi berada dimana. Adakah artikel untuk itu … saya mohon klo ada … thx

  63. mantugaul Says:

    wikan: bisa, bahkan produk kami tiap 30 detik…peta indonesia komplit…

  64. mantugaul Says:

    info dari rekan kita oom riev:

    > Copy dari fesbuk saya
    >
    > GPS tracking flight Denpasar-Jakarta. Kecepatan take off sekitar 260
    > km/h, landing sekitar 200 km/h. Kecepatan di atas sekitar 825 km/h @
    > ketinggian 11 km, total jarak 1037 km. Hasil tracking dapat dilihat di
    > http://sportstracker.nokia.com/nts/workoutdetail/index.do?id=2066944
    >
    > Data:
    > Carrier: Merpati Nusantara
    > GPS device: Nokia E75 (flight/offline mode) :

  65. Bos bisa lacak nomor malaysia +60124070329 tolong bos, saya perlu alamat lengkapnya, karna istri saya di malaysia katanya di daerah sungai berembang kuala perlis, tapi sekarang gak ada kabar lagi karna mungkin majikannya gak mau nelpon lagi, saya kawatir, saya mau jemput istri saya, sya prlu alamatnya, siapa saja tolong saya.

  66. Tolong balaz,karna kemaren dia pigi tidak ada yang tau termasuk saya, dia hamil dan bln 6 kmren dia melahirkan di sana tapi anaknya di ambil ejennya dan istri saya di krjakn lagi di rmah majikan yg lama setelah itu tak ada kabar lagi saya tunggu ya, karna dia waktu pergi tidak di bolehkan bawak hp, nama majikannya hairul azril ahmad, dia pemborong bangunan di daerah sungai berembang. Tolong lacakkan please, nyawaku pn rela jdi gantinya asalkn dia pulang.

  67. mantugaul Says:

    yetno: ikuti aja cara diatas

  68. daniel Says:

    Gan bisa gax pake nokia C.7?

  69. mantugaul Says:

    daniel: bisa donk

  70. velgnr peli Says:

    Hebat,,hebat cukup puass mengguna kan parangkat ini🌏

  71. Bert Says:

    kalo ada orang yang tau cara ini tapi berniat jahat, bahaya juga ya..

  72. Anonim Says:

    memang asyik pake e90, memuaskan sekali,,,,

  73. Nisa Says:

    Di tahun 2015 cara ini masih bisa ga ya?
    Ni harus sama sama pengguna nokia ya biar bisa ke lacak?


Tinggalkan Balasan

