Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

GPS For Dummies :) 5 Januari 2009

Filed under: GPS — Suyandi Liyis @ 7:22 pm
Tags: , , , , , ,

Mantugaul di Intisari Desember 2008

Mantugaul di Intisari Desember 2008

APA ITU GPS?

GPS (Global Positioning System) adalah suatu teknologi navigasi ciptaan manusia, yang bekerja di lokasi mana saja di seluruh bumi. Untuk menggunakan GPS, Anda tidak perlu subscribe atau langganan alias gratis, ibaratnya beli pesawat televisi tapi tidak perlu bayar bulanan untuk nonton, cukup beli unitnya saja. Lalu siapa yang mendanai? Satelit GPS dimiliki oleh badan pertahanan AS (Unites States Department Of Defense) yang dibiayai oleh pembayar pajak di AS sendiri.
Saat ini, jutaan org menikmati kegunaan/fungsi /keakuratan dari gps seperti di dunia penerbangan, laut, darat, utk tangkap ikan, berburu, survei di hutan, dll. Bisa dibayangkan pesawat terbang tanpa navigasi atau kapal laut berlayar tanpa navigasi akurat!
GPS terdiri dari konstelasi 24 satelit yg mengorbit 24.000mil diatas permukaan bumi. Ke 24 satelit ini mengirimkan singal microwave berupa data &waktu untuk menghitung posisi suatu tempat dan cukup membutuhkan minimal 3 satelit untuk mengetahui lokasi suatu titik di bumi. Serta satelit keempat diperlukan utk mendapatkan posisi tiga dimesi yang menentukan elevation atau altitude (ketinggian).

GPS tidak bisa bekerja di dalam gedung tapi bisa bekerja di bawah pohon meski kanopinya lebar serta cuaca apapun tidak terlalu berpengaruh dari sinyal GPS. Pemakaian GPS harus di ruangan terbuka menghadap angkasa. Pemakaian GPS di dalam pesawat sebaiknya minta ijin dengan pilot Anda.

Rekayasa Gambar GPS NASA

Rekayasa Gambar GPS NASA

Sejarah GPS

GPS awalnya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas yaitu kalangan militer Amerika. Namun GPS akhirnya dibuka untuk kalangan umum oleh Presiden AS saat itu Ronald Reagan yang disebabkan insiden tahun 1983, pesawat Korean Airlines 007 yang tertembak oleh pesawat USSR karena memasuki wilayah Uni Soviet. Korban saat itu berjumlah 269 orang termasuk awak pesawat. Padahal masalah cukup sepele, tidak sengaja masuk ke wilayah orang. Sesuatu yang dapat dicegah jika saja saat itu GPS sudah dibuka untuk umum.

http://en.wikipedia.org/wiki/Korean_Air_Lines_Flight_007

http://en.wikipedia.org/wiki/Gps

Tragedi penembakan pesawat sipil Korea oleh USSR

Tragedi penembakan pesawat sipil Korea oleh USSR

Kelebihan GPS Sebagai Pemandu Jalan

Seringkah Anda tersesat saat memasuki perumahan yang banyak jalannya? Atau bingung mau cari warung somay waktu jalan-jalan ke Bandung? Itulah kelebihan GPS sebagai pemandu jalan. Anda tidak akan pernah tersesat lagi. Bahkan GPS bisa menghemat biaya bensin Anda. Lho? Pernah sekali waktu saya berkunjung ke Bandung, karena saya orang Pontianak terang saja saya tidak tahu kondisi jalan di Bandung. Dengan GPS saya bisa mengunjungi banyak lokasi dalam sehari dan tidak ada waktu terbuang hanya gara-gara salah jalan ataupun berhenti sana sini untuk menanyakan orang setempat. Semua dipandu dengan GPS dengan pemandu suara berbahasa Indonesia pula. Menarik sekali dan menghemat waktu. Saat itu saya hanya ditemani Garmin Nuvi 200, tipe termurah PND dari Garmin tapi hasilnya cukup memuaskan karena peta yang disertakan sudah lengkap, yaitu City Navigator 2.1 Jawa Bali (saat ini sudah v3.02). Kelebihan yang lain peta yang disertakan sudah mengenali one way, two way maupun vorobodden.

Bayangkan kendaraan Anda bagaikan Kitt Knight Rider

Bayangkan kendaraan Anda bagaikan Kitt Knight Rider

GPS juga banyak kelebihan yang kini mulai dimanfaatkan di banyak sektor komersial dan hobbist. Salah satu contoh di bidang komersial adalah penerapan GPS yang dipadukan dengan alat komunikasi seperti ponsel, radio ataupun internet. Bukan magic ketika Anda menelepon sebuah jasa layanan taxi dan operatornya menjawab 4 menit akan ada jemputan di tempat Anda. Bagaimana bisa, operator (bukan sopir) mengetahui armadanya dimana dan berapa jauh atau dekat armada ke lokasi Anda? Itu berkat penggabungan teknologi GPS dan teknologi komunikasi. Sehingga seluruh armada taxi dapat dipantau keberadaannya oleh operator di command center mereka. Bahkan kecepatan dan jarak bisa dihitung secara presisi oleh komputer mereka. Sehingga bagaikan telepati sang operator dapat menghitung waktu dan jarak penjemputan Anda.

Untuk kalangan hobbist banyak sekali pemanfaatan GPS seperti geotag, sebuah konvergensi GPS dan kamera digital. Kelebihannya Anda dapat menyimpan koordinat bumi di dalam data exif foto-foto Anda. Fungsinya, anda dapat dengan mudah ingat dimana diambilnya foto bahkan bisa disharing ke teman-teman foto tersebut diambil di lokasi mana. GPS dapat dipasang di body ataupun dengan kabel. Beberapa kamera digital terbaru juga sudah ada yang built in GPS seperti Nikon Coolpix P6000. Pembelajaran Geotag: http://learningtogeotag.com/

Ataupun untuk kalangan yang hobby mancing, kini juga tersedia GPS yang dilengkapi dengan sonar atau echo sounder yaitu alat yang bisa mendeteksi keberadaan ikan/karang disekitar kapal/perahu kita. Memudahkan para nelayan untuk menangkap ikan dan menghindari bahaya yang tidak diinginkan. Sementara GPS berfungsi agar Anda tidak tersesat di laut.

Peralatan GPS

GPS terbagi menjadi beberapa jenis, ada GPS untuk udara (penerbangan), darat dan marine. Ada juga yang lebih spesifik misalnya GPS khusus militer dan kalangan survey. Namun untuk orang awam penggunaan GPS lebih banyak untuk navigasi di jalan raya. Peralatan GPS yang kini cukup “booming” adalah GPS PND/PNA, dikenal dengan Personal Navigation Device/Assistant.

Kemampuan GPS PND terletak pada tampilannya yang bersahabat. Anda yang gaptek pun dijamin tetap akan mudah mengoperasikannya karena rata-rata menggunakan layar sentuh. Merk-merk PND terdiri dari Garmin, Mio, Holux dll.

GPS Garmin 530HCX, perpaduan GPS dan FRS/GMRS/Radio 2 arah

GPS Garmin 530HCX, perpaduan GPS dan FRS/GMRS/Radio 2 arah

Kini GPS juga banyak ditanamkan dalam ponsel, sehingga dengan bermodalkan ponsel pun Anda akan mudah menemukan suatu lokasi. Namun sayangnya masih banyak layanan GPS di ponsel masih dikenakan biaya. Berbeda dengan GPS yang betulan hampir semuanya free. Seperti Nokia Maps yang pemakaian gratis namun dikenakan biaya jika ingin feature navigasinya (menunjukkan kapan belok dan tiba tujuan). Ponsel GPS kini digemari karena mulai dilengkapi dengan A-GPS yaitu Assisted GPS (GPS terbantu), sebuah feature yang dapat mempercepat penangkapan signal GPS meski dihalangi oleh benda-benda padat misal di dalam rumah. Namun AGPS mensyaratkan adanya koneksi internet minimal GPRS yang terhubung ke server provider merk ponsel tersebut. Namun usah kuatir karena biaya yang dikenakan sangatlah kecil sekitar 5-10KBan saja. AGPS menghapus mitos bahwa ponsel GPS tidak handal untuk digunakan. Tipe-tipe AGPS sekarang mudah dijumpai seperti pada Nokia N series dan E series. Windows Mobile PDA Phone juga sudah dilengkapi AGPS. Feature wajib bagi road warrior. Kelemahannya harus ada signal GPRS, dan jika di daerah blank spot, GPS tetap bisa dipergunakan seperti biasa namun dengan penerimaan signal satelit yang lebih lama dari biasa. Ponsel GPS kini menjadi daya tarik karena mudah dibawa-bawa, bahkan beberapa kalangan menggunakan ponsel GPS untuk kebutuhan survey misalnya pengambilan titik koordinat, mengukur luas lahan, mengukur panjang, mencari alamat, serta memantau posisi teman yang juga memakai ponsel GPS. Satu hal yang perlu Anda ketahui, pemakaian GPS di ponsel tidak dikenakan biaya alias gratis, bisa dibuktikan dengan tetap berfungsinya GPS meskipun SIM card tidak terpasang.

Navigasi dimana saja dengan ponsel/laptop atau PDA

Navigasi dimana saja dengan ponsel/laptop atau PDA

Selain model PND juga ada model handheld, model ini lebih untuk adventurer, misal Anda yang suka hiking, biking, mancing ataupun camping sangat cocok dengan tipe handheld karena mudah dibawa dan tahan banting, tahan debu dan tahan air. Selain adventurer tipe handheld juga banyak dipakai kalangan surveyor misalnya untuk pertambangan, perkebunan, pertanian bahkan marine juga banyak memakai tipe handheld.

Secara umum tipe handheld lebih banyak disediakan feature tambahan dibandingkan tipe PND karena faktor keselamatan. Tipe PND lebih banyak digunakan untuk otomotif sehingga feature yang disediakan lebih terbatas karena produsen ingin Anda lebih memerhatikan jalan berkendara daripada GPS karena sangat berbahaya sambil berkendara Anda bermain GPS. Feature tambahan seperti kompas elektronik, barometer, perhitungan luas area dll hingga saat ini belum tersedia pada tipe PND sehingga Anda harus menyesuaikan kebutuhan Anda, sebaiknya Anda tanyakan ke penjual apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, bukan feature/harga yang mungkin bisa menjebak Anda salah beli.

Tipe handheld Oregon 300, GPS adventure pertama ber-layar sentuh

Tipe handheld Oregon 300, GPS adventure pertama ber-layar sentuh

GPS+PETA

Sebuah GPS hanyalah sebuah alat navigasi yang memandu jalan, namun GPS menjadi lebih mantap jika GPS tersebut dilengkapi yang peta. GPS tanpa peta bagaikan sayur tanpa garam. GPS saat ini telah dilengkapi dengan peta dan hampir seluruh wilayah Indonesia telah tersedia peta jalannya.

Peta juga terbagi menjadi beberapa jenis, ada peta laut, peta aviation (penerbangan), peta kontur/topografi, serta peta jalan. Nah yang sering dimanfaatkan orang awam adalah peta jalan.

Untuk pemakai GPS handheld maupun PND dapat memanfaatkan peta jalan. Peta ini rata-rata masih versi berbayar dengan biaya yang tidak sedikit. Wajar karena pembuatan peta tidak semudah yang dibayangkan.

Namun belakangan muncul komunitas yang terdiri dari berbagai profesi yang bukan dari kalangan pemetaan yang justru bersatu membuat peta seluruh Indonesia. Orang-orang inilah yang berjasa tanpa mendapat imbalan terus melengkapi peta Indonesia. Komunitas ini dikenal dengan nama mapdeveloper navnet (www.navigasi.net).

Baru GPS merk Garmin yang disupport. dan tidak tertutup kemungkinan kedepannya akan semakin mendukung merk lainnya. Meski gratis, bukan berarti peta ini serba kekurangan, justru para mapdeveloper membuatnya lebih canggih daripada peta berbayar. Kelebihannya:

- Dibuat oleh orang lokal yang tentu saja sangat mengerti kota dimana mereka domisili

- Dibuat dengan software berbayar yang banyak digunakan oleh perusahaan2 pemetaan juga

- Berkemampuan mencari jutaan obyek menarik

- Bisa mencari alamat di seluruh kota di Indonesia

- Icon2 /symbol2 poi yang telah dicustomize dengan yang lebih menarik

- Tersedia 2 versi, untuk perangkat GPS dan PC/laptop

- Diupdate secara berkala 2 bulan sekali

- Jika terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam peta, tim mapdev menerima saran dan kritik di web diatas dan akan diperbaiki pada bulan berikutnya

- GRATIS!

Tips Instal peta:

Pemakai Garmin Nuvi:

- Donlod versi gmapsupp.img kopikan ke internal memory Nuvi di folder \garmin

Pemakai Garmin handheld (76csx, 60csx, etrex hcx, gps dengan memory micro sd)

- Donlod versi gmapsupp.img kopikan ke external memory di folder \garmin

Website lokal yang pure untuk penggemar GPS

Website lokal yang pure untuk penggemar GPS

Buat peta sendiri, track dan waypoint kata kuncinya.

Mungkin Anda ada yang tertarik untuk mencoba membuat peta sendiri, hal ini tidak mudah namun tidak terlalu susah juga. Yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu yang banyak karena proses peta tidak ada ada kata lengkap atau pun selesai, peta haruslah dibuat secara kontinu karena geografis kita yang selalu berubah2. Misalnya perubahan jalan, penambahan jalan, penambahan titik2 menarik dll.

Fungsi dasar GPS adalah merekam perjalanan baik berupa track ataupun waypoint. Track adalah lintasan yang pernah kita lewati sedangkan waypoint adalah titik koordinat menarik yang kita simpan. Setiap kita mengaktifkan GPS maka otomatis tracks akan terekam dengan sendirinya sedangkan waypoint akan terekam jika kita save suatu titik.

Bila track dan waypoint telah tersedia maka Anda membutuhkan software pendukung di komputer yaitu Garmin Mapsource (jika GPS anda adalah merk Garmin), Mapedit, dan cgpsmapper.

Pindahkan data tracks dan wp dari GPS ke komputer dengan menggunakan kabel yang disertakan menggunakan program Mapsource (http://www.garmin.com). Simpan dalam bentuk garmin database (.gdb) lalu buka file gdb dengan program mapedit (http://www.geopainting.com), setelah diolah Anda wajib mencompile dengan program cgpsmapper (http://www.cgpsmapper.com), tersedia versi gratisan namun beberapa feature tidak tersedia seperti routing dan searching. Setelah selesai transfer ke gps garmin Anda. Dan Anda sudah memiliki peta pribadi. Tips instal Mapsource dapat Anda temui di https://mantugaul.wordpress.com/2008/11/26/instal-mapsource-meski-tanpa-cd-original/

Kesimpulan

Jika Anda belum pernah memakai teknologi GPS sudah saatnya Anda meluangkan waktu mempelajari alat yang satu ini. Why? Karena ini adalah teknologi gratis! Seperti radio dan televisi, lucu sekali jika ada yang masih ragu untuk nonton televisi atau dengar radio yang notabene adalah gratis.Mungkin muncul pertanyaan, tapi kan harus keluar biaya beli alat GPS? Betul, televisi kan juga butuh biaya beli pesawatnya. Tapi untuk pemakaian gratis. Jadi investasi GPS adalah hal yang mutlak. Jika Anda tidak ingin ketinggalan oleh negara lain maka Anda harus mengikuti perkembangan GPS. Dan mungkin saja dengan adanya GPS, percekcokan kepemilikan tanah tidak terjadi.

Artikel lebih lanjut mengenai GPS dapat didownload di Tulisan Dr. Andre Tanoe, yang juga menulis Review 76csx.

My other posts:
https://mantugaul.wordpress.com/all/

 

16 Responses to “GPS For Dummies :)”

  1. Edo Berkata

    wedeh…nice post..^___^

    btw di gambar pertama itu GPS nya merek MyGuide yah?
    yg 4,3″ hehehe

  2. mantugaul Berkata

    edo: itu editor intisari punya gps kali hehehe

  3. BanyakGaul Berkata

    Sayang photo pertama bukan GPS Garmin.. :)

    Eniwei, artikel yang bagus & menarik…

    Keep up the great work Boss.

  4. Yohan Naftali Berkata

    GPS rino-nya… naksir saya sudah bisa aprs ya bos

  5. mantugaul Berkata

    Yohan Naftali: Belum :)

  6. Indra Kurniawan Berkata

    hehehe.. apa kabar pak Mantugaul? :)

    Saya paling memanfaatkan aja internal GPS Samsung i550w buat nyari-nyari lokasi alamat di Jakarta dan Bandung.

    Kebetulan lagi saya bahas di blog saya :D

  7. mantugaul Berkata

    Indra Kurniawan: oke keep up the good work :D

  8. abek Berkata

    awesome…

  9. Sonia Manuela Berkata

    nice post gan :beer:

  10. tony Berkata

    berapa harganya..? bener ya ga perlu bayar bulanan..?

  11. mantugaul Berkata

    all: Artikel lebih lanjut mengenai GPS dapat didownload di Tulisan Dr. Andre Tanoe, yang juga menulis Review 76csx. http://www.mediafire.com/?cmilmnj0e3n

  12. nicebee Berkata

    Menarik mas mantu gaul, gimana kalo bahas ponsel2 ber GPS sekarang kan banyak tuh… alternatif termurah apa ya..

  13. kiri Berkata

    Nice Article mas… it helps..

  14. mantugaul Berkata

    nicebee: nokia 6110navigator yang paling murah

  15. Anonymous Berkata

    unut black list ada ngk uat nokoia C6

  16. mantugaul Berkata

    Anonymous: ada


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.200 pengikut lainnya.