Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Google Maps 3.0 Latitude, Membuat Kata “Dimana Kamu?” Menghilang 6 Februari 2009

Filed under: GPS — mantugaul @ 12:02 pm
Tags: , , , , , ,

google-latitudePacar Posesif? “Dimana, Ngapain, Dengan Siapa?”

adalah cuplikan iklan banyak di jalan-jalan dan di tv lokal…iklan ini sepertinya akan berubah menjadi:

Pacar Idiot? “Masa ga tau Google Latitude”😀

What?

Menurut pengamatan saya, di tahun 2010, kata “Dimana Kamu” akan jarang sekali kedengaran lagi…Lho kok gitu? Yap, kini Google Maps for Mobile Devices telah meluncurkan versi tiga yang dilengkapi dengan fitur Latitude, dimana kita bisa sharing lokasi dengan teman-teman…secara realtime 24 jam…

Who?

Yang bisa pakai adalah setiap orang yang punya ponsel minimal java dengan koneksi internet (GPRS/3G)…selain java juga bisa BB, symbian & windows mobile…

Where?

Bisa berjalan dimana saja selama ada signal GSM, jadi ga butuh GPS? Tidak perlu, jika tidak ada GPS maka Google Maps membaca BTS terdekat dengan Anda…Namun jika ada GPS Anda bisa lebih akurat memberikan posisi…Namun untuk pemakai Non-GPS tinggal set posisi current aja, asal Anda tau posisi tepat di peta Google…

When?

Kapan saja Anda bisa pake fitur ini, dimana saja yang penting internet tersedia. Bahkan exit program Google Maps tetap bisa dipantau…

How?

Stepnya gampang:

1. Buka pake ponsel/BB/PDA Anda, http://m.google.com lalu pilih maps dan instal now

2. Jalankan Google Maps

3. Pilih Latitude

4. Add friends

5. Selesai

Berikut foto-fotonya:

Buka pake browser ponsel anda

Buka pake browser ponsel anda

Tekan Install Now

Tekan Install Now

Jalankan Google Maps

Jalankan Google Maps

Oke udah masuk dan perhatikan signal belum dapat maka posisi yang dipake adalah posisi BTS

Oke udah masuk dan perhatikan signal belum dapat maka posisi yang dipake adalah posisi BTS

Pilih Option lalu Join Latitude

Pilih Option lalu Join Latitude

Pilih

Masukkan account gmail Anda, lalu pilih Sign In

Nah ini list teman-teman kita, kalo belum ada teman pilih Add Friends

Nah ini list teman-teman kita, kalo belum ada teman pilih Add Friends

Masukkan email teman kita

Masukkan email teman kita

)

Tunggu respon si Jaedi, penasaran aku dimana anak ini🙂

D

Udah direspon tuh, wah ngapain tuh anak di Banda Aceh?😀 Coba Liat yuk lokasinya

Nah tekan See Map untuk tahu posisi Jaedi

Nah tekan See Map untuk tahu posisi Jaedi

Tekan 1 untuk Zoom Out dan Tekan 3 untuk Zoom In

Tekan 1 untuk Zoom Out dan Tekan 3 untuk Zoom In

(

Nih dia disitu, sayang Google belum menyertakan nama jalan untuk Indonesia😦

)

Setelah saya selidiki ada di sekitar Jalan Bakti, Banda Aceh🙂

Tadi itu kita Add Friends, bagaimana kalau kita yang di Add? maka tampilannya akan seperti dibawah:

Tekan Refresh dan Ada Pending Request

Tekan Refresh dan Ada Pending Request

)

Rupanya si Dicky raja PSP add saya🙂

Si Dicky ada di Jakarta, dekat mana?

Si Dicky ada di Jakarta, dekat mana?

)

Dekat Halim rupanya🙂 dan ketika saya cek lagi posisi Dicky udah di SCBD Sudirman

Anda usah kuatir, privasi bisa diatur di menu ini

Anda usah kuatir, privasi bisa diatur di menu ini

), bisa tetap terpantau meski exit program!!

Fitur mengerikan🙂, bisa tetap terpantau meski exit program!!

Pantau dari PC juga bisa

Pantau dari PC juga bisa

Kesimpulan:

Wonderful excellent job dari Mr. Google…mungkin bisa dipertimbangkan mulai tambah peta jalan untuk Indonesia biar ga repot2 diadakan penyelidikan lebih lanjut,hehehe…

Dan betul kini sudah menghilang dari bumi satu kata “Dimana Kamu?” dan pacar idiot sebaiknya memakai Google Latitude dan 3G Video Call hehehe…

Google Latitude baru jalan di ponsel2 dibawah, pemakai iphone dan java sabar dikit yah:

  • Android-powered devices, such as the T-Mobile G1
  • iPhone and iPod touch devices (coming soon)
  • most color BlackBerry devices
  • most Windows Mobile 5.0+ devices
  • most Symbian S60 devices (Nokia smartphones)
  • many Java-enabled (J2ME) mobile phones, such as Sony Ericsson devices (coming soon)

Special thanks untuk teman saya:

Dicky Wahyu Purnomo

Mohammad Jaedi

dan yang lain terpampang di list, malas aku hapusnya🙂

My other posts:
https://mantugaul.wordpress.com/all/

 

105 Responses to “Review Google Maps 3.0 Latitude, Membuat Kata “Dimana Kamu?” Menghilang”

  1. Eh ada foto gw nampang :))

  2. mantugaul Says:

    Dicky Wahyu Purnomo: terlalu ganteng untuk disimpan😀

  3. Agus6 Says:

    Bos mantugaul, jadi kalau yang dipantau mematikan koneksi internet GPRS/3G -nya, tetap bisa kita pantau tidak ya.

  4. mantugaul Says:

    Agus6: kok matikan internet, dia log out aja udah tak terlacak, jadi tidak perlu matikan internet…:)

  5. Saftari Says:

    Ane dah sampe donlod google map yang baru…

    tetapi kenapa versinya 2.3.2 ya… bukan yang 3.0 ..

    ane pake Samsung SGH J200

  6. n t a n Says:

    Review yang ciamik!
    Keren keren!

    Makasih infonya
    ^^

  7. Caesar Says:

    Om Syd, jangan lupa kasih warning, google map sangat rakus bandwidth, jadi gak disarankan buat yg koneksi internetnya prabayar. Bisa ludes pulsanya…

    Kayak saya contohnya😀

  8. mantugaul Says:

    Saftari: baca di kesimpulan, kasian deh oom saft…:)

    Caesar: 100 utk oom caesar…:D

  9. firman_malang Says:

    kueren… mantaf ilmunya. dah dpt posisi bos syd juga. thx sharringnya ya bos syd

  10. RinduDendam Says:

    jadi kalimat “dimana kamu?” masih available dong …

  11. sofyanhadi Says:

    Mantaap…, thanks pak syd. Btw saya coba di Nokia 6120 saya kok add Friendsnya nggak bisa-bisa ya loading terus….

  12. mantugaul Says:

    RinduDendam: hahaha, iya utk pemakai java n iphone🙂

    sofyanhadi: coba restart hape setelah instal atau resintal

  13. mantugaul Says:

    all: barusan saya add foto, akses dari pc, kaya intel aja nih😀 pake igoogle

  14. Joy Says:

    Sy sdh download tapi kok menunya bahasa mandarin semua, gimana ya caranya ganti ke bahasa english.

  15. mantugaul Says:

    Joy: apa Joy skrg di cina? kayanya masalah setting cache/IP…coba clear cache lalu buka http://www.google.co.id (pake hape) dan tekan view desktop version, lalu preferences, pilih interface language English atau Indonesia, setelah itu save dan masuk lagi ke http://m.google.com dan donlod ulang…

  16. Joy Says:

    Terima kasih banyak pak Mantugaul. udah bisa nih. saya uninstall software Mandarin dan google map otomatis berubah jadi bahasa English dan akan saya coba cara Bapak besok. thanks

  17. Joy Says:

    kalau mau lihat dari komputer gi mana ya.
    tolong stepnya donk para senior.

  18. adri Says:

    ratjoen baroe penyedoooot pulsa

    hahahahahahaha…….. mainan, mainan
    ngak ada matinye
    🙂

  19. Isra Says:

    Mau saya cobain dulu mas Syd., pakai SE-C702 tapi takuut ada yang mantau teyus.🙂

  20. xylar Says:

    di winmo gak berhasil euy…mungkin ada yg bisa ?
    baru mo join latitude aja dah gagal mulu..

  21. Darmawan Says:

    lama2 nanti google earth bisa lihat bumi secara online. tidak hanya foto tapi video realtime. bisa masuk jalan2, rumah, kamar, kolong tempat tidur hehe

  22. gado2net Says:

    ternyata benar juga pepatah lama itu “DUNIA ITU TERNYATA SELEBAR DAUN TERONG” alias “DUNIA MAKIN SEMPIT”
    dyarrrrrrrrrr…………..

  23. wa..h.., terimakasih ya..?

  24. mamas86 Says:

    Wah belum pernah nyoba….mantap kayaknya nih…:mrgreen:

  25. mantugaul Says:

    xylar: Si dicky yg jadi narasumberku, itu pake Samsung i617 -> WinMo

  26. kinyutcuitcuit Says:

    WOW….semua penjahat di muka bumi ini bakal langsung ketangkep. tapi…mereka jg harus pny hape y. wah….sayang banget…
    qt g bisa nangkep maling ikan di pasar dunk….

  27. Joy Says:

    wah, mantap nih bs monitor anak kesayangan nih.
    tapi akurasinya masih selalu meleset jauh ya, bisa sampai ratusan meter dari posisi sebenarnya.

  28. mantugaul Says:

    Joy: kalo mau akurat, pake ponsel gps lalu keluar ruangan (udara terbuka) lalu tekan tools dan pilih use gps…jamin akuratzzz😀

  29. diazhandsome Says:

    wah, hape gw masih monotone bisa gak ya?? hehehe…

    gak lah, hape gw 5310 (nokia)… tapi sayangnya gw pake 3 yang internetnya muahal pisaann…

    salam kenal mantugaul…
    http://diazhandsome.wordpress.com

  30. Johan Says:

    Kayaknya asyik juga. Coba dulu ah.
    Thanks infonya.

  31. budi Says:

    oom mantugaul….

    sy sdh instal nih di winmo 6
    sdah di jalankan tapi pas mao join lattitude kok gak bisa2 sign in ya?
    network error trs pesan nya????

    tanya ken apa ??

    tks

  32. Joy Says:

    Mantugaul , kalau yg di monitor tidak menggunakan use GPS, akurasinya kurang tepat gitu.

  33. mantugaul Says:

    Joy: di monitor hanya bisa pantau bukan share

  34. xylar Says:

    mantugaul: iy, aneh jg yah, sy pake universal, dan download nya jg udah dari m.google.com/latitude

    budi: nah, kasus ente sama tuh kek ane… disuru retry2 mulu…

  35. baru tau, ternyata keren juga ya……

  36. Mbelgedez™ Says:

    .
    Kayaknya LG yang communicator udah ada fasilitas inih boss…

    Udah HSDPA juga soale, dan harga masih 3 jutaan.

    Pengennya seh mbeliin Mantan Pacar Sayah maenan inih. Tapi masih rada mahal juga yah…. :mrgreen:

    Tapi sekarang sayah cukup rajin nelpon pake Video Call, ternyata cukup ampuh juga….

    Dalam hitungan detik, langsung terlihat sedang berada dimana….
    😆

  37. masdhenk Says:

    wehehehehe…
    tengs banget atas reviewnya yang lengkap dan membantu ini
    saya udah coba dan berhasil

  38. mr.mb69 Says:

    Ini my house & family

  39. Indra Says:

    Bagus juga…🙂 aplikasi ini benar-benar boros pulsa… apa ga ada cara buat nyimpan peta google map Indonesia secara offline kah… (*emang bisa?*) kan lumayan ga perlu akses internet😉

  40. mantugaul Says:

    Indra: google map bisa didonlod dan simpan cache…saya udah tes di pc…tapiiiiii, utk kota kecil kaya ptk aja, penyimpanan untuk sekitar 6-7 layer kapasitas sekitar 1-2GB…jadi untuk seindonesia bisa2 1TB bahkan lebih…emang ada ponsel yang simpan sampe 1TB? hehehe…

  41. roerie Says:

    kalo bisa kasih tahu tutorial google maps….
    biar lebih oke….
    yang lengkap……

  42. mantugaul Says:

    roerie: baca komen 18🙂

  43. hariyan Says:

    waaa ini baru keren saya pake n6120 c
    langsung topcer he he..

    salam
    http://www.mrbisnis.co.cc

  44. hariyan Says:

    waaa gue udah nyoba ni dengan n6120c
    lasung siiiiiiiiiiiiiiiip..bangets thanks mantugaul

    salam
    http://www.mrbisnis.co.cc

  45. bacablog Says:

    Pagi bos mantugaul, ijin ngikut blognya ya..🙂 terimakasih

    oia, sekalian
    [HOT]direktori blog baru: tempat blogwalking, ketemu blogger lain, skalian promosiin blog Anda. http://www.bacablog.com :

  46. […] Lebih jelasnya soal Google Latitude bisa membaca review ini. […]

  47. Twink Zaftig Says:

    Flying is learning how to throw yourself at the ground and miss

  48. Pake N95 8GB udah lebih seminggu sejak baca ini, lancar setelah update Google Maps dari versi 2.x ke 3.x

  49. bocahbancar Says:

    Wow kjeren keren…

    Kira kira kapan ya saya bisa beli ponselnya …

    Salam Bocahbancar….

    http://bocahbancar.wordpress.com/2009/01/19/mahasiswa-untuk-negeriku/

  50. omiyan Says:

    diamanapun dan kapanpun pasti ketahuan hehehe

  51. Review Google Maps 3.0 Latitude, Membuat Kata “Dimana Kamu?” Menghilang 6 Februari 2009

    pertanyaanya akan berubah menjadi: “lagi ngapain kamu di situ?!”

  52. mantugaul Says:

    Yohan Naftali: nah kalo pertanyaan itu kan udah jawabannya pake 3G video call hehehe

  53. andres Says:

    klo menggunakan pc dan hp gmn ya.. hehe.. aku ga gitu ngerti..😉

  54. mantugaul Says:

    andres: baca komen 18

  55. denny_danandjaja Says:

    terimaksih bro, sudah sy coba, dan juga respon nya, ternyata berhasil di PC, cuma memang penyimpangan jaraknya cukup jauh, kecuali mungkin di bantu dgn bluetooth GPS, pasti lebih akurat

  56. sapi_ungu Says:

    Kereeeeeeeennnnn…. Thumbs up!!! Tp gw ada paertanyaan nih bos.. Gw instal di blackberry 9000 bold dgn provider indosat m3.. Di BB gw akurat bgt.. dan gw udah berhasil add temen gw ( yg jg pake ponsel bold dgn provider XL).. Tp lokasi temen gw ini suka gak update.. Pas gw cek di hpnya tulisannya selalu “waiting for GPS”.. Setiap gps conection udah success baru deh lokasi dia di map gw update.. Tp setelah beberapa lama, lokasinya dia stuck lg di tempat itu (setelah pindah lokasi dr posisi yg udah update).. Pertannyaan gw.. Itu karna setingannya yg salah apa karna providernya yg bikin putus gps, atau karna apa?? Thx yah sebelumnya om mantugaul..

  57. adi ferdi Says:

    bro… waktu pakai E61i google maps exit and continue to share bisa berfungsi… tapi begitu pake strom 9530 kenapa gak bisa yah?😦
    ada tips nya gak? thanks

  58. jojj Says:

    ini kan buat gmail doank yah? buat yahoo bisa dak?

  59. mantugaul Says:

    all: mari sedot versi terbaru 3.2.0 di http://m.google.com ada fitur layers, mantep….

  60. Anggi Ferdian Says:

    Mas, saya mau tanya ,,
    saya instal google maps di BB 9000 kok gak bisa yah??
    ada pemberitahuan butuh sambungan data, itu apa maksud nya yah??
    tolong infonya,,
    makasih

  61. siuma Says:

    kalau membuat peta di blog bagaimana ya?

  62. ois Says:

    thank gw cari info ini dari 4 hari yang lalu tapi menurutku ini yang rada akurat dech…apalagi gw pake e63 langsung gw coba pake prjalanan ke jogja-solo-madiun-semarang-cirebon-n ke jkt….ada masukan lagi gak yah pake fitur2 yang baru…mau coba2 lagi nehh kan tar lagi mudik ke jogja hehehe thnks bruurr

  63. joe Says:

    mas saya udah menginstall google maps di n9300i tp kok g ada fungsi latitude y?ada yg salah kah?

  64. mantugaul Says:

    joe: 9300i bukan s60 kan?

  65. Wayan Says:

    permisi,saya mau tanya : hpku SE w200i,apakah bisa di instal aplikasi Google Maps v2.3.2?tapi lokasi yg dimuatnya sesuai gak dgn lokasi kita sendiri?tolong kirim jawabannya ke emailku widnyanalp@yahoo.co.id makasi ya?

  66. mantugaul Says:

    wayan: klik aja maps.google.com kalo bisa install berarti bisa…w200i ada gps? kalo tidak berarti tidak akurat krn pake triangulasi bts

  67. Scuderia Dodi Says:

    Mas tolong saya dijadikan teman, saya pengen coba.

  68. mantugaul Says:

    Scuderia Dodi: done🙂

  69. whuland Says:

    aduh, sy belum ngerti setelah membaca semua😀
    tmn kita harus pake aplikasi yang sama kan?di hapenya atau di pcnya.

    kalo mslnya lwt pc, ada software tertentu nggak yg di install di Pc?

  70. whuland Says:

    aku dah buka lwt hp z610i,, http://m.google.com/latitude.
    itu termasuk java jg kan?

    tp kok, tampilannya ga beraturan yah??

    tolong bantuannya
    makasiy..🙂

  71. mantugaul Says:

    whuland: kalo pc buka http://www.igoogle.com kalo handphone http://m.google.com pilih maps

  72. whuland Says:

    maap bertanya lg mas…
    jd musti install lwt hp dulu yah? trus bs liat lewat PC??

    sy belum ngerti, gmn terhubung dengan nomor hapenya (dftrnya dimn??)

    makasiy

  73. mantugaul Says:

    whuland: betul instal di hape dulu

  74. Mulyono Says:

    Oalah. . .
    Google Latitude baru jalan di ponsel2 dibawah, pemakai iphone dan java sabar dikit yah:

    Pantesan dari tadi gw coba di w980 gw kaga bisa latitudenya, hahahaha.

  75. mantugaul Says:

    all: google latitude terbaru sudah ada feature save history… https://www.google.com/latitude/apps

  76. faris Says:

    kok di instal d SE P1i gag bisa ya….

  77. silvia Says:

    tp kq d hp saya gk sebagus thu yh??
    ad saran

  78. jen Says:

    Berarti kalo mau tahu keberadaan teman kan kita add freind kita dulu, dan itu berarti kan hrs di accept temen kita. Lha kalo pingin mengetahui posisi seseorg tanpa org tersebut tahu gimana?

  79. mantugaul Says:

    jen: bisa beli alat pelacak, sekitar 2miliar per buah…ada juga yg murah hanya rp1.000 cukup tekan *250# lalu YES

  80. jen Says:

    Modelanya gimana? Responsif ga? Trus dgn alat itu cara kerjanya gimana? Di taruh di mana gitu…to long jelasin ya, thx.

  81. jen Says:

    Mau nanya, mksd saya i mau tahu si “A” itu berasa di mana, hanya berdasarkan dari no hp si “A” aj. Tapi si “A” ga tahu kalo saya cek keberadaannya. Oh ya, ngomong2 saya pake bb, jd mgkn bisa di bantu, mgkn ada aplikasi yg di pake untuk ngecek keberadaan si “A” tersebut. Thx…

  82. mantugaul Says:

    jen: hanya tiga instansi yang punya alat beginian. Polisi, kpk dan intel. Harganya kayak 1 mercy s class per unit

  83. erwin Says:

    Om mantu, tolong dong dijawab no 61, aku juga pake BB 8520 pas push google map slalu ada pemberitahuan membutuhkan sambungan data, beberapa BB butuh konfigurtasi tertentu, aku pake XL WAP, pas pake langganan BB one dari XL ga ada masalah. Gimana dong??

  84. ekaitpc Says:

    wah mantap banget infonya sob………aku uda coba powerfull banget nie

  85. mantugaul Says:

    ekaitpc: sekarang malah udah ada fitur buzz…follow saya oke?

  86. erdiwan Says:

    misi gan
    saya mau nanya ne
    kenapa yah google map4.4.0 di bb saya tidak bsa liat my location nya?

  87. erdiwan Says:

    oh ya gan
    tolong jawab nya ke fb saya aj yah
    klo lom bsa jawab skr
    t-tho bengkulu

  88. mantugaul Says:

    erdiwan: mungkin belum support utk bb, kalau nokia lancar oom

  89. ada gak mobile tracker buat samsung corby touch SGH3653

  90. mantugaul Says:

    Andrea Mayanda: google maps

  91. adhi Says:

    omm kok ane gk bs pake LATITUDE ya di laptop ane….tlg ya om di bantu,maklum gaptek niiiiii..)

    berhubung jarang OL tlg di sms aja om no hp nya tar ane tlp blk,ni no ane 021 92900442 dg Adhi,tku yaa oommmm…

  92. mantugaul Says:

    adhi: jarang online ya gak guna pakai latitude bos

  93. asli indonesia Says:

    yang di add tu mesti pake account gmail ga sih om? kalo do’i pake imel yahoo bisa ga thanks yaa🙂

  94. mantugaul Says:

    asli indonesia: tak bisa

  95. Anonim Says:

    gan, tas istri gw yg berisi sejumlah uang dalam jumlah sesar duit n handphone raib dicuri orang barusan. bisa gak gw lacak keberadaannya via nomor handphone istri gw?? nomornya sampe skarang masih aktif

  96. mantugaul Says:

    Anonymous: buka aja latitude

  97. firshan Says:

    BISA GA KLO PENGEN TAU TEMAN TAPI DIA G TERDAFTAR D GOOGLE LATITUDE…?MAKASIH JAWABANYA YA…

  98. mantugaul Says:

    firshan: tidak bisa

  99. ruby Says:

    Bro.. Sy udh download dan berhasi, tp kenapa di option sy ga ada add friends ya. Mohon bantuannya bro. Trims

  100. mantugaul Says:

    ruby: sudah tutup ganti plus.google.com


Tinggalkan Balasan

