Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review GPS Holux Funtrek 130, GPS Handheld Ber-Windows CE 18 Juni 2010

Filed under: GPS — mantugaul @ 11:45 am
Tags: , , , , , , ,

Sebuah GPS mini datang ke tempat saya secara tiba-tiba😀 seperti durian runtuh, tidak dipesan tidak dibayar tahu-tahu muncul di meja saya. Ternyata seorang teman baik di Jakarta baru dapat mainan baru, beliau pun mengirimkan GPS ini untuk saya main-main beberapa saat.

GPS Holux Funtrek ini sudah pernah saya lihat di internet tapi belum pernah dipegang. Hasilnya cukup mengejutkan. Kok serasa pegang Garmin Dakota yah?

Namun tentulah beda rasa karena Holux dan Garmin adalah dua perusahaan berbeda. Untuk fitur tentunya Dakota lebih advance daripada Funtrek ini, namun fitur basicnya tidak kalah, apa saja kelebihan Funtrek 130 ini?

– 3″ (240 x 400 pixel) layar sentuh

– berat 124gram

– memory internal 2GB, bisa ditambah lagi dengan SD card 8GB

– Baterai charge, sayang padahal Dakota pakai 2AA yang lebih terjamin kesediaannya dan diklaim mampu bertahan 12 jam

– IPX6 sedangkan Dakota IPX7

– Ada software untuk PC

– 3D kompas elektronik dan barometer altimeter

– Menu extra (alarm, stopwatch, calculator, calendar, health information, emergency first aid information dll)

– Tracklog bisa diputar ulang

.

Apa kurangnya?

– Karena bukan merk Garmin maka tidak bisa pakai peta Garmin yang terkenal komplit

– Peta yang dipakai adalah peta berbayar CompeGPS dan TwoNav, dan sedihnya tidak dijual peta Indonesia karena belum tersedia

– Memakai Windows CE 5.0 yang tak bisa dioprek sebagaimana biasanya PND Cina

– Menu tidak bisa diswipe seperti iphone

– Menu seperti MOB dan Sight N Go tidak ditemui

Bagaimana fotonya? Kita lihat berikut:

Kesimpulan:

Betapa disayangkan sebuah GPS begitu komplit namun terkendala dengan peta Indonesia. Tanpa peta ibaratnya makan sayur tanpa garam, hambar. Belum diketemukan compiler pembuat peta Holux Funtrek ini. Namun jika dipakai sekedar Fun misal untuk bikin waypoint, tracklog atau mengecek ketinggian, Holux ini bisa diandalkan apalagi dibawa sepedaan🙂

Specification: http://www.holux.com/JCore/en/products/products_spec.jsp?pno=395

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

10 Responses to “Review GPS Holux Funtrek 130, GPS Handheld Ber-Windows CE”

  1. Paul Says:

    Hua, sayang sekali kagak bisa di pake di Indo…

    Padahal udah jatoh hati…

    Kapan ya masuk indo? Trus kalo boleh tau kisaran harganya berapa? (Blom mau beli juga sih, secara masih belom ada peta-nya)

  2. mantugaul Says:

    Paul: oom salah paham, bisa dipakai di Indonesia, tapi tak tersedia peta Indonesia saja…saya menerima preorder oom

  3. edo Says:

    cantik yah….pasti mahal😀

  4. mantugaul Says:

    edo: siapa bilang mahal?

  5. fidyansyah Says:

    berapaan bang ? :O
    terus kagak ada peta indonesia gimana bang bisa diakali ga ya?

  6. mantugaul Says:

    Fidyansyah: cek terus web petanya oom

  7. bunda ayman Says:

    Justru dengan OS Windows CE harusnya lebih fleksibel dan gampang di-oprek agar bisa menggunakan berbagai macam peta, Sama seperti GPS murmer saya yang berbasis Windows CE yang bisa diinstall berbagai macam software navigasi (Garmin, Igo Amigo, papago, dsb)

    Demikian juga dengan Holux Funtrek 130 yang sudah dibuktikan oleh Om Gunaris dengan mencangkokkan beberapa software peta berikut:
    # Garmin Mobile XT + Indonesia Map
    # Sygic Drive + Asia Map
    # iGo8 + Indonesia Map
    # Papago X5 + Indonesia Map
    # Polnav + Indonesia Map
    # Amigo + Indonesia Map

    Silakan lihat detail review nya di http://kitatahu.com/showthread.php?p=8200

    salam,

  8. mantugaul Says:

    bunda ayman: itu kan mahaguru saya😀 saya ilmunya udah mentok

  9. pbudi Says:

    kalo funtrek vs E52 gimana ?
    harga hampir sama. yg satu bisa nelpon.

  10. mantugaul Says:

    pbudi: enakan yang bisa telepon,wifi, fb, ym, twitter dan kamera🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s