Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Asyiknya Punya Asisten Robot Hijau 15 Oktober 2010

Filed under: Ponsel — mantugaul @ 9:45 am
Tags: ,

 

Mantugaul di Intisari Mei 2010

 

Sejarah:

Android bukanlah buatan Google. Benarkah?  Benar! Ternyata perusahaan raksasa internet Google Inc bukanlah pencipta Android pada mulanya. Sebuah kebiasaan yang sering dilakukan Google hampir rutin setiap bulan adalah membeli perusahaan kecil yang dianggapnya berpotensi untuk diakuisisi. Bahkan terlalu seringnya “belanja” kadang perusahaan tersebut tidak diurus setelahnya.

Namun pada Juli 2005 salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar belanja Google adalah perusahaan Android Inc, sebuah perusahaan skala kecil yang baru berdiri di Palo Alto, California, USA. Bahkan pendiri Android akhirnya juga bekerja untuk Google pada akhirnya. Pembelanjaan inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan Android hingga saat ini.

 

Aplikasi Google Sky Map

 

Definisi:

Android atau di bahasa para netter di Indonesia sering dipanggil “Robot Ijo” (logonya memang sebuah robot berwarna hijau) adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dalam perangkat bergerak, seperti ponsel, PDA ataupun tablet yang menggunakan basis Linux.  Seperti sebuah laptop yang diisi sistem operasi windows, maka Android merupakan jiwanya sebuah ponsel.

Dalam perkembangannya Android kini telah dimiliki oleh OHA (Open Handset Alliance) sebuah konsorsium dari puluhan perusahaan untuk memajukan industri perangkat bergerak. Diantaranya  Texas InstrumentsBroadcom CorporationGoogleHTCIntelLGMarvell Technology GroupMotorolaNvidiaQualcommSamsung ElectronicsSprint Nextel dan T-Mobile. Bahkan kini perusahaan Asus, Garmin, Sony ericsson dan Toshiba mulai ikut bergabung.

 

Tampilan full site browser Android

 

Mengapa:

Android muncul karena kebutuhan akan teknologi perangkat mobile yang kian hari kian berkembang pesat. Internet sudah banyak mengubah banyak hal dan ponsel merupakan alat yang terkena imbasnya paling besar sehingga Google memutuskan untuk menjalankan Android OS dengan serius. Apa yang dapat diandalkan Google adalah sistem Android yang opensource dan free license sehingga Android kini banyak dipakai oleh banyak ponsel karena lisensinya yang gratis membuat harga ponsel dapat ditekan. Namun kenyataannya tidak begitu karena ternyata Android masih membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Artinya harga ponsel Android masih mahal untuk dijangkau. Namun yang harus dipikirkan adalah ribuan programmer menciptakan software untuk Android karena open source tadi membuat ponsel Android kaya akan aplikasi dan kebanyakan adalah gratis. Sehingga mengapa Android mudah mencapai kesuksesan dalam waktu relatif cukup singkat.

 

Pelacakan Dengan Google Latitude

 

Daya tarik:

Tentunya Google merupakan alasan mengapa orang tertarik memakai Android, selain itu tampilan segar dan cenderung mirip iphone serta pengalaman internet dimanapun membuat Android mudah menarik hati siapapun. Google belakangan mulai mengeksklusifkan layanan mereka. Beberapa program Android tidak tersedia pada platform lain selain pada Android sendiri. Contoh: Google Sky, aplikasi astronomi yang begitu intuitif menggabungkan teknologi GPS, kamera dan database astronomi bisa Anda nikmati hanya cukup mengarahkan ponsel ke angkasa. Atau Google erath, program yang hanya terdapat di PC juga tersedia di Android tidak pada platform lain. Google Goggles, menggabungkan kecanggihan search engine Google dan kamera, cukup mengambil foto sebuah produk misal jam tangan Anda maka Google mencarikan segala informasi terkait jam tangan Anda hanya berdasarkan foto tadi.

 

Aplikasi pendukung GPS offline

 

Perangkat:

Berbicara perangkat maka merk HTC lah yang paling getol mengeluarkan produk smartphone Android. Produk yang meluncur di Indonesia adalah HTC Dream, Magic dan Hero. Motorola, Samsung, LG, Sonyericsson bahkan Huawei juga mewarnai pasar Android.  Belakangan Google sendiri juga meluncurkan Nexus One yang heboh namun penjualan belum booming karena distribusi yang belum merata. Kini Android juga mulai dilirik produsen ponsel dari Cina yang terkenal dengan produk murah meriah.

Jenis Android OS:

Karena Android masih baru, perkembangannya pun sangat cepat. Lucunya, OS android diberi nama dengan kode nama kue/makanan. OS pertama adalah versi 1.5 atau dikenal dengan nama cupcake, versi 1.6 dikenal dengan nama Donut, versi 2.0/2.1 namanya Eclair. OS terbaru  berikut dengan kodenama Froyo dan gingerbread juga telah disiapkan.

 

Nonton DIVX langsung

 

Beda OS:

Setiap OS berbeda-beda. Tentunya terbaru lebih baik dari yang lama. Maka dari itu, disarankan Anda memilih perangkat yang siap atau dapat diupdate ke versi lebih tinggi. Keunggulan dari update OS adalah Anda akan mendapatkan OS yang lebih stabil, juga dapat menjalankan aplikasi baru yang tidak dijalankan di versi lama. Namun kelemahannya beberapa aplikasi lama tidak dapat dijalankan lagi di aplikasi baru, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Contoh aplikasi di OS baru adalah Google earth, tidak tersedia di versi lama. Atau beberapa program GPS yang berjalan di OS lama tidak dapat dijalankan di versi baru, sampai developernya membuat versi baru yang dapat berjalan di OS yang lebih tinggi.

 

Tampilan dengan ROM masakan

 

OS masakan:

Para pengguna Android, sering bertukar ilmu dalam forum ataupun milis, sering mencoba-coba OS/firmware masakan. Apakah itu? OS masakan merupakan OS beta atau OS modifikasi yang dibuat sekelompok orang agar dapat menikmati OS lebih tinggi sebelum waktunya resmi diluncurkan oleh produsen. Bahaya? Tentu ada resikonya. Namun update mengupdate ini membuat Android sangat flexible pada setiap perangkat berbeda. Contoh Samsung Spica salah satu perangkat yang booming, selain terjangkau, spesifikasi cukup mumpuni. Namun OS yang disertakan masih versi 1.5 sehingga mereka yang ingin menikmati versi 2.1 akan memburu OS masakan karena OS resmi belum diluncurkan oleh produsennya.  Update OS ini tidak disarankan untuk pemula karen resikonya adalah mati total dan garansi tidak ditanggung distributor setempat.

 

Salah satu produsen Garmin Asus ikut produksi Android

 

Saingan:

Di dunia smartphone terdapat banyak OS-OS yang tidak kalah menarik. Seperti iphone dengan Apple OS, Nokia dengan Symbian OS/Maemo OS, Blackberry dengan BBOS, Windows dengan Windows Mobile, Palm dengan Palm OS. Tentunya setiap OS punya kelebihan dan kekurangan. Namun beberapa survey memprediksi Android walaupun masih baru akan mengancam OS-OS lainnya karena dukungan banyak perusahaaan dan kemampuannya juga mulai terasa makin canggih dibanding OS lainnya. Bahkan laporan terakhir setiap harinya terjual 60.000 smartphone Android. Dalam 2 tahun mendatang, nama Android bisa menjadi salah satu perangkat yang berada di saku kantong Anda.

 

Masukkan koordinat GPS

 

Pemakai baru:

Anda tertarik mencoba Android? Sebetulnya tidak ada bedanya dengan kebiasaan Anda memakai ponsel sehari-hari. Yang perlu dibiasakan adalah, rata-rata smatphone Android menggunakan layar sentuh sehingga jika Anda terbiasa dengan ponsel keypad 12 tombol (alfanumerik) maka Anda mulai harus membiasakan diri mengetik diatas layar datar LCD. Jika anda pemakai keypad qwerty terdapat beberapa jenis ponsel Android yang berkeyboard lengkap seperti Motorola milestone atau HTC dream. Apabila anda pemakai iphone atau windows mobile maka jauh lebih mudah lagi Anda menggunakan Android karena Android kebanyakan berlayar capacitive yang tidak memerlukan pen stylus lagi.

Selain itu ada sebuah aturan yang memberikan kemudahan dalam menginstal aplikasi. Jika anda bukan termasuk golongan gadget freak (sebutan untuk orang yang mengerti teknologi) maka disarankan Anda mencari handset denagn OS terbaru dan terdapat Google Market. Karena Anda tidak akan direpotkan dengan update mengupdate OS ataupun menginstal aplikasi karena menginstal aplikasi melalui aplikasi Market sangatlah mudah. Namun sayang setiap perangkat harus mengikuti aturan Google dalam pendistribusian market/aplikasi di setiap negara berbeda2 sehingga tidak semua perangkat terdapat aplikasi Market. Namun jika tidak ada market bukan berarti kiamat, Anda tinggal mendownload aplikasi android dan menginstalnya sendiri. Semudah itu. Jadi market hanya menu tambahan. Jika anda sudah keburu punya android tanpa market cara memunculkan adalah dengan mengupdate os lebih tinggi atau os masakan.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah katu provider anda. Sebaiknya gunakan provider dengan koneksi data unlimited karena android membutuhkan koneksi data konstan terutama untuk aplikasi chatting, email dan browsing.

 

Tampilan google places

 

Aplikasi menarik:

Aplikasi android yang menarik cukup banyak seperti google maps untuk peta sampai detail street view, google goggles mencari dengan foto, google sky mencari bintang dengan kamera, google search mencari dengan suara, aplikasi lucu seperti pencari hantu, atau aplikasi kompas, metal detector untuk mendeteksi metal, program gps, program youtube yang dikenal tidak putus-putus , program facebook dan twitter, aplikasi business card scanner, aplikasi barcode, aplikasi nonton TV streaming, aplikasi detect gempa, aplikasi wifi tethering sampai ribuan aplikasi yang membuat android anda layaknya robot asisten setia.

 

Aplikasi banyak tersedia di market

 

Pengalaman:

Dari dua android yang pernah saya coba. Yaitu htc magic dan samsung spica, keduanya cukup mengesankan dari sisi spesifikasi. Meski masih berOS cupcake dan termasuk dalam middle class android, namun keduanya cukup bertenaga untuk diajak melakukan aktivitas sehari-hari, semisal email, browsing ataupun chatting. Yang dapat dibanggakan dari android os adalah aplikasi inovatif dari google, menu interface yang simple dan pengaturan yang mudah. Kelebihan lain adalah android tidak terlalu membutuhkan PC lagi untuk melakukan sinkronisasi data. Hampir semua layanan service google dapat dijalankan di android. Berbeda dengan iphone yang terikat dengan aplikasi komputer bernama itunes, android anda tidak membutuhkannya.

Namun sisi kelemahan adalah dari sisi ketahanan baterai. Beberapa aksesoris battery extender bisa membantu. Selain itu perlu waktu adaptasi dengan cara input jika anda belum terbiasa dengan perangkat layar sentuh. Multitasking yang terlalu banyak menjalankan program bersamaan akan menjadi masalah jika perangkat yang digunakan mempunyai RAM kecil meskipun prosesor tergolong cepat. Market yang tidak tersedia dapat menjadi kesulitan dalam melakukan instalasi aplikasi. Serta koneksi data dengan provide yang harus unlimited sebaiknya Anda gunakan agar tidak terjadi tagihan tinggi dari koneksi data.

Selebihnya tidak salah jika anda menunggu beberapa bulan mendatang karena pilihan perangkat android masih terbatas di indonesia. Karena beberapa produsen siap meluncurkan produk masing-masing dengan klaim lebih cepat dan lebih baik. Produk kelas atas android seperti nexus one, sonyericsson x10, htc desire sudah mulai tersedia di pasaran. Seperti kata pepatah ada harga ada rasa, itulah produk hi class android.

Jika anda pemakai blackberry dan beralih ke android maka yang anda rasakan adalah kebebasan dalam mengexplore dunia maya karena hampir kebutuhan internet dapat terpenuhi, berbeda dengan blackberry yang kecepatan browsingnya masih tergolong lambat. Bahkan video youtube dapat anda putar di android tanpa putus. Juga aktivitas download mendownload begitu mudah dilakukan di android. Sehingga tidak salah jika android akan mengancam perangkat saingannya dalam waktu 1-2 tahun mendatang.

 

Baca kompas epaper

 

Komunitas:

Setelah punya android tentunya anda akan banyak menemui banyak pertanyaan dan ide menarik. Nah kini telah tersedia milis khusus pengguna android dan tersebar seluruh indonesia dengan trafik email cukup tinggi bernama id-android@googlegroups.com atau http://groups.google.com/group/id-android … disini berkumpul orang-orang dari berbagai daerah dengan perangkat berbeda. Dimana jika anda bertemu dengan pemakai sejenis maka pembicaraan akan seru dan tentunya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan android anda.

.

Review gadget Android:

HTC Magic: https://mantugaul.wordpress.com/2009/10/06/review-htc-magic-ponsel-pintar-android-penuh-dengan-keajaiban/

Samsung Spica: https://mantugaul.wordpress.com/2010/03/19/review-samsung-galaxy-spica-gt-i5700-android-mahal-tapi-dijual-murah-di-indonesia/

Archos 5 Android: https://mantugaul.wordpress.com/2009/12/11/review-archos-5-internet-table-tablet-32gb-ber-android/

HTC Desire: https://mantugaul.wordpress.com/2010/07/07/review-ponsel-htc-android-desire-penerus-google-nexus-one/

Nexus One: https://mantugaul.wordpress.com/2010/10/19/menggaet-pacar-dengan-nexus-one/

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

16 Responses to “Asyiknya Punya Asisten Robot Hijau”

  1. Caesar Alvino Says:

    Artikel bagus untuk pengenalan android. Ijin sharing ya om Syd😀

  2. Sigit Says:

    Robot IJO? ANDROID…

    Kirain Kolor IJO hehenice infoh😉

  3. Sang Penjelajah Malam Says:

    artikel yang keren, jadi tau sejarah android

  4. Semendo Says:

    @sang penjelajah malam; tidak hanya keren, tapi juga lengkap bngt artikelnya🙂

  5. jadi agagan Says:

    so.. gak ada alasan gak pake android he he he..

  6. Darmawan Says:

    android semakin lama memang semakin ngetrend, apalagi jika didukung ponsel yang harganya terjangkau.sekarang sudah ada yg 2 juta kebawah. eh ngomong2 robot ijonya kayak tabung gas hehe.

  7. pinukuik Says:

    ane masi stia ama symbian mas….
    tdinya pngen ntobain android…tp ternyata symbian ngeluarin os barunya symbian^3…cicipi dlu lah.,ntar kalo dah outdate br hjrah k android hehehe

  8. Muliayo Says:

    Android memang Fleksibel. Sudah 1 minggu dapat Soner Xperia X8. Puas. Aplikasinya banyak. Contact bisa dititip ke Gmail. Jadi kalau suatu hari kita ganti Hp asal masih Android tinggal sinkron lagi. Karena HP bukan cuma telpon dan SMS saja. Buat Android memang Hebat.

  9. inta Says:

    mau tanya, kalo sekarang harga samsung galaxy sekarang berapa ya? denger2 1,6, apa bener? mohon infonya. terimakasih..

  10. Salim Says:

    pak saya boleh tau kalo mau baca kompas epaper yang bagus pakai aplikasi apa? Karena saya pakai browser bawaan asus a10 kok tidak bisa di zoom ya? Setiap kali di tap untuk zoom, gambar halaman nya masih buram tidak terbaca.

    oya itu di ss kompas di atas indikator batere nya bisa pakai persentase itu apakah menggunakan aplikasi tambahan atau bawaan handphone?
    Terima kasihAtas jawaban nya🙂

  11. mantugaul Says:

    Salim: coba pakai nexus one custom rom

  12. ini harganya berapa ya..?

  13. mantugaul Says:

    Chadijah Luph Fadli: 2.99jt aja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s