Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review GPS Garmin Etrex 30, Penggantinya Etrex Vista HCX Dengan Glonass 19 Desember 2011

Filed under: GPS — mantugaul @ 12:32 pm
Tags: , , , , , , , , , , ,

8 Desember 2011, beberapa minggu lalu, menjadi hari bersejarah bagi dunia per-GPS-an karena pada tanggal itu diumumkan oleh pihak Rusia bahwa satelit GPS mereka yang dinamakan Glonass dinyatakan beroperasi secara 100% cakupan seluruh permukaan bumi. Artinya kita yang di Indonesia pun sudah bisa menikmati Glonass, satelit GPSnya Rusia.

Lah emang selama ini kita pakai apa? Selama ini kita memakai satelit Amerika Serikat yang dikasih nama Navstar GPS atau sering disingkat GPS saja. Maka agar tidak membingungkan dalam hal nama dan pembedaan GPS Amerika dan Rusia maka jika disebut GPS maka itu satelitnya Amerika, sementara jika disebut Glonass maka itu satelitnya Rusia. Dengan begitu per tanggal 8 Desember 2011 Anda diberikan pilihan untuk menggunakan GPS atau Glonass yang berjumlah 24 satelit yang berputar mengelilingi bumi. Dasar-dasar GPS bisa Anda baca melalui link http://wp.me/p8VS6-i8 dan http://wp.me/p8VS6-3eL

Nah sekarang jadi masalah bagi pengguna, lalu bagaimana jika perangkat navigasi Anda tidak support Glonass?

Maka dalam menyambut pengoperasian Glonass, Garmin meluncurkan produk terbaru yang Glonass ready dari sananya. Bukan hanya Glonass, Anda bisa mengaktifkan GPS+Glonass dalam waktu bersamaan, dimana dalam pengujian hal paling signifikan dirasakan adalah akurasinya!

Lalu bagaimana nasib perangkat lama yang belum support Glonass? Ini tergantung pihak produsen, apakah diberikan firmware baru yang support Glonass atau tidak? Saya pun tak tahu.

Namun dengan sudah beredarnya perangkat dual receiver ini, maka Etrex 30 menjadi sangat layak digunakan karena bisam memberikan akurasi lebih baik daripada biasanya.

Saat tulisan ini diterbitkan, baru ada 3 perangkat Garmin yang GPS+Glonass ready yaitu Etrex 20, Etrex 30 dan Nuvi 2495LT.

Kali ini kita akan mereview Garmin GPS Etrex 30. yang didesain untuk outdoor dan hiking.

Plus:

– Bisa tangkap signal GPS USA Navstar sekaligus GPS Rusia Glonass

– Peta sudah multiple, misal mantugaul.img, darat.img, laut.img dst

– Sudah menggunakan UI baru bukan berdasarkan halaman seperti GPS Etrex Vista HCX, mirip dengan susunan menu Oregon 550

– Bentuk dan desain baru yang jika dilihat sekilas mirip dengan Seri Oregon

– Ada internal memory sebesar 1.7GB

– Bisa custom maps

– Bisa bluechart G2 vision

– Bisa wireless transfer

– Support cadence dan HRM (optional)

– Waypoint naik dari 1000 jadi 2000 waypoints

– Routes dari 50 jadi 500 routes

– Compass sudah 3 axis

– Bisa konek ke Garmin Chirp

– Tidak memakai karet samping lagi, artinya bakal lebih awet

Minus:

– Paket minimalis seperti CD sudah tak ada, harus download sendiri di Garmin.com

– Masih tidak ada konektor external antena

– Memory card tidak hotswap lagi, tapi dibawah baterai

– Resolusi layar masih sama dengan vista hcx

Berikut penampakan Garmin Etrex 30:

Kesimpulan:

Glonass menjadi pilihan tak terelakkan dalam memutuskan pemakaian Etrex 30. Beda dengan seri Etrex 20 adalah Etrex 30 ada Altimeter Barometer, Transfer wireless, tides table, serta electronic compass yang sangat membantu saat berada di wilayah hutan/pegunungan.

Dengan menyerupai fitur oregon, maka Etrex 30 resmi menjadi pengganti Etrex Vista HCX yang sudah berumur.

Pastikan Anda mendownlaod Garmin Basecamp sebagai pengganti Mapsource, yang lebih cocok untuk digunakan pada unit dengan internal memory.

Unit ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp3.650.000.

.

Spesifikasi: https://buy.garmin.com/shop/compare.do?cID=143&compareProduct=87774&compareProduct=8703

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

98 Responses to “Review GPS Garmin Etrex 30, Penggantinya Etrex Vista HCX Dengan Glonass”

  1. hars Says:

    Wuih… mantap ratcoen-nya
    Dari penampakan peta juga sangat mendukung Peta NavNet (POI custom bisa tampil semua)

  2. budi gemuk Says:

    mas mantu gaul.mo nanya nih.untuk basemapnya dah build in garis-garis kontur ketinggian blm?trims jawabannya

  3. mantugaul Says:

    budi gemuk: kontur bisa dibeli terpisah

  4. budi gemuk Says:

    minta pertimbangannya bos,untuk petualangan di hutan bagusan mana etrex 30 atau oregon 450?

  5. mantugaul Says:

    budi gemuk: butuh layar sentuh atau tidak?

  6. budi gemuk Says:

    tidak bos.etrex 30 bisa pake memori 4 GB gak?

  7. mantugaul Says:

    budi gemuk: etrex 30 aja kalau gitu…bisa pakai 4GB

  8. budi gemuk Says:

    bos aku punya 60csx,kalo gps menampilkan halaman peta trus kita pencet kursor maka di layar akan muncul tanda anak panah yg diikati munculnya koordinat pergeseran dan jaraknya.Yg aku tanyakan apakah di gps oregon juga seperti itu?

  9. budi gemuk Says:

    bos aku mau tanya harga gps etrex 30 +mikro SD 4GB+peta indonesia+peta topo indonesia+peta laut+carabiner clip

  10. Kord Gitar Says:

    wow keren banget artikelnya

  11. al buston Says:

    Sangat interes dengan Etrex 30.

  12. andi Says:

    bos, gps etrex 30 saya kok waktu transfer ke mapsource waypointnya ga muncul, ada tulisan “the selected device has no waypoint on it”.

  13. mantugaul Says:

    andi: setauku mapsource udah kuno sekali, yg baru namanya basecamp

  14. budi gemuk Says:

    maaf bos masuk review etrex 30.gini bos aku punya oregon 550,gmn caranya kita setel RECALCULATION ON THE ROAD OTOMATIS kalo kita lg navigating on the road dan kita memilih rute yg menyimpang dr arahan rute gps?

  15. mantugaul Says:

    budi gemuk: pilih go aja

  16. bakticahaya Says:

    bingung ni pilih gpsmap 60csx atau e-trex 30 ya?? 60csx ud ad sirf waas nya…dilawankan dengan e-trex 30 dengan glonasnya bagusan mana untuk akurasi ya bos??

  17. mantugaul Says:

    bakticahaya: glonass lahhhhhhhhhhh

  18. Andhi Says:

    klo dibandingkan dengan Etrex 20 gimana??tolong review jg yg Etrex 20..

  19. andhi Says:

    akurasi etrex 30 berapa m??

  20. masbeck Says:

    etrex 30 saya wktu d jlan raya cuaca terang bs smpe 2 mter untuk akurasi.

  21. mantugaul Says:

    masbeck: wow!!

  22. andhi Says:

    bagus tuch..tpi kalau di hutan gimana akurasinya?? ada yg pernah pake??

  23. Atthur Says:

    mas…gimana nambahin background citra pada tampiilan view map??? thanx

  24. mantugaul Says:

    andhi: tetap etrex 30 lebih mantap krn dibantu si glonass

    atthur: pakai custom maps

  25. cana Says:

    om, boleh minta peta nya ga ?
    yang ada jalan raya nya itu pake peta apa yah😀

  26. mantugaul Says:

    cana: navnet

  27. masyoyok Says:

    Boss, kalo beli peta topografi Indonesia berapa harganya?

  28. roni Says:

    mo nanya mas… saya pake etrex 30, setelah ganti baterai kok waypoints nya pada hilang ? track terakhir (current track) masih ada…. waypoints bisa direstore ? thx a lot

  29. mantugaul Says:

    roni: garmin basecamp

  30. roni Says:

    makasih…

  31. Tri Says:

    Dear All mohon pencerahannya
    Bisakah saya tracking dengan mobil menggunakan eTrex 10 yg terhubung dgn software Basecamp?
    Benarkah seri eTrex 10,20 dan 30 tidak bisa terhubung dgn mapsource?
    Barusan saya donlod basecamp 332 dari situsnya. Disitu tertera file nya 64Mb tapi setelah didonlod cuma 36Mb.
    Ketika akan diinstal tidak mau running dan tulisan “0% garmin extracting web update” tidak mau berubah. Gimana ya solusinya?
    makasih sebelumnya

  32. mantugaul Says:

    Tri: coba ke garmin.com

  33. Basecamp-nya sudah bisa saya donlod semua dan di instal, tetapi sepertinya koneksi eTrex 10 dengan basecamp hanya sebatas transfer (export-import) file track, route dan waypoint saja. Saya masih belum bisa tracking langsung sambil jalan dengan mengkoneksikan eTrex 10 dan laptop (basecamp).
    Layar GPS yg hidup ketika dikoneksikan ke laptop juga langsung berubah hanya menampilkan logo Garmin dan ketika terkoneksi dengan basecamp selalu muncul tulisan “Please insert world map to drive: F (drive GPS berada)” dan beberapa saat kemudian basecamp menjadi hang.

  34. mantugaul Says:

    lilynaturalsoap: nice info krn saya ga punya etrex 10

  35. Anonim Says:

    Ini ready stock gan?plus ongkir k Sambas brp?

  36. mantugaul Says:

    Anonymous: coba japri komen 32

  37. andhi Says:

    caranya masukin image/citra ke etrex 30 gimana gan?

  38. mantugaul Says:

    andhi: pakai garmin custom maps

  39. andre Says:

    Oom Suyandy,.
    saya tadi yang email dan minat dengan etrex 30 plus mounting bracket buat di handlebar sepeda.
    apakah masih bisa discount pak ?😀

    thanks,
    a#
    papua.

  40. Hendra Says:

    Suhu apa eTrex® 30 bisa untuk menentukan luasan tanah yang kita survey…?

  41. mantugaul Says:

    Hendra: tekan area calculation

  42. Anonim Says:

    mas bisa tahu no hp yang bisa dihubungi ngak ? saya mau diskusi ttg pengunaan gps etrex 30, soalnya saya baru beli, tapi belum bisa mengoperasikan

  43. mantugaul Says:

    Anonymous: tiap pembelian saya ada kasihkan petunjuk manual, dibuka aja

  44. Anonim Says:

    di mana petunjuk manualnya, ngak ada pak, bisa saya minta secara rinci petunjuk atau bisa minta tolong di kirim via email. sujana@bukopin.co.id. o ya pak saya kebetulan saya job di bag. appraisal nya, keb saya mau apprais sebuah property. misalkan satu petak tanah saya mau ukur lebar depan biasanya saya pakai meteran manual, bisa ngak saya pakai gps etrex 30 ?

  45. Anonim Says:

    suhu… minta tlg bisa email petunjuk manualnya ngak ?

  46. mochammad syadhali Says:

    mau tannya cara melihat pasang air laut di garmin etrex 30

  47. mantugaul Says:

    mochammad syadhali: tinggal beli petanya

  48. mochammad syadhali Says:

    beli peta pasang surut air laut diman ya? klu lewat mantugaul bisa gag?

  49. mantugaul Says:

    mochammad syadhali: emailkan saya alamat n telp anda

  50. Didit Says:

    etrex 30 punyaku, klo dinyalain cuma nyala tulisan garmin tok, ga mau masuk ke menu knapa ya??trims

  51. mantugaul Says:

    Didit: corrupt

  52. Didit Says:

    solusinya gmn?trims

  53. mantugaul Says:

    didit: tinggal bawa ke toko saja

  54. Mohon pencerahannya Mas Bozz, koneksi eTrex 30 saya dengan Basecamp hanya sebatas transfer file track, route dan waypoint saja. Layar GPS yg hidup ketika dikoneksikan ke laptop juga langsung berubah hanya menampilkan logo Garmin ketika terkoneksi dengan basecamp.
    Saya masih belum bisa tracking langsung sambil jalan dengan mengkoneksikan eTrex 30 dan laptop (basecamp).
    Bagaimana caranya Mas? Semoga berkenan memberikan pencerahannya. Trims.
    Sukadana Ajiex – Batulicin Kalimantan Selatan.
    email : sukadana.naniq@gmail.com

  55. Johanes Says:

    Suhu Suyandi, di etrex 30 kan ada fungsi utk heart rate, tp koq ga ada setting umur berat badan dll ? Tks

  56. mantugaul Says:

    johanes: hrm tipe apa?

  57. Johanes Says:

    HRM pakai eks Cateye, kayanya ga bisa pairing ke sembarang HRM ya (searching terus ga ketemu2) ?
    Nah kalau pakai HRMnya Garmin, apakah setelah pairing akan ketemu menu setting umur, berat badan dll ?

  58. mantugaul Says:

    johanes: coba merk garmin

  59. joe Says:

    garmin etrex-30 ada stock mas? harga brp/ tx

  60. mantugaul Says:

    joe: emailkan alamat n telp anda ke saya thanks

  61. Johanes Says:

    Bos tanya lagi donk, saya punya etrex 30 waktu beli udah ada peta NAVNET ver 2.31, saya udah download yg versi 2.34, utk update dari 2.31 ke 2.34 bgmn caranya ? Tks

  62. mantugaul Says:

    johanes: ud ke tokonya?

  63. Johanes Says:

    beli via ebay bos

  64. foxfort Says:

    bang mau tanya cara merubah format hdddo mm’ ss.s’ keformat hdddo mm’ ss.ss’ bagaimana bang? sedang saya sudah rubah pengantaran_nya. tp ga menemukan format hdddo mm’ ss.s’. apa ga ada format yg hdddo mm’ ss.ss’ bang ? atau ada pengaturan lain ? mohon bimbingan_nya bang.
    saya tunggu jwbn abang di email saya :
    rizkysea@ymail.com

  65. foxfort Says:

    bang mau tanya cara merubah format hdddo mm’ ss.s’ keformat hdddo mm’ ss.ss’ bagaimana bang? sedang saya sudah rubah pengantaran_nya. tp ga menemukan format hdddo mm’ ss.ss’. apa ga ada format yg hdddo mm’ ss.ss’ bang ? atau ada pengaturan lain ? mohon bimbingan_nya bang.
    saya tunggu jwbn abang di email saya :
    rizkysea@ymail.com

  66. foxfort Says:

    masih kurang ngerti bang.
    mksd saya gini biar jelas_nya :
    03′ 50′ 06,01 BT
    114′ 45′ 07,79 LS.
    sedang yg ada di dalam GPS tsb hanya ada
    03′ 50′ 06,1 BT.
    114′ 45′ 07,7 LS.
    nah yg saya tanyakan di belakang koma 1 lg di bulatkan atau bagaimana bang?
    maaf kalau bnyak bertanya bang.

  67. mantugaul Says:

    foxfort: itu mah sudah ga efek…

  68. Denny Says:

    Bang, antara oregon dan montana series mending mana, saya tertarik sama oregon600 bisa kasih masukan

  69. mantugaul Says:

    Denny: montana lebih advance

  70. Denny Says:

    Ok, Thanks atas masukannya. Artikelnya sangat membantu. 👍

  71. Om mi tanya klo etrex vista hcx n etrex 30 ini bisa kluar suaranya untuk navigasi ga?thanx

  72. mantugaul Says:

    Sugeng Santoso: ga bisa

  73. icaL Says:

    bossss. garmin etrex30 pny q kok cman ad tulisan memuat peta tp g keluar2 petanya knp y bosss..?
    nuhun..

  74. mantugaul Says:

    Ical: file corrupt

  75. Anonim Says:

    saya mau jual Etrex 30 saya. Kontak thierry@bucoor.com tolong. Mks

  76. permisi mas
    mas saya mau nanya kan saya punya garmin etrex 30
    yang saya mau tanyakan kenapa ya kalo saya mau ukur tanah/hutan/kebon yg muncul cuma titik koordinat. yg saya mau sekalian ada gambar seperti peta gitu mas. terimakasih tolong dijwab

  77. terimakasih mas udah di jawab pertanyaan saya
    tapi saya bingung di situ kok ga ada jawaban pertanyaan saya ya mas. maaf merepoti

  78. terimakasih mas menanggapi pertanyaan saya.tapi saya bingung kok pertanyaan saya tidak ada jawaban di link tersebut. mohon bantuan nya mas karna saya bingung mau bertanya sama siapa

  79. mantugaul Says:

    ketahuilahduniamu: maksudnya japri

  80. Mohon Petunjuk manual Versi Indonesia adakah…? bisakah kirim ke dodik_juliawan@yahoo.com

  81. Mohon Petunjuk manual Versi Indonesia untuk gps garmin etrect 30 adakah…? bisakah kirim ke keyungemas007@gmail.com

  82. mantugaul Says:

    Yuyun: minta disini id.garmin.com

  83. Benhard Says:

    Bang, numpang tanya, etrex 30 saya kok kagak mau nyala, ya? Padahal baterai nya ada, full malahan, gimana itu? Tolong dibantu ya

  84. mantugaul Says:

    Benhard : segera bawa ke toko

  85. arden Says:

    bang mau tanya gimana caranya update peta laut di etrex 30

  86. mantugaul Says:

    arden: sudah beli?

  87. galoe Says:

    Bos cara nampili peta laut itu gmna?? Truss mau nmbah peta bluechart caranya gmna ??? Trims

  88. mantugaul Says:

    Galoe: tinggal beli di toko


Tinggalkan Balasan

