Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Karimun Jawa, Wisata Pulau Penuh Pesona 16 Agustus 2012


“Dunia memang indah.”

Komentar ini dilontarkan seorang wisatawan asal Cilacap saat mengunjungi Pulau Gosong Tengah, sebuah pulau unik yang terletak di sebelah timur pulau Karimun Jawa karena pulau ini hanya seonggok pasir putih dengan bentuk bulan sabit tanpa ada pepohonan, tanpa ada bebatuan.

“This is really beautiful.”

Komentar ini oleh seorang wisatawan asal Italia, ketika mendarat di pulau Geleang, sebuah pulau yang airnya jernih sekali dan dangkal sehingga Anda bisa seolah-olah berjalan di atas air.

“This is the best sea ever.”

Sementara komentar ini diberikan wisatawan asal Perancis yang satu perahu dengan saya saat mengunjungi pulau Cemara Kecil, karena pulau ini seperti kolam renang raksasa tapi ada ombaknya, kedalaman sampai dada orang dewasa dan gradasi warna lautnya begitu mengagumkan.

“Tidak seperti di Indonesia ya.”

Komentar lain dari wisatawan asal Kerawang yang rupanya sudah traveling ke cukup banyak negara.

.

Itulah semua komentar yang saya dengar sendiri saat berada di Kepulauan Karimun Jawa.

Pertanyaannya apa, bagaimana dan kenapa Karimun Jawa??

Oke mari kita lihat peta dahulu:

Nah terlihat bahwa Karimun Jawa terletak tepat di utara kota Semarang. Garis warna-warni diatas adalah garis perjalanan saya yang terekam dengan GPS logger. Beruntung Anda yang membuka blog ini karena hampir semua foto sudah digeotag agar Anda bisa tahu tepat dimana saya mengambil foto ini.

Kali ini saya tidak mereview foto-foto Pulau Karimun Jawa tapi saya akan lebih memberi tips bagi Anda yang firsttimer. Karena review sudah terwakili oleh hampir 1.000 foto yang sudah saya upload.

Mungkin Anda perlu mengatur beberapa hal sebelum berangkat, karena saya juga first-timer dan tidak mengikuti tour paketan.

Jika Anda mengikuti paket harganya tidak lebih dari Rp500.000. Betul, cukup murah karena paket itu sudah termasuk makan, nginap, jalan-jalan selama 4 hari 3 malam.

Berikut tips bagi Anda:

– 4 hari 3 malam adalah waktu paling tepat untuk liburan ke Karimun Jawa karena hari pertama Anda sudah buang waktu untuk perjalanan kesana. Dan hari terakhir Anda sudah pulang di pagi harinya sehingga efektif hanya 2 hari full untuk menjelajah Karimun Jawa.

– 2 hari cukup? Cukup saja. Karena wisata di Karimun Jawa terdiri dari 2 tempat. Yaitu bagian barat dan bagian timur pulau, sesuai tergambar di peta.

– Anda akan mengunjungi bagian barat dari pagi jam 8 sampai sore jam 5, begitu juga bagian timur, sama saja. Jadi 2 hari full di laut.

– Nah sekarang adalah titik keberangkatannya. Ini sangat penting karena membuat Anda lebih siap dan tidak terlunta-lunta, terutama jika Anda tidak tinggal di daerah Semarang/Jepara. Titik berangkat hanya ada 2 kota yaitu kota Semarang dan kota Jepara.

– Nah, masalahnya titik berangkat dari Semarang hanya 1x seminggu yaitu tiap hari Sabtu jam 9 pagi. Jadi aturlah waktu agar Anda bisa sampai di Semarang sebelum itu. Saya sendiri kebetulan berangkat dari Semarang karena saya memastikan hari Sabtu pagi saya sudah di Semarang.

– Jika Anda tidak berada di Semarang pada hari Sabtu, maka pilihan Anda adalah ke kota Jepara. Sekitar 2 jam dari Semarang. Karena di Jepara kapal berangkat ke Karimun Jawa sudah ada jadwalnya hampir setiap hari.

– Bagaimana cara ke Jepara dari Semarang. Mudah! Anda tinggal ke terminal bus Semarang dan tiap jam ada bus yang berangkat tapi ingat, bus terminal semuanya jelek, mirip metro mini/patas gitulah. Jadi solusinya? Pakai travel yang sudah lumayan banyak jumlahnya. Bahkan beberapa bisa menjemput Anda. Contoh Bus Central Java yang punya pool di TIC (Tourist Information Center) Semarang Jalan Pemuda (024)-70231340, 3510016. Atau Trans Jaya yang dekat Stasiun Kereta Poncol Jalan Imam Bonjol (024)-3581122 atau 082136363678. Kendaraan yang dipakai Hino, ELF atau L300. Kapasitas 8-15 orang.

– Jika Anda memutuskan berangkat dari Jepara maka Anda cukup pergi ke dermaga/pelabuhan dengan naik becak Rp10.000 dari terminal ke dermaga.

– Kenapa saya memilih start dari Semarang? Karena akses ke Semarang relatif lebih banyak daripada akses ke Jepara. Via pesawat ada, via kereta api ada, via bus juga banyak. Sementara akses ke Jepara hanya satu yaitu bus.

– Nanti pulangnya baru Anda via Jepara. Banyak bus gede yang bagus-bagus di terminal sana, terutama yang ke arah kota besar seperti Surabaya, Jakarta dan Denpasar.

– So sudah siap? Jika Anda sudah tiba di Semarang maka Anda harus ke pelabuhan Tanjung Mas, letaknya di: S6 56.818 E110 25.406 untuk membeli tiket. Kalau malas hanya ke pelabuhan beli tiket, coba hubungi penjual tiket KMC Kartini, Mas Iwan 082135679007. Jadi Anda tak perlu bolak balik pelabuhan, cukup ke pelabuhan saat pemberangkatan saja.

– Biasanya kalau Anda tiba di Semarang 1 hari sebelumnya maka Anda punya waktu jalan-jalan di Semarang. Saya mengunjungi Gedung Lawang Sewu, mereka buka sampai jam 9 malam. Foto-foto Lawang Sewu ada di bagian bawah.

– Jika Anda mabok laut, maka sebaiknya siapkan antimo, tapi kalau kuat selama 4 jam perjalanan dengan KMC Kartini maka Anda bisa melihat pemandangan laut.

– Urusan penginapan sangat mudah di Karimun Jawa, begitu sampai saja di depan dermaga Karimun Jawa sudah ada penginapan. Kalau prefer yang murah Anda harus jalan kaki sekitar 20 menit ke pusat kota, naik ojek atau becak juga ada.

– Rp70.000 adalah harga homestay di Karimun Jawa, sementara kelas hotel rata2 Rp200.000 keatas.

– Saya tinggal di homestay Mulya Indah, dari buku tamunya ternyata banyak turis asing yang bermalam disana juga. Ownernya baik dan ternyata juga salah crew KMC Kartini sehingga Anda pasti ketemu jika naik kapal ini. Namanya Imam. Bahkan ayahnya mengantarkan saya ke dermaga saat saya pulang. Baik kan? Total cost Rp210.000 karena saya nginap 3 malam.

– Jika Anda pertama kali ke Karimun Jawa, menginap di hotel mahal sangat merugikan karena Anda akan sepanjang hari berada di laut, buat apa sewa hotel mahal jika toh Anda tidak berada di hotel terus. Jadi nginap di hotel jika udah kali kedua saja dimana mungkin Anda gak kemana-mana selain bersantai-santai di hotel.

– Kota Karimun Jawa ini ternyata kecil sekali, dan jalanan juga kurang bagus, tapi anehnya jalanan antar desa malah lebih bagus daripada jalan di pusat keramaiannya.

– Ketika kapal berangkat jam 9 dari Semarang, sekitar jam 13.00 saya sudah berada di Karimun Jawa dan ini saya manfaatkan dengan menyewa motor Rp70.000 dengan menjelajah bagian daratan, sampai ke utara bisa ditempuh dengan motor, obyek bagus misal Pantai Ujung Gelam, dan pantai bagian Barat saya kunjungi. Jika ada waktu juga bisa ke Pantai Barakuda dan hutan mangrove.

– Karena saya tidak mengikuti paket tour, saya terpaksa mencari sendiri, lagi-lagi ternyata sangat mudah karena tiap hari ada perahu yang mengangkut wisatawan ke pulau-pulau sekitar. Saya mengunjungi sebuah kios HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) yang menyediakan paket harian Rp135.000 untuk trip 1 hari. Dan saya beli paketnya dua hari sehingga total yang saya keluarkan Rp270.000. Kalau saja Anda lebih pintar dari saya, Rp100.000 bisa Anda dapatkan untuk paket tour sehari, cari saja owner homestay mungkin karena mereka tidak mengambil keuntungan. Penjaga kios HPI namanya Amat 08532880556 atau 082326260329 (orang yang sama tapi 2 nomor)

– Oya, satu lagi kenapa tidak perlu nginap hotel, karena Karimun Jawa belum ada listrik permanen, sehingga listrik dengan tenaga PLTD hanya hanya 12 jam yaitu sore sampai subuh, jika Anda menginap di hotel yang kebetulan sepi pengunjung maka AC pun tidak akan dinyalakan hehehe. Kecuali Anda nginap di hotel diatas Rp500.000 mungkin listriknya 24 jam.

– Jika Anda mau nginap hotel saja tanpa jalan-jalan ke pulau, maka hotel Nirvana Laut is the best. Mereka ada pantai sendiri, kalau gak nginap disana pun tetap bisa masuk harganya Rp12.500 saja per orang. Harga kamar mulai Rp650.000/malam

– Beberapa barang wajib bawa adalah sunblock lotion, ini wajib, olesin terus saja, tiap kali habis berenang/snorkeling.

– Kaos lengan panjang, karena Anda akan dilindungi dari angin dan sinar matahari

– Jaket, saya bawa jaket karena anginnya kadang lagi kuat bisa untuk tutupan, jangan bawa payung hahaha

– Minuman dan snack, karena pulau yang ada warung masih sedikit.

– Bawa handuk, karena Anda akan banyak berenang dan snorkeling, daripada pakai handuk orang bule hahaha

– Provider telekomunikasi yang mantap disini adalah Telkomsel, betul-betul kuat sampai di pulau2 kecil pun masih dapat signal, dan 90% dapat HSDPA. Sementara operator XL hanya ada di bagian kota. Saya hanya tahu keduanya karena tak punya provider lain.

– Makanan disini tentu banyak seafoodnya, saya tiap malam makan seafood, harga start Rp20.000 (misal cumi bakar, ikan bakar). Ada sebuah restoran yang banyak bulenya namanya Amore. Start Rp50.000.

– Karimun Jawa adalah tempat dimana Anda boleh pipis sambil berenang hahaha