Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Microsoft Tablet Surface RT, Babak Baru Dunia Tablet 17 November 2012

Filed under: Komputer — mantugaul @ 7:26 pm
Tags: , , , , , , ,

Pendahuluan
Microsoft tampaknya cukup gerah dengan gerak-gerik Apple yang merajalela dengan iPadnya dimana-mana. Bahkan sekolahan di Amerika sendiri mulai mengubah kebiasaan pemakaian laptop dengan iPad. Dihantam dari kiri oleh Apple, eh dari sisi kanan ditampar lagi oleh tablet Android.

Pada Juni 2012, Microsoft meski dengan tekanan luar biasa dari kompetitor mengumumkan bahwa mereka akan masuk ke dunia hardware. Padahal Microsoft selama ini selalu jadi penyedia software sistem operasi namun kini masuk ke dunia hardware. Strategi baru?

Microsoft Surface akan tersedia dalam 2 jenis yaitu Windows 8 RT dan Windows 8 Pro. Bedanya? Yang Pro backward compatibility artinya aplikasi atau software Windows lama bisa dijalankan di versi Pro. Sementara versi RT tidak bisa, jika Anda beli versi RT maka Anda harus menggunakan aplikasi yang memang dirancang khusus hanya untuk Windows RT. Jadi hati-hati, pelajari kebutuhan Anda sebelum memutuskan membeli. Yang versi pro belum ada, Q1 2013 baru akan meluncur ke pasaran.

Kenapa Surface istimewa?

– Bahannya yang begitu spesial yaitu VaporMag, bahan Magnesium ini terkenal kokoh dan premium. Bahkan Oprah Winfrey mengatakan terasa seperti Mercedes Benzūüôā

– Ada USB port biasa, jadi mouse, keyboard, modem, apapun yang bisa menggunakan USB dapat dicolok ke Surface ini.

– Ada Micro HDMI slot sehingga presentasi tetap bisa berjalan misal dicolok ke LCD besar.

– Touch cover dan Type Cover, yaitu keyboard yang bisa dilepas-lepas. Yang versi touch sangat tipis, sementara yang type bekerja layaknya keyboard biasa, tentunya lebih tebal. Uniknya keyboard ini memakai magnet sehingga Anda bisa copot pasang hanya dengan menariknya. Kalau Anda pernah liat cover iPad 2 yang bermagnet, maka cover Surface ini sudah built in keyboard sekaligus melindungi layar

– Ada slot Micro SD

– Kamera depan dan belakang. Yang belakang sudah support 720p.

– Prosesor Surface RT adalah Quadcore ARM dengan Nvidia Tegra 3

– 2 versi storage yaitu 32GB dan 64GB

РLayarnya 1366 x 768 pixel dengan ukuran layar 10.6 inches

– VGA di dalamnya adalah Geforce seri ULP

– Multitouch dengan 5 titik sentuh

РSensornya lengkap: ambient light sensor, accelerometer, gyroscope, compass, dual microphones

– Wifi dan bluetooth juga sudah built in

– Ringan hanya 680gram

– Melengkapi ekosistem yang dibangun Microsoft, nantinya akan berjalan seiring dengan gadget lain, misal PC, Windows Phone, XBOX dll

Review

Review berikut diambil dari review oom Alvin Kurniawan yang dipost ke milis Gadtorade. Semua tulisan dan foto adalah hak milik Oom Alvin.

Oom Alvin Kurniawan bisa dihubungi di email alvin4forum (et) gmail (dot) com. Berikut review beliau:

Sebagai bacaan siang hari saat long weekend semoga bisa menghibur. Setelah hands on MS Surface setelah beberapa hari, perkenankan saya review tablet ini yang running on Window 8 RT (mobile) dan tidak compatible untuk running .exe installer, jadi program yang bisa diinstall sementara hanya dari Windows 8 Store.

Berikut penampakan MS Surface RT:

Photo By Andi Leo

Tampak Samping:

.

Dari tampak samping terlihat ada port micro HDMI (sukses langsung mirroring ke TV LCD dengan konektor micro HDMI РHDMI), USB 2.0 port, charger port (ada magnet, dan di kepala charger ada led notif mirip yang saya jumpai di charger Macbook Air).

Dari pertama pegang yang menjadi first impression yaitu “wah ini IBM¬†banget, kotak gini yah” tapi setelah di pegang terasa fit di tangan, dengan¬†build quality yang bagus sekali, dan tentu saja dengan stand yang innovatif¬†banget.

Touch cover menjadi salah satu killer aksesoris di Surface, build nya tipis bagus, dan enak dibuat ngetik. Terkoneksi dengan surface menggunakan magnet yang kuat sehingga jika digantung terbalik juga surface tidak akan terjatuh, meskipun digoyang-goyang, cuma kalau extreme mungkin jatuh juga, saya gak berani nyobainnya hahaha. Tampak depan waktu touch cover menutup surface terasa elegant, dengan finishing fabric tentu saja enak dipegang. Namun yang jadi pertimbangan mungkin warna cerah akan cepat kotor.

.

Untuk screen ini jadi inget Playbook, cerah dan tajam, berikut screenshot start dan desktop mode nya:

 

.

Penampakan Windows 8 Store, sudah ada ribuan apps cuman apps populer seperti tweetdeck, instagram, dan beberapa apps lainnya tidak ditemukan namun bisa diganti dengan apps lain yang memiliki fungsi mirip

Youtube RT (versi berbayar Rp 12.000, tapi semua apps berbayar bisa trial dulu 7 hari sebelum harus bayar beneran) di youtube RT ini sudah bisa download video youtube dan pilih resolusi juga dengan tampilan khas Windows 8

Tweeterlight

Tabstagram

Salah satu games free yaitu ARMED, keren deh

Dan ternyata bisa multi window, mesti koprol sambil bilang wow gak sih hahaha

 

.

Surface ini dilengkapi MS Office 2013 Preview, dan bisa langsung check updates untuk install ke MS Office 2013 Final Version (Word, Excel, Powerpoint, Onenote ini versi sama persis dengan di PC/laptop). Dan Surface bisa dengan mudah connect ke mouse bluetooth jadi memang surface ini diciptakan untuk menggantikan laptop meskipun win 8 RT belum bisa menggantikan win 8 pro. Memang surface win 8 RT diciptakan untuk light user dan win 8 pro untuk lebih heavy user tentu saja surface win pro ini memiliki harga lebih tinggi, lebih tebal, battery lebih boros karena prosesor Intel i5.

Kesimpulan:

Microsoft Surface ini cocok sekali digunakan oleh user yang menggunakan laptop dengan kebutuhan standar seperti browsing, video, office (tanpa macro dan VB), chatting, dll memang dirasa ini hybrid antara laptop dan user experience yang biasa kita dapatkan di tablet. Memang masih terdapat kelemahan seperti Windows 8 store yang masih lack of popular apps, lebih tebal dari ipad atau transformer pad, Mail kurang nyaman untuk pantau milis di landscape mode (portrait mode much better karena subject tiap email terbaca semua), harga yang premium, handwriting recognition nya lebih lambat dari android meskipun cakep juga.

Mungkin sekian dulu lebih enak jika ada comment maupun pertanyaan bisa saya screenshoot atau saya jawab. Bagi user surface juga bisa cek ke xda developer ada forum thread untuk surface ini dan berguna sekali (kalau gak cek kesini saya gak tau caranya update office dari preview ke final version) dan saya harap dari temen malah bisa share balik dan ngajarin gimana caranya memaksimalkan surface on Windows 8 RT ini Thanks

Best regards,

Alvin Kurniawan @Surface

.

Spesifikasi: http://www.microsoft.com/Surface/en-US/surface-with-windows-rt/specifications

.

Info dan pemesanan: Alvin Kurniawan email alvin4forum (et) gmail (dot) com

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

10 Responses to “Review Microsoft Tablet Surface RT, Babak Baru Dunia Tablet”

  1. Terjun ke bisnis (computer) hardware jelas bukan sebuah langkah ideal untuk perusahaan raksasa yang sejak dilahirkan memang bisnis intinya ada pada piranti lunak dan jasa/layanan di atasnya (“on top” of the software).

    Mengapa? Karena tingkat keuntungan dari sisi net profit lebih tipis, dimana mayoritas prinsipal (berskala raksasa) berada di range 3 sampai dengan 10%.

    Jadi terjun ke ranah baru ini “lebih bisa dibaca” sebagai sebuah strategi reaksioner menjawab ketidakpuasan para prinsipal perangkat keras secara umum dan prinsipal perangkat bergerak yang telah menjalin kemitraan dengan Microsoft sebagai partner sejak beberapa dekade silam terutama sejak Windows CE dan Windows Mobile diluncurkan dan berjaya.

    Faktor kedua adalah munculnya sistem operasi baru untuk mobile devices (khususnya Android), yang membuat Microsoft tidak lagi menjadi penguasa pasar serta semakin mesranya hubungan antara para prinsipal di atas dengan sistem operasi besutan Google tersebut.

    Selanjutnya, comfort zone para prinsipal (hardware) ini atas “robot hijau”, yang terbentuk karena mayoritas dari mereka telah mengeruk keuntungan maupun meningkatkan nilai mereknya, membuat mereka enggan untuk menggunakan sistem operasi bergerak dari Microsoft, sehingga akhirnya perusahaan bermarkas di Redmond ini merasa perlu untuk meluncurkan PC tabletnya sendiri.

    Anyway, terima kasih sudah berbagi informasi. It’s a comprehensive review!

  2. mantugaul Says:

    goutama bachtiar: bro tulisanmu bagus2, kalau ada review lain tolong dikasih input lagi yg seperti ini (jg yg oom tulis di review nexus 7) mantab!

  3. Kalau review menarik dan merasa ada yang ingin dikomentarin, pasti bro. Jangan lupa, berkunjung juga ke blog saya dan berkomentar juga yaūüėĄ

  4. Anonim Says:

    Ditunggu review tablet windows 8 yang lain : Acer W510 dan W700 yang sudah beredar di tanah air.

  5. davi ditya Says:

    apakah dengan windows 8 RT officenya, khusus excel dapat mumpuni dengan menggunakan pivot table dan multiple excel page?

  6. mantugaul Says:

    davi ditya: kan office biasa

  7. Anonim Says:

    mas….
    saya ada tablet surface rt 64GB
    cuman karna saya di kasih sama tourist malaysia
    jadi saya tidak ada chargernya….
    di indonesia belum ada yahhh
    itu mas dapat foto dri mana???????

  8. mantugaul Says:

    anonymous: dari teman

  9. Anonim Says:

    kalau mau cari chargernya di mana yah

  10. mantugaul Says:

    anonymous: ebay


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s