Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Pacitan Jatim, Kota 1001 Goa & Surga Peselancar 5 Desember 2012


Pantai Mbuyutan dilihat dari bukit

Ketika memasuki kabupaten Pacitan dari arah Yogya, Anda akan melihat baliho besar bertuliskan selamat datang di kota kelahiran Presiden SBY. Iya Presiden Indonesia menghabiskan waktu mudanya di kota ini. Dan ketika memasuki kota Pacitannya ada tagline, Kota Pacitan, Kota 1001 Goa. Padahal di kotanya sendiri saya tidak melihat ada goa di tepi jalan, namun ketika masuk ke jalan menuju pantai baru tahu mengapa diberi nama 1001 Goa karena hampir setiap belokan di jalan perbukitan ada goanya.

Terletak di propinsi Jawa Timur, Pacitan ini tergolong sepi, mungkin terletak di Selatan bukan jalur utama seperti Pantura. Saya berangkat dari Borobudur ke Pacitan butuh sekitar 4 jam. Mayoritas perjalanan melalui jalan lebar dan mulus, sehingga jika Anda mengendarai mobil pribadi tidak akan menemui rintangan berarti.

Namun jalanan menuju pantai terutama pantai yang tersembunyi, jalanan tergolong kecil, untungnya mulus tapi saat mendekati obyek akan menemui kerusakan-kerusakan, meski masih bisa dilalui kendaraan pribadi. Saya menemui 1 mobil jazz dan 1 mobil Suzuki Zebra masih bisa masuk.

Jika Anda ingin menjelajah seluruh Pacitan maka Anda butuh 3-4 hari, dengan rincian goa dan pantai di sebelah barat, kebanyakan pantai di sebelah timur, permandian air panas dan museum di sebalah utara serta kota Pacitannya sendiri.

Sisi negatif adalah luasnya Pacitan itu sendiri, saking jauhnya hampir dipastikan Anda tidak dapat ke barat dan utara sekaligus karena letaknya bisa sampai 100km PP.

Mantugaul sendiri hanya bisa menikmati dua malam, dan menjelajah sisi barat (wisata memang terpusat di barat) serta Kota Pacitannya sendiri.

Jadi ini list obyek wisata yang berhasil dikunjungi dalam waktu singkat:

– Kota Pacitan

Kota kelahiran Presiden SBY, kotanya tertata rapi, banyak lampu merahnya padahal saya merasa gak perlu2 amat dipasang lampu merah karena jalanan sepi sepanjang hari, sayang belum ada Bank/ATM BCA hehehe

– Pantai Teleng Ria

Pantai paling dekat dengan kota, ada penginapan di pintu masuknya, HTM Rp10.000 & Rp80.000 lagi untuk belajar surfing selama 1 jam (termasuk pelatih & papan)

– Goa Tabuhan

Menariknya goa ini ada pemain musik, bisa dipanggil dengan biaya Rp100.000, jika dipukul stalaktitnya akan menimbulkan seperti suara musik. Waktu saya masuk loket belum buka jadi gratis🙂

– Goa Gong

Goa yang amat sangat besar dan terjal sampai ke bawah tanah, untunglah sudah ada tangga dengan pegangan aluminum, saya lupa HTMnya, tiketnya entah kemana. Wajib kesini kalau mampir ke Pacitan.

– Goa Kalak

Goa tersembunyi, padahal di tepi jalan kalau Anda menuju Pantai Klayar, karena letaknya pas di jalan menanjak, lewat 2x baru saya lihat & akhirnya mampir. Tidak ada HTM, tapi saya kasih Rp10.000 untuk penunggunya karena sudah menemani saya. Anehnya di Goa ini, kamera saya mengalami card error, belum pernah terjadi. Untunglah isinya gak apa2🙂

– Pantai Klayar

Pantai unik sekali, pertama ada tebingnya, sudah ada tangga, Anda bisa naik ke dataran tingginya. Lalu ada pantai yang banyak batu. Kemudian ada sisi yang ombaknya mematikan, sudah 11 orang jatuh ke ombak ini, beberapa kembali jenazahnya dan lainnya tidak pernah kembali terbawa ke laut selatan. Sehingga untuk masuk ke area ini Anda harus pakai pemandu, katanya seikhlasnya saya kasih Rp10.000 hahaha semurah itu nyawa mantugaul😀 Lucunya di daerah ini ada karang raksasa berbentuk seperti sphink tapi saya lihat lebih mirip binatang unta. Lalu dibalik karang ini ada seruling air, setiap 10 detik muncrat air mancur tinggi sambil mengeluarkan suara. Anda harus mampir! Pantai yang banyak atraksinya hehehe…

– Pantai Srau

Pantai disini banyak sekali, karena daratannya melingkar, jadi Anda seolah-olah dikelilingi lautan. Banyak warung tapi waktu saya datang tak ada satupun buka.

– Pantai Watu Karung

Pantai ini dicanangkan menjadi pantainya surfer kelas dunia. Mulai terlihat beberapa resot dan villa pribadi yang bikin ngiri hehehe.

Mari kita lihat petanya:

Posisi Pacitan di Pulau Jawa

Posisi Pacitan di Pulau Jawa

Obyek Wisata Pacitan

Obyek Wisata Pacitan

Peta satelit pacitan

Peta satelit pacitan

Pemandangan dari kamar hotel Srikandi

Pemandangan dari kamar hotel Srikandi

Rp80.000 main surfing sejam di Pantai Teleng Ria

Rp80.000 main surfing sejam di Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria sore hari

Pantai Teleng Ria sore hari

Jangan lupa nasi tiwul yang dijual di Alun-alun Pacitan

Jangan lupa nasi tiwul yang dijual di Alun-alun Pacitan

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Ilmuwan asing sedang menggali situs goa Tabuhan

Ilmuwan asing sedang menggali situs goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan

Namanya Tabuhan karena stalaktitnya bisa bersuara seperti tabuhan genderang jika dipukul

Namanya Tabuhan karena stalaktitnya bisa bersuara seperti tabuhan genderang jika dipukul

Goa Gong

Goa Gong

Banyak kios saat menuju Goa Gong

Banyak kios saat menuju Goa Gong

Pintu masuk Goa Gong

Pintu masuk Goa Gong

Ini dia stalaktit di dalam Goa Gong yang menciptakan suara GONGGGG :)

Ini dia stalaktit di dalam Goa Gong yang menciptakan suara GONGGGG🙂

Stalaktit di dalam Goa Gong cukup menakjubkan

Stalaktit di dalam Goa Gong cukup menakjubkan

Sudah ada tangga yang dibuat agar pengunjung bisa turun ke bawah tanah di dalam Goa Gong

Sudah ada tangga yang dibuat agar pengunjung bisa turun ke bawah tanah di dalam Goa Gong

Goa ini besar sekali seperti aula raksasa tapi alami

Goa ini besar sekali seperti aula raksasa tapi alami

Ini stalakmit yang terbentuk hingga sebesar manusia

Ini stalakmit yang terbentuk hingga sebesar manusia

Hiasan lampu warna warni memberikan kesan misterius

Hiasan lampu warna warni memberikan kesan misterius

Ini adalah pilar terbentuk karena bertemunya stalakmit dan stalaktit

Ini adalah pilar terbentuk karena bertemunya stalakmit dan stalaktit

Anda bahkan harus menunduk untuk masuk ke "ruangan" yang lebih dalam

Anda bahkan harus menunduk untuk masuk ke “ruangan” yang lebih dalam

Konon adalah gos terindah di Asia

Konon adalah gos terindah di Asia

Semua ini terbentuk secara alami

Semua ini terbentuk secara alami

Liat perbandingan stalaktit dan pengunjung yang berpakaian hitam

Liat perbandingan stalaktit dan pengunjung yang berpakaian hitam

Stalaktit paling unik sampai terbentuk kilauan kristal

Stalaktit paling unik sampai terbentuk kilauan kristal

Foto ini sengaja dibuat gelap agar Anda bisa merasakan kilauan kristal di stalaktit Goa Gong

Foto ini sengaja dibuat gelap agar Anda bisa merasakan kilauan kristal di stalaktit Goa Gong

Goa Song Terus

Goa Song Terus

Manusia purba rekaan di Goa Song Terus, yang asli masih ada dibawah tanah

Manusia purba rekaan di Goa Song Terus, yang asli masih ada dibawah tanah

Penggalian 20 tahun di Goa Song Terus

Penggalian 20 tahun di Goa Song Terus

Goa Kalak

Goa Kalak

Goa Kalak

Goa Kalak waktu saya tiba masih tutup sehingga harus menyelinap🙂

Goa ini tidak ada fasilitas lampu, padahal dalamnya bagus

Goa ini tidak ada fasilitas lampu, padahal dalamnya bagus

Bawa senter kekuatan tinggi untuk foto2

Bawa senter kekuatan tinggi untuk foto2

Stalakmit di Goa Kalak

Stalakmit di Goa Kalak

Sesajian di dalam Goa Kalak

Sesajian di dalam Goa Kalak

Mantugaul di mulut goa kalak :)

Mantugaul di mulut goa kalak🙂

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Bisa naik ke atas tebing Pantai Klayar

Bisa naik ke atas tebing Pantai Klayar

Apakah karangnya mirip sphinx atau binatang unta?

Apakah karangnya mirip sphinx atau binatang unta?

Ombak dashyat di Pantai Klayar, gulungannya mematikan

Ombak dashyat di Pantai Klayar, gulungannya mematikan

Liat gulungan ombak Pantai Klayar

Liat gulungan ombak Pantai Klayar

Peringatan bahaya, harus ada pemandu untuk naik ke kerang ini

Peringatan bahaya, harus ada pemandu untuk naik ke kerang ini

Naik ke atas karang

Naik ke atas karang

Deburan ombak saat menghantam karang

Deburan ombak saat menghantam karang

Seruling air

Seruling samudera

Tiap 10 detik sembur sekali

Tiap 10 detik sembur sekali

Karang raksasa Pantai Klayar

Karang raksasa Pantai Klayar

Ketemu kepiting imut :)

Ketemu kepiting imut🙂

Pantai Watu Karung tempat Nelayan merapatkan perahu

Pantai Watu Karung tempat Nelayan merapatkan perahu

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Beberapa pantai hanya bisa dicapai dengan jalan kaki atau naik motor

Beberapa pantai hanya bisa dicapai dengan jalan kaki atau naik motor

Pantai Watu Karung tempat surfing

Pantai Watu Karung tempat surfing

Pantai Watu Karung tempat surfing

Pantai Watu Karung tempat surfing

Resort Istana Ombak Pantai Watu Karung, Rp600.000/malam

Resort Istana Ombak Pantai Watu Karung, Rp1.450.000/malam

Cara memesan di Istana Ombak

Cara memesan di Istana Ombak

Harga per malam Istana (update Juni 2015)

Harga per malam Istana (update Juni 2015)

Pemandangan dari resort Istana Ombak

Pemandangan dari resort Istana Ombak

Saat saya tiba tampak 2 surfer asing sedang bermain selancar

Saat saya tiba tampak 2 surfer asing sedang bermain selancar

Ombak idaman para surfer

Ombak idaman para surfer

Pantainya bersih

Pantainya bersih

Pantai Watu Karung difoto dari ketinggian

Pantai Watu Karung difoto dari ketinggian

Medannya cukup sulit untuk mobil pribadi

Medannya cukup sulit untuk mobil pribadi

Pantai Watu Karung yang biru

Pantai Watu Karung yang biru

Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Srau tampak dari tebing

Pantai Srau tampak dari tebing

Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Mbuyutan, pantai dengan medan paling sulit

Pantai Mbuyutan, pantai dengan medan paling sulit

Pantai Mbuyutan dilihat dari bukit

Pantai Mbuyutan dilihat dari bukit

Motor parkir diatas bukit

Motor parkir diatas bukit

Jalan kaki turun bukit, turunnya gampang, naiknya penuh tantangan :)

Jalan kaki turun bukit, turunnya gampang, naiknya penuh tantangan🙂

Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Nah hampir mendekati batu raksasa di Pantai Mbuyutan

Nah hampir mendekati batu raksasa di Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Ada penduduk sedang mencari sesuatu

Ada penduduk sedang mencari sesuatu

Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Mantugaul was here at Pantai Mbuyutan

Mantugaul was here at Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Pantai Mbuyutan

Overall, Pacitan memang mantabbbb

Overall, Pacitan memang mantabbbb

Kesimpulan:

Anda yang tinggal di Yogyakarta, Solo, Madiun & Kediri sangat sangat beruntung karena Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh menuju Pacitan ini. Saya harus berkendara dua hari untuk ke Pacitan. Bila Anda berada di luar Jawa, maka Yogyakarta adalah titik pertama Anda untuk melakukan trip ke Pacitan karena relatif dekat untuk kota yang mempunyai bandara udara.

Dengan hotel tarif dibawah Rp200rb tentunya Pacitan bukan wisata mahal, namun Goa dan pantainya sangat berkelas. Tidak kalah dengan Australia, kebetulan saya pernah ke Surfer Paradise di Gold Coast sehingga beruntung bisa membedakannya. Kalau Pacitan tidak dipenuhi manusia, tidak dipenuhi bangunan/apartemen dan tidak bocor dompetnya hehehe.

Anda yang berjiwa petualang, bawa kendaraan, bawa sepeda, wah betapa nikmatnya.

Overall, Pacitan wajib Anda kunjungi untuk list wisata di Indonesia kita ini.

Semua perjalanan saya terekam dengan baik oleh GPS, silakan didownload, dipelajari dan rancanglah perjalanan berikut Anda ke Pacitan.

.

Track GPS: http://sdrv.ms/VeTYpf

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

23 Responses to “Review Pacitan Jatim, Kota 1001 Goa & Surga Peselancar”

  1. wah keren banget .. blum pernah nih ke Pacitan, next destination kayanya ..

  2. Anonim Says:

    Goanya ga kalah ama yg punya China di Guilin,..cuma kurang lampu warna warninya

  3. jamboelz Says:

    minggu ini inshaAllah mau ke pacitan..makasih refrensinya gan :salaman

  4. anonymous Says:

    gan, ente naik mobil apa motor kesana-nya ?, sendiri apa ama temen gan

  5. mantugaul Says:

    anonymous: sendiri naik motor

  6. Mata Tour Says:

    wahhhhh…super sekali ternyata…

  7. Pin Says:

    Luar Biasa Om. Keep it up🙂

  8. Densiman Says:

    maaf oot bang mau tanya powerbank yang pas buat nokia N9 apa ya?

  9. waaahhh,tnyta agan jg prnah mampir d Pacitan ya? kapan2 klo mw maen k PAcitan PM gan. sy antar ke tempat wisata yg laen d pacitan. masih banyak pantai yg belum d review sama agan mantugaul. khusus untuk agan mantugaul,sy antar gratis kmna aja. klo mw maen futsal jg ada..hehehe..
    salam kenal dr owner ElBarca Futsal Pacitan

    #Futsal, Cafe, Free wifi

  10. mantugaul Says:

    elbarcapacitan: ini serius?

  11. serius gan,monggo aja kalo ga pcya….tapi biayanya ke pacitan agan tanggung sendiri….hehehe

  12. yus Says:

    Hello mas, sorry nih mau tny.
    Di pantai watu karung selain di istana ombak, ada penginapa yg laen ga ya?
    Ada temen org luar mau surfing di sana. Tp susah banget nyari penginapan di internet.
    mohon info nya donk😉
    Thanks ya..

  13. mantugaul Says:

    Yus: rumah penduduk

  14. kenraras13 Says:

    Lengkap, keren. Selamat datang di Pacitan kami…
    Terimakasih sudah berkunjung🙂

  15. Isla Says:

    Pak, caranya booking istanaombak eco resort gmn ya? Di internet tdk ada no tlp nya dan di email tidak dibls. Terima kasih🙂

  16. mantugaul Says:

    Isla: tampaknya memang harus kesana krn tempat itu eksklusif khusus bule saja.

  17. palupi Says:

    Agan punya nomor telepon Istana Ombak yang di Pacitan? Saya lihat kok untuk reserve aja harus ke Aussie dan harganya AUD$ sedangkan Info dari Agan ratenya RP. 600rb. Mohon share kalau punya nomernya. Terima kasih.

  18. mantugaul Says:

    palupi: ga punya

  19. mantugaul Says:

    all:
    pada juni 2015 saya kembali mengunjungi pacitan, kali ini saya berhasil mendapatkan nomor telepon untuk memesan resort istana ombak plus daftar harganya. silakan dibuka:
    cara pesan: https://mantugaul.files.wordpress.com/2012/12/istana-ombak1.jpg?w=700&h=881

    harga: https://mantugaul.files.wordpress.com/2012/12/istana-ombak11.jpg?w=700&h=949

    *ini bukan resort saya, jadi pesan memesan jangan lewat saya kecuali anda mau +20% dari list sebagai upah buat saya🙂

  20. Anonim Says:

    Min….adakah nomor penyewaan motor atau mobil disana?

  21. mantugaul Says:

    Anonymous : telp ke 108


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s