Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Wisata Cilacap, Kebumen & Baturaden, Scotlandia Van Java 26 Desember 2012


Mirip bangunan di film Zorro :)

Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga letaknya bersebelahan. Karena itu mantugaul bisa mengunjungi dengan jarak tempuh relatif berdekatan. Wisata apa saja di masing-masing kabupaten ini?

Kabupaten Cilacap Anda bisa mengunjungi Benteng Pendem dan di lokasi sama Anda bisa sewa perahu untuk menyeberang ke pulau Nusakambangan, letaknya dekat, kayak nyebrang sungai saja.

Kabupaten Kebumen, ada pantai dan goa. Pantai yang mirip Skotlandia namanya Pantai Menganti/Tanjung Karangbata, sementara Goa paling terkenal bernama Goa Jatijajar. Dan Benteng yang mirip bangunan Zorro🙂 di Kota Gombong. Goa Petruk yang letaknya tak jauh dari Jatijajar juga menyimpan keindahan dalam kegelapan, musti sewa petromax untuk masuk ke goa ini.

Kabupaten Banyumas/Purbalingga terkenal dengan wisata pegunungan Baturaden. Ada Goa Lawa, ada pancuran pitu/tujuh yang mengeluarkan air panas Gunung Slamet, bentuknya unik. Serta banyak hotel dan villa di kawasan Baturaden.

Scotlandia van Java hanya nama yang saya buat-buat hehehe, soalnya banyak yang suka memberi julukan aneh-aneh wisata di Pulau Jawa saya jadi latah ikut-ikutan. Seperti Baluran dijuluki Africa van Java. Ada Green Canyon dijuluki Grand Canyon van Java. Lalu Gunung Papandayan dijuluki Switzerland van Java. Memang kreatip hehehe

Nah mari kita lihat petanya:

1. Kab Cilacap, 2. Kab. Kebumen & 3. Kab. Banyumas

1. Kab Cilacap, 2. Kab. Kebumen & 3. Kab. Banyumas

Kota Cilacap

Kota Cilacap

Benteng Pendem Kota Cilacap

Benteng Pendem Kota Cilacap

Benteng Pendem peninggalan Belanda tahun 1861

Benteng Pendem peninggalan Belanda tahun 1861

Masuk ke terowongan Benteng Pendem, ada jalur rahasia ke dalam laut dibawahnya untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Sewa senter+guide Rp10.000

Masuk ke terowongan Benteng Pendem, ada jalur rahasia ke dalam laut dibawahnya untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Sewa senter+guide Rp10.000

Sewa perahu Rp40.000 di Pantai Teluk Penyu, diantar sampai ke P. Nusakambangan lalu ditinggal, dia balik ke pantai Teluk Penyu. Mau pulang telp bapak perahunya, kalau gak punya hape Anda akan bermalam disana :)

Sewa perahu Rp40.000 di Pantai Teluk Penyu, diantar sampai ke P. Nusakambangan lalu ditinggal, dia balik ke pantai Teluk Penyu. Mau pulang telp bapak perahunya, kalau gak punya hape Anda akan bermalam disana🙂

Mendekati Pulau Nusamkambangan

Mendekati Pulau Nusamkambangan

Nah sampai deh, bayar tiket masuk untuk menjelajah P. NK dengan jalan kaki di pos ini.

Nah sampai deh, bayar tiket masuk untuk menjelajah P. NK dengan jalan kaki di pos ini.

Ada benteng, goa, situs meriam & pantai di P. NK

Ada benteng, goa, situs meriam & pantai di P. NK

Goa Wirya Lodra Pulau NK

Goa Wirya Lodra Pulau NK

Pantai Pasir Putih Karang Bolong

Pantai Pasir Putih Karang Bolong

Benteng P. NK, lebih mirip gerbang daripada Benteng :)

Benteng P. NK, lebih mirip gerbang daripada Benteng🙂

Tampak dalam

Tampak dalam

Pantai Tanjung Karangpandan Pulau NK

Pantai Tanjung Karangpandan Pulau NK

Situs Meriam

Situs Meriam

Meninggalkan Cilacap, Menuju ke arah Timur ke Kab Kebumen, pemandangan jalan seperti ini di jalur Selatan

Meninggalkan Cilacap, Menuju ke arah Timur ke Kab Kebumen, pemandangan jalan seperti ini di jalur Selatan

Singgah di Pantai Widarapayung, punya karakteristik mirip Pantai Bantul Yogyakarta

Singgah di Pantai Widarapayung, punya karakteristik mirip Pantai Bantul Yogyakarta

Singgah Pantai Jetis

Singgah Pantai Jetis

Pantai Logending, Desa Ayah

Pantai Logending, Desa Ayah

Peta Wisata Kabupaten Kebumen

Peta Wisata Kabupaten Kebumen

Pantai Pedalen

Pantai Pedalen

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Mercusuar di Tj Karangboto

Mercusuar di Tj Karangboto

Pemandangan Tj. Karangboto

Pemandangan Tj. Karangboto

Tj. Karangboto

Tj. Karangboto

Tanjung karangbata

Tanjung karangbata

Tanjung Karangbata

Tanjung Karangbata, mirip Skotlandia🙂

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai Pasir

Pantai Pasir

Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong

Pantai Karang Bolong, Ada pantai di dalam karang berbolong

Pantai Karang Bolong, Ada pantai di dalam karang berbolong

Makanya namanya Pantai Karang Bolong

Makanya namanya Pantai Karang Bolong

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Goa Petruk

Goa Petruk

Berbekal Petromax+Guide Rp20.000, menjelajah Goa Petruk

Berbekal Petromax+Guide Rp20.000, menjelajah Goa Petruk

Goa Petruk

Goa Petruk

Goa Petruk

Goa Petruk

Air Terjun mini diluar Goa Petruk

Air Terjun mini diluar Goa Petruk

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Ada dinosaurus di Goa jatijajar

Ada dinosaurus di Goa jatijajar

Mulut Goa Jatijajar

Mulut Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Ambil air di sendang mawar goa jatijajar

Ambil air di sendang mawar goa jatijajar

Ada perempuan batu di Sendang Kantil Goa Jatijajar

Ada perempuan batu di Sendang Kantil Goa Jatijajar

Salah satu sudut di dalam Goa Jatijajar

Salah satu sudut di dalam Goa Jatijajar

Jangan lupa cicipi gethuk goreng di jalan keluar goa jatijajar

Jangan lupa cicipi gethuk goreng di jalan keluar goa jatijajar

Benteng Van Der Wijck Gombong

Benteng Van Der Wijck Gombong

Di dalam benteng vanderwijck

Di dalam benteng vanderwijck

Mirip bangunan di film Zorro :)

Mirip bangunan di film Zorro🙂

Naik kereta di atas Benteng Vanderwijck Rp5.000

Naik kereta di atas Benteng Vanderwijck Rp5.000

Benteng Vanderwijck dilihat dari lantai dua

Benteng Vanderwijck dilihat dari lantai dua

Peta Wisata Baturaden

Peta Wisata Baturaden

Pintu masuk Goa Lawa

Pintu masuk Goa Lawa

Pintu masuk Goa Lawa

Pintu masuk Goa Lawa

Goa Lawa

Goa Lawa

Goa Lawa

Goa Lawa

Lawa=Kelelawar, ini dia baru yg mirip lawa

Lawa=Kelelawar, ini dia baru yg mirip lawa

Batu yang mirip cetakan Keris

Batu yang mirip cetakan Keris

Goa Lawa

Goa Lawa

Goa Lawa

Goa Lawa

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu

Pancuran Tujuh

Pancuran Tujuh

Kesimpulan:

Wisata Jawa Tengah masih banyak, diatas ini baru segelintir. Tampaknya tahun 2013 ini akan makin seru karena Jawa Tengah tengah mempersiapkan promosi wisata visit Jateng 2013. Semua pada berlomba-lomba membuat tempat wisata andalan lebih menonjol.

Semua foto diatas sudah digeotag koordinat gpsnya, bila ingin lebih leluasa, Anda bisa mendownload track GPS dibawah ini.

Buat yang tinggal di Jawa Timur, boleh mempertimbangkan juga mengunjungi kabupaten Pacitan, gak kalah indahnya loh.

.

Track GPS Wisata Kab. Cilacap & Kab. Kebumen: http://sdrv.ms/Y9seo6

Track GPS Wisata Kab. Banyumas/Baturaden: http://sdrv.ms/Y9si7B

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

17 Responses to “Review Wisata Cilacap, Kebumen & Baturaden, Scotlandia Van Java”

  1. iwe Says:

    Mantap kali kokoh mantugaul nih, tracknya nanti aja downloadnya pas mau jalan hehehe

  2. Amir Sabri Says:

    Mantab Om.
    Fotonya bagus2.
    Ada yg sy jadikan wallpaper

  3. Anonim Says:

    mantab om! saya dulu 12 taun di cilacap malah belum mengunjungin tempat2 tersebut. thanks for share! Tj. Karangboto keren juga yaa

  4. Anonim Says:

    belum pernah kesana meski banyak tmen juga di cilacap… hi hi mantap objeknya om….

  5. andremagis Says:

    wow mangstab .. tempat main sy waktu sekola hehe .. harusnya sekalian niak dikit ke Sempor Om .. ada tebing kerennya & danau .. bisa coba nik perahu ke ujung .. ga jauh dari vanderwijk .. gile juga tuh benteng buat puter2 kereta ..

  6. mantugaul Says:

    andremagis: si oom bikin ane menyesal aja nih🙂 iya waktu itu hujan jadi ga sempat ke sempor padahal udah lihat papan petunjuknya yang besar itu

  7. winnymarch Says:

    alamakk keren dah,, lengkap lengkip lagi,,. bwt butuhbrp hari menjelajah kesemua tempat wisata itu?

  8. mantugaul Says:

    winnymarch: 3 hari

  9. winnymarch Says:

    ok pak mksh infonya

  10. Anonim Says:

    Oom Ptk mestinya pas di pantai mengganti naik ke mercusuar nya
    dari sana bagus sekali kita bisa liat cakrawala melengkung

  11. mantugaul Says:

    anonymous: emang bisa naik? kalau tahu bisa udah aku naik.

  12. Nea Says:

    KEREN

  13. Anonim Says:

    Wow cantik jg ya cilacap ku subhaballoh ternyata byk jg tpt wisata didaerah cilacap… inshaalloh akan berwisata dech.. (Y)(Y)(Y)

  14. haikal Says:

    aku suka fotonya,,pas banget posisi ambil gambarnya, jadi terkesan lagi ada di lokasi thankss…

  15. Anonim Says:

    Habis biaya berapa kesemua tempat itu ?

  16. mantugaul Says:

    Anonymous: 500rb


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s