Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Nokia Lumia 920, Ponsel WP8 Dengan Teknologi Inovatif 2 Januari 2013


Nokia akhir tahun ini mengeluarkan produk baru, Nokia Lumia 920, sekilas memang masih mirip dengan Lumia seri Windowsphone 7, namun setelah saya coba, ini dua produk berbeda.

Banyak hal baru didalam produk cantik ini. Dan tampaknya berhasil meyakinkan user untuk “Switch To Lumia” yang menjadi slogan kampanye Nokia agar pengguna ponsel  lainnya mau beralih ke WP8.

Awal Desember 2012, Nokia mencuri start dengan melakukan penjualan secara preorder, dengan diskon 1jt, tadinya Rp6.499.000 menjadi Rp5.499.000. Namun pengambilan baru bisa dilakukan pada akhir Desember 2012. Kuning ternyata sold out di tengah jalan.

Kuning adalah warna yang bikin saya jatuh hati. Jam tangan saya juga kuning kejingga2an hehehe.

Namun namanya teknologi tentu ada sisi positif dan negatif, user yang ingin mencoba Nokia Lumia 920 ini sebaiknya mengetahui apa yang bisa dan apa yang tak bisa dilakukan oleh Windowsphone 8 ini.

Mari kita lihat sisi positifnya dulu:

– Hardware yang paling uptodate, bahkan beberapa menjadi pertama di kelasnya.

– LTE. Sebuah teknologi yang disiapkan untuk menggantikan koneksi data 3G. LTE Lumia 920 cukup unik yaitu pentaband, artinya hampir bisa bekerja di seluruh muka bumi yang mempunyai jaringan data LTE.

– Layar LCD super sensitif, kebanyakan smartphone saat ini tidak bisa dipakai dengan sentuhan selain kulit manusia, namun Nokia Lumia 920 ini bisa disentuh dengan berbagai media. Misalnya sarung tangan, pengguna sepeda motor atau mereka yang tinggal di daerah dengan suhu temperatur rendah akan senang dengan teknologi ini karena Anda tidak perlu membuka sarung tangan hanya untuk menyentuh layar ponsel Anda. Selain sarung tangan, kunci, pensil, kuku, pen, kain bisa dipakai untuk menyentuh dan menggerakkan layar.

– OIS alias Optical Image Stabilisation, pernah merekam video penuh getaran? Nah OIS membantu Anda menstabilkan perekaman sehingga goncangan pada video bisa dikurangi.

– Layar IPS Lumia 920 memang istimewa, selain resolusi tinggi 1280×768 sebesar 4.5″ 16 juta warna, dengan tingkat kerapatan layar melebihi retina iPhone 332dpi, iPhone 326dpi. Layar ini juga pertama dikelasnya yang punya 60fps.

– Di dalam Lumia 920 ada sebuah teknologi baru namanya Wireless Charging yang bisa mengisi baterai Anda tanpa perlu mencolok kabel lagi. Tapi sayang aksesorisnya harus dibeli terpisah. Namun kedepannya, papan pengisi akan tersedia di tempat umum seperti cafe, hotel, airport dll.

– Bahan zirconium pada bagian kamera dan tombol power/volume, simbol kimianya Zr adalah sebuah bahan yang diklaim tahan gores dan tahan debu. Kalau metal bewarna keabu2an, zirconium ini kehitam2an. Sementara body hape didominasi bahan polycarbonate.

– Floating lens, yaitu lensa yang dipakai Lumia 920 dalam mengurangi guncangan pada kameranya. Coba lihat video ini: http://www.youtube.com/watch?v=W2fFQAH2D_k

– NFC, Near Field Communication. Semacam bluetooth tapi gak perlu pair dan bekerja instan, bisa diaplikasikan pada transfer data ataupun alat pembayaran seperti kartu Flazz BCA, cukup tempel saja.

– High power dual LED flash pada lampu kamera, ada 2 lampu berkekuatan tinggi pada kamera Anda, bisa dijadikan senter dan bisa dijadikan senjata untuk membuat pusing mata orang lain.

– Equalizer pada audio serta sertifikasi Dolby Audio, nonton film atau dengar musik dengan headphone bersertifikasi Dolby akan membuat telinga Anda serasa di Bioskop.

– Kemampuan mengupload foto dengan seketika, jika saja ponsel Anda kecurian lalu pencurinya ambil foto, Anda bisa melihat foto tersebut melalui komputer Windows 8 atau website Skydrive tapi tenang fitur ini bisa dimatikan jika Anda ingin menjaga privasi. Anda mendapatkan 7GB untuk user baru dan 25GB untuk user lama hotmail.

– Aplikasi dan icon/live tiles yang unik dan hidup, membuat ponsel Lumia 920 sangat berbeda dengan pesaing-pesaingnya. Beberapa aplikasi yang WP8 optimized lebih indah daripada versi di ponsel pintar lainnya. Misal Facebook dan Foursquare. Tapi soal indah memang selera masing-masing ya.

– Microsoft Tellme, adalah teknologi speech dari Microsoft, Anda tinggal tekan tombol windows lama2 dan bisa bilang: Open Music, maka aplikasi musik langsung kebuka. Bisa juga untuk bikin SMS/email pakai suara. Langsung jadi text. SMS masuk juga bisa dibacakan, lalu bisa Anda balas tanpa perlu mengetik keyboard/sentuh layar.

– Screenshot juga sudah bisa, WP7 belum bisa. Cukup tekan tombol windows dan power, layar akan berkedip sekali.

– Teknologi kamera Smart Shoot, bisa mengembalikan waktu, misal Anda foto dengan teman-teman tapi ada 1 teman berkedip, nah Anda tinggal mundurkan waktu saat dia tidak berkedip dan save, alhasil foto Anda seperti ada mesin waktunya.

– Peta Nokia yang lebih canggih, peta komplit seluruh dunia, peta satelit untuk lihat atap rumah, peta transportasi untuk lihat jalur kereta komuter, lihat macet secara realtime, juga Anda bisa melihat peta dalam ruangan terutama di Mal Jakarta misal Mal Taman Anggrek, Anda bisa tahu dimana kamar kecil, dimana ATM.

– Augmented reality, fitur peta pakai kamera, cukup arahkan kamera Anda di jalanan tiba2 layarnya keluar banyak POI yang diambil dari data navteq. Namanya Nokia City Lens. Lumayan membantu saat traveling.

– GPS hardware sudah support GPS Rusia yaitu Glonass. Juga ada kompas elektroniknya.

Lowlight camera, Anda bisa mengambil foto meski di ruangan yang lumayan gelap sekalipun tanpa kehilangan fokus obyek.

– Layar ponsel yang bisa dilihat dibawah sinar matahari karena mempunyai 600 lumens. 1 lumens setara dengan 1 cahaya api lilin.

– 1.5GHz dual-core Krait CPU, Adreno 225 GPU, Qualcomm MSM8960 chipset, 1GB of RAM lebih cepat jika dibandingkan Lumia WP7.5

– Sensor lengkap Built-in accelerometer, gyroscope & proximity sensor

– Storage 32GB bisa dijadikan media penyimpanan dan terbaca saat dicolok ke komputer. Kalau Anda lebih suka dengan aplikasi sinkronisasi gunakan WP app, download disini untuk Windows 7, untuk Mac dan untuk Windows 8 RT.

– Microsoft Office mirip sekali dengan versi komputer. Full editor di ponsel bisa dilakukan.

– Kamera penterjemah, dengan Bing Translator Anda bisa terjemahan bahasa lain pakai kamera, tinggal diarahkan ke obyek tulisan misal papan pengumuman di Cina, bisa langsung jadi bahasa Indonesia.

– Fasilitas seperti BB Groups namanya Rooms, bisa konek dengan pengguna iOS.

– Kids corner, anak Anda main hape Anda? Jangan kuatir, semua data dijamin aman. Teknologi Kids corner ini barusan mendapatkan Pogie Award sebagai teknologi cemerlang 2012.

– Keyboard bahasa Indonesia dengan prediksi, memudahkan ketak-ketik dengan cepat.

– Ease of access membantu pengguna ponsel yang mempunyai keterbatasan misalnya mata minus, nah Anda tinggal tap 2x pada layar menggunakan 2 jari maka layarnya akan membesar, sangat membantu kalau lupa bawa kacamata baca.

– HAAC Mic dua buah, buat yang suka rekam video terutama konser atau lagu, suaranya seperti di rekam di studio. Ini contohnya video yang direkam pakai Lumia 920.

– Bing Search with Bing Vision, pencarian informasi pakai keyboard, pakai suara, pakai kamera, juga bisa jadi scanner, untuk scan buku, jadi teks, dicopy atau diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Berlaku juga untuk scan cover buku, DVD, QRcode, barcode.

– Fitur Find My Phone, fasilitas untuk mencari ponsel hilang. Bisa dipakai untuk mengunci hape, membunyikan ringtone serta menghapus data.

– Jangan lupa baca spesifikasi dibagian bawah untuk lebih lengkapnya.

.

Sementara itu bagian negatif dari Nokia Lumia 920:

– Berat sekitar 185gram, Gnote2 saja yang lima inci 183 gram.

– Tidak ada micro sd dan tidak ada fm radio

– Tidak bisa dibongkar, untuk ganti baterai Anda harus ke service centernya

– Update portico belum keluar, versi portico atau PR1.1 (saat ini PR1.0) memperbaiki kamera dalam hal sharpness siang hari. Kemungkinan Januari 2013 baru tersedia. Manual update harus pakai Navifirm dan Nokia Care Suite.

– Memakai micro SIM, seperti iPhone 4, Anda yang belum terbiasa dengan smartphone harus memotong/mengganti SIMcard di kantor provider kartu Anda.

– Aplikasi belum sebanyak pesaingnya dan cenderung harganya lebih mahal

– Bila Anda pakai chatting, foto, email dan browsing cukup sering maka Anda harus charge 2x sehari. Namun jika tidak terlalu intense mustinya baterai bisa cukup untuk seharian.

– Layar LCD yang kekuning-kuningan saat dilihat dari samping.

– Tidak ada Google Apps selain Google Search

– Belum ada aplikasi pemutar video mkv+srt. Aplikasi VLC WP8 masih dalam pembuatan.

– Kamera depan tidak autofocus

– Zoom pada video hanya bisa dilakukan saat sebelum menekan tombol record, jika sudah record, video ga bisa dizoom in/out lagi.

.

Mari kita simak fotonya:

Kesimpulan:

Saya sebagai pengguna WP dari seri Lumia 800 merasakan banyak perbedaan. Kecepatan salah satunya. Misal buka whatsapp atau facebook sekarang terasa kecepatannya meningkat drastis. Beberapa UI juga berubah seperti di kamera dan video, lebih simple dan cepat. Pengaturan juga sangat banyak di WP8 artinya semakin banyak yang bisa dicustomized.

Strategi Nokia meluncurkan warna kuning dan merah patut diacungi jempol karena banyak gara-gara warna menarik ini orang jadi membelinya. Di pasaran kalau warna ponsel kebanyakan hanya 3 warna, putih, hitam dan abu-abu. Namun sayang stok yang sedikit banyak yang tidak kebagian, sold out dimana-mana (terutama warna kuning dan merah). Tahun 2012, Lumia 920 mendapatkan 12 penghargaan.

Pertengahan Januari 2013 kabarnya stok baru masuk lagi untuk warna kuning.

Meski pangsa pasar smartphone WP8 yang masih kecil sekitar 2-5% tampaknya tahun 2013 Nokia dengan WP8 bisa mendapatkan kembali pasarnya, namun tidak besar, saya rasa peningkatan belum capai 2 digit tapi andai jadi 8% itu berarti ada peningkatan 100%. Lumayan untuk ukuran sistem operasi baru.

Jadi switch to lumia atau tidak? Tergantung Anda, kalau Anda suka hal baru, teknologi baru, kemungkinan Lumia 920 cocok untuk Anda. Tapi kalau sudah nyaman di zona ponsel sekarang, kecil kemungkinan untuk switch. Awal-awal saya switch dari Android juga kurang nyaman tapi kini sudah ada 150.000 aplikasi, banyak aplikasi mulai tersedia misalnya whatsapp. So kalau Anda ingin coba mencicipi WP8, Nokia Lumia 920 pilihan yang sangat tepat. Bila Anda ingin bergabung dengan komunitas windowsphone, ada milis id-windowsphone yang beranggotakan sekitar 200an di yahoogroups.

.

Spesifikasi: http://www.nokia.com/id-id/produk/ponsel/lumia920/spesifikasi/

Belajar WP8 dengan video youtube: http://www.youtube.com/user/NokiaSupportVideos

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

59 Responses to “Review Nokia Lumia 920, Ponsel WP8 Dengan Teknologi Inovatif”

  1. @SiskaRestu Says:

    oke. demikian adalah review yang sangat panjang dan melelahkan. Tapi it is awesome to hold lumia on your hand. Terkadang orang memang lebih memilih melihat SS nya dibanding membaca spek yang tertulis. ‘menggambarkan’ bahasa itu memang membuat nyaman walau berpanjang panjang postnya (y)

  2. SENDYYeah Says:

    damn… awesome review… berhasil bikin sakit hati karena pengen beli sebiji tapi tabungan udah nanggung abis…

    pengen sih ikutan program trial, minta lumia 920, tapi cuma 2 minggu, pengennya sebulan😐

  3. hamdanpurview Says:

    mas lain kali review game hd dong untuk lumia 920 ini
    thanks mas brow

  4. Steve K Says:

    Seperti biasa nice review with tons of pictures. Good Job

  5. Hubby R Says:

    Kalo boleh tau, pake region apa ya supaya banyak aplikasinya? Saya pake indonesia, bahkan twitterpun ngga mau… Thx…

  6. mantugaul Says:

    hubby r: udah saya screenshotkan region saya kan oom?

  7. Hubby R Says:

    Wah, iya ternyata…. Sudah ada diatas… Sudah saya coba juga… Tapi aplikasi berbayarnya harus pake CC/paypal yg alamatnya di US juga ya? CC yg sebelumnya saya pakai jadi hilang… Saya create ulang, alamatnya ngga masuk… Mohon pencerahannya mas… 😋

  8. Anonim Says:

    review ajiib… jadi pengen ngumpulkan uang, sambil nunggu turun harga lumia 920, maybe june 2013, (ngarep mode: ON) xixixi..

  9. iwan Says:

    boleh tanya gan, bisakah wp7 tukar-tukar file via bluetooth misal lagu mp3, gambar atau film dan lainya? bisakah nada dering sms ataupun teleponnya kita tam,bahkan lagu dari pc atau hp lainnya? kalo tambah lagu sendiri via pc bisa? saya coba susah gak bisa2?

  10. mantugaul Says:

    hubby r: saya ga pny cc jd pakai ini aja: http://www.windowsphone.com/s?appid=890485c3-7c32-42e3-b906-61ea62caeaa3

    iwan: update ke wp7.8 donk

  11. martin Says:

    manteb nih reviewnya. aku pengguna L920 hitam, menurutku warna hitamnya cakep, coz gak glossy tp dof. wp8 emg msh baru so wajar kl msh bnyk kekurangan, sprti pdf reader yg gak bs baca semua jenis file pdf, trus kadang jg sempat breeze nih hp tp bs normal dgn sendirinya. trus karna gak ada memory card so kalo hbs donlod lagu cm bs diupload ke skydrive, itu jg hrs pake ucbrowser, kalo pake IE lagu ga bs didonlod (save) melainkan lgsg diputer. utk copy paste (drag n drop) dr PC bs lgsg kebaca, malah kalo file video otomatis diconvert (file yg dibaca mp4, wmv, avi, yg lain blm tau)…oh iya, bs tolong review must have apps utk L920, terutama yg support/berguna di indonesia??….thx

  12. hilmynur Says:

    Ijin Reblog ya pak…
    Makasih

  13. hilmynur Says:

    Reblogged this on Rumah Cokelat | Tulisanku and commented:
    Keren, Pengen!!!
    yang mau beli silahkan lihat reviewnya dari bang MantuGaul ini.

  14. roy Says:

    om syd, review lengkap petanya dong🙂

  15. hgt Says:

    Mas, makasih reviewnya…..
    Mantep abis…..

    Boleh Add friend di Xbox ga?
    Hehe

  16. heulang Says:

    Sayang review emailnya kurang detail🙂
    Saya penasaran pengen tahu kalo buka email yang html, hasilnya gimana? Apa seperti di android dan bb yang harus geser-geser ke kiri dan kanan atau seperti di iPhone yang di fit jadi 1 layar tanpa menghilangkan kenikmatan baca?

  17. heulang Says:

    Trims untuk referensinya, tapi dua kali bolak balik jalanin youtube, nggak lihat jalanin email.

  18. hgt Says:

    Sayangnya, Lumianya Mantugaul mau dijual……
    Hehe

  19. mantugaul Says:

    heulang: coba search aja

    hgt: BU kepengen review nokia lain🙂

  20. dulu sekali waktu bimbang apakah memilih ipod shufle 4 atau sony walkman., saya membaca review dari mantugaul. dan hasilnya saya jadi memilih ipod shufle. dan sekarang saya bimbang lagi apakah pilih nokia920 ataukah samsung galaxy note2. setelah klik di google eh ketemu mantugaul lagi. dan sepertinya, pilihan saya sudah bisa di tebak

  21. baday Says:

    apa sudah ada aplikasi utk blacklist no telp ga mas di marketnya?trus utk whatsapp apa udah ga delay lg pesan yg di terima..?pernah nyoba WM 7.5 di 710 krn ga ada aplikasi utk tolak nomor dan whatsapp an hrs buka aplikasi baru pesan masuk..selain itu ga bs kirim2 via Bluetooth akhirnya di jual..

  22. mantugaul Says:

    baday: http://feedproxy.google.com/~r/wmexperts/~3/xNX2MYLHq94/story01.htm
    whatsapp superfast di wp8
    wp7.8 sudah bisa bluetooth

  23. Daniel Says:

    Saya baru beli Lumia 920, permisi tanya, kenapa di layar bing saya, cuma ada Bing Vision ya?
    Saya lihat di youtube, ada lainnya seperti Bing Audio dan Aplikasi-aplikasi Bing lainnya, mohon bantuannya.. Terima kasih.

  24. Daniel Says:

    wah.. lgsg di balas, terima kasih ya.. , maaf saya tanya 1 lagi ya…
    kalau di ubah regionnya begitu, ada pengaruh ke lainnya gk ya? , seperti kalau saya mau beli aplikasi2 berbayar atau lokasi pada GPS (nokia drive, maps, dll). Terima kasih banyak sebelumnya.
    Blognya keren bgt, reviewnya juga ciaamikk…hehe

  25. mantugaul Says:

    Daniel: efeknya jd lebih lengkap & menyenangkan

  26. Asep Says:

    Mas, nokia music download unlimited belum bisa ya di Indonesia buat lumia?

  27. mantugaul Says:

    Asep: blm bisa

  28. Daniel Says:

    jadi tidak ada efek negatifnya ya? , oke.. terima kasih banyak ya.
    Blognya keren, yg bikin pun sangat ramah… saya jadi beli Lumia 920 juga karena lihat review anda ttg Lumia 920 di sini. Terima kasih banyak.

  29. heulang Says:

    Update aja, siapa tahu ada yang butuh juga. Email clientnya mirip iphone. Maksudnya email bisa ditampilkan dalam 1 layar, nggak perlu geser-geser kiri kanan meskipun email yang diterima adalah email HTML.

  30. Mc Says:

    Kira2 hp ini bakal cepet jatoh gk yaa harganya….
    Mw beli tp takut tar gk ad update2 lg gara2 d anggap os gagal

  31. mantugaul Says:

    Mc: temanku malah cuan

  32. Wibi Says:

    ada info nyari yg kuning dimana mas? bingung nih nyari yg kuning, kykny uda jatuh cinta ama yg kuning.. hehehehe..

  33. mantugaul Says:

    Einie: di toko hape

  34. Wibu Says:

    Mas mau tny doank, social media Path sudah masuk ke WP belom yah? Ane masi bimbang nih.. Hahahaha..

  35. Anas Says:

    Koh..gan…,request review smartphone² buat outdoor dong…

  36. Mantap Gadgetnya😀

  37. niko Says:

    gan kalo beli yang merah,dapet earphone merah juga g😀

  38. wong n'deso Says:

    reviewnya bagus,sangat lengkap
    tapi sayangnya tdk d komparasi/diadu dengan pesaingnya misalnya iphone

  39. wong n'deso Says:

    reviewnya bagus,sangat lengkap
    tapi sayangnya tdk d komparasi/diadu dengan pesaingnya misalnya iphone
    dan gambarnya kurang gd jika d lihat versi mobile

  40. mantugaul Says:

    wong n’deso: gak punya iphone

  41. Anonim Says:

    apakah lumia 920 bisa kirim photo video file dan mp3 soal nya saya punya lumia 800 g bisa ngirim via bluethoot dr hp ke hp melaikan melalui computer mohon balasan nya ?

  42. Anonim Says:

    kl bisa mohom kasih cara penjelsan nya🙂

  43. Anonim Says:

    kl bisa mohon kasih cara dan penjelasan nya makasih🙂

  44. Tonny Says:

    Info yg sangat berhagra…. Terima kasih

  45. farid Says:

    Mas MantuGaul, L920 masih membutuhkan Zune seperti L610 ?
    matur nuwun

  46. farid Says:

    koreksi : apakah L920 masih membutuhkan Zune seperti L610?

  47. Wong n'deso Says:

    Seandainya,semua hp/tablet yg sdh di review/punya untuk ditest kualitas audio,
    menurut mas mantugaul mana yg terbaik?
    Apakah htc dengan boom sound & beat audio nya atau lumia dengan dolby stereo?

  48. HNP Says:

    Mas beli casenya dimana ya? Kok sya susah bgt cari xase utk lumia 920. Mohon pencerahannya, thanks mas. 😊


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s