Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Kota Kinabalu Malaysia, Titik Tertinggi Borneo 16 Februari 2013


kk00170Kota Kinabalu, mendengar nama kota ini apalagi Anda bukan orang kalimantan mungkin Anda tidak bingung letaknya dimana, tapi mudah saja, lihat saja pulau Kalimantan yang besar itu dan perhatikan di bagian kepala burungnya, nah disitulah kira-kira letak Kota Kinabalu.

Ada apa disana?

Kota Kinabalu terletak di propinsi atau negara bahagian Sabah. Sabah terkenal dengan salah satu tempat di bumi yang mempunyai banyak taman nasional yang dilindungi. Dan yang paling terkenal adalah taman nasional kinabalu yamg letaknya sekitar 2 jam dari Kota Kinabalu karena disanalah terdapat Gunung Kinabalu (4095m) yaitu titik tertinggi di pulau Borneo/Kalimantan.

Anda mau mendakinya? Bisa saja, siapkan fisik dan booking ke pejabat setempat untuk jadwal pendakian, tanpa booking jauh-jauh dari (sebaiknya 6 bulan sebelumnya) Anda tak akan dapat izin untuk mendakinya.

Daerah Sabah sangat lengkap, ada pantai, pulau, danau, gunung, lembah, air terjun, sumber air panas dll. Namun jaraknya yang berjauhan membuat Anda harus punya banyak waktu untuk mejelajahinya. Kali ini mantugaul mengunjungi:

– Kota Kinabalu

– Tunku Abdul Rahman National Park (Wisata pulau, ada Pulau Sapi & Pulau Manukan dll)

– Kota Tuaran (Ada beberapa kelenteng unik dan rumah terbalik disini)

– Kinabalu Park (Tempat start pendakian Gunung Kinabalu)

– Desa Kundasang (Ada resort terkenal Mesilau plus golf course)

Penerbangan ke Kota Kinabalu lumayan banyak, Airasia salah satunya. Silakan memesan tiket sekarang🙂

.

Mari kita lihat petanya:

Peta Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

Peta Sabah

Peta Sabah

Peta Kota Kinabalu

Peta Kota Kinabalu

Kesimpulan:

Untuk hotel paling murah namanya Tune Hotel namun letaknya jauh, tidak disarankan nginap di sana karena Anda akan kesulitan menuju ke kota, letaknya diluar kota sekitar 7KM dari pusat kota di daerah bernama 1Borneo, sebuah kompleks mall raksasa yang ternyata sepi pengunjung dan parahnya untuk kembali ke kota, jalannya terhadang banyak traffic light sehingga Anda harus mengalami kemacetan di titik-titik ini. Sementara saya nginap di pusat kota di Hotel Best Western Daya Kinabalu, lumayan untuk ke daerah seperti Night Market hanya 5 menit jalan kaki, ke Suria Shopping Mall juga 5 menit, ke Chinatown jalan Gaya hanya cukup ke belakang hotel dan ke jetty hanya 15 menit jalan kaki.

Di Kota Kinabalu akses kemana-mana juga mudah karena adanya City Bus yang warna hijau kuning dengan hanya 50cent (Rp1.600) sudah dibawa keliling kota dengan tujuan Terminal Wawasan, terminal ini mempunyai banyak bus/travel yang menuju ke banyak tujuan di daerah Sabah. Juga dari atau ke airport Anda harus melalui terminal Wawasan ini.

Sementara untuk perjalanan ke pulau di Taman Nasional Tunku Abdul Rahman, Anda harus mengeluarkan minimal RM50 untuk tujuan 2 pulau, sudah termasuk sewa peralatan snorkeling. Makanan dan minuman tidak perlu bawa karena di pulau Sapi/Manukan terdapat food court dengan makanan bervariatif.

Untuk perjalanan ke Kinabalu Park, saran saya gunakan mobil sewaan saja, karena akses dengan bus/mobil travel sangat minim, bisa-bisa Anda telantar atau malah jatuhnya lebih mahal karena dipalak taxi disana untuk balik ke kota. Untuk penyewaan mobil rental bisa hubungi Kelvin, bisa call/sms/whatsapp Bos Kelvin di +60168300011 atau +60168300019. Harga sewa untuk mobil sejenis mobil kancil harganya RM100 belum termasuk RM18 untuk asuransi. Nanti mobil akan diantar ke hotel, pemakaian untuk 24 jam. Perjalanan membutuhkan bensin ternyata saya isi RM30 kebanyakan, PP masih sisa banyak, masih sempat saya ke Kota Tuaran yang ada Pagoda raksasa dan Kelenteng dengan 12 shio, Rumah terbalik saat menuju ke Kinabalu Park, Signal Hill Observatory dan Atkinson Tower Clock. Jadi manfaatkan saja🙂

.

Track GPS: http://sdrv.ms/W0cNOI

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

6 Responses to “Review Kota Kinabalu Malaysia, Titik Tertinggi Borneo”

  1. stwn Says:

    gan, kalau review2 jalan2 gini ada rincian biaya (dan total) di bawah lbh informatif sptnya, dari ongkos pesawat berangkat sampe pulang , ndak di pecah2 …

  2. Eko Budi Santoso Says:

    Terima kasih Om Mantugaul untuk postingan kota kinabalu. Jadi iri neh. Kapan Om jalan-jalan di Filipina?

  3. mantugaul Says:

    stwn: saya pakai airasiago.com PP dari kuching plus nginap 3 malam, total mendekati Rp2jt, silakan dicek karena makin jauh hari makin murah dan makin mahal jika makin dekat

    EBS: siap oom yg manila akhir tahun ya🙂

  4. Dwi Wahyudi Says:

    Inilah salah satu alasan kenapa Kota Kinabalu dianggap kota eksotis di Malaysia. Saya sendiri pernah berkunjung ke kota ini pada 2010 lalu, benar-benar sensasional.🙂

  5. mas Gaptek Says:

    Seperti biaya, foto2nya buanyaaakk.. mantap om.

  6. Fotonya banyak banget dan bagus-bagus. Ini foto hasil jepretan Sendiri Gan?

    Mantab.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s