Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Axioo Picopad 4 GDS X1, Android Yang Berani Memakai Komponen iPhone 28 Agustus 2013

Filed under: Ponsel — mantugaul @ 8:07 am
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

x1Ini adalah ponsel tercanggih pernah ada yang dikeluarkan Axioo sekaligus produk paling galau.

Kok galau?

Karena nama tipenya yang sangat banyak.

Sewaktu mau launching produk ini dikasih kode GDK. Ternyata GDK belakangan diberikan untuk produk smartphone Axioo lain yang masih single core. Lalu kemudian diberi kode produk GDS. GDS adalah kode SKU produk sementara nama pasarnya adalah Picopad 4. Tapi kemudian saat mulai dipasarkan, namanya bertambah jadi Axioo Picophone X1 atau X One. Tapi anehnya nama X1 tidak ditemukan dalam kemasan kotaknya.

Jadi sata uraikan nama super smartphone ini:

– GDK-GDS

– GDS

– Picopad 4

– Picophone X1

– X One

Nah banyak kan, makanya saya namakan super galau, tentukan nama saja bimbang🙂 Namun di review ini kita namakan saja GDS.

Namun terlepas dari nama/kode produk produk ini patut diperhitungkan karena spesifikasinya membuat pemakainya bisa ngomong “Axiooku juga ada”. Maksudnya?

Mari kita ambil contoh produk Samsung, teknologi layar Samsung Galaxy hi end dinamakan Super AMOLED, nah pemakai GDS bisa ngomong: “Axiooku juga ada layar Super AMOLED”

Kemudian resolusi layar yang supertinggi mendekati Retina Display iPhone dengan kerapatan 315ppi. Diatas 300 ppi sudah dapat disebut Retina Diplay. Lagi-lagi pemakai GDS bisa billang: “Axiooku juga retina Display”

Bagaimana dengan kamera? Ternyata kamera menggunakan modul mirip dengan punyanya iPhone yaitu BSI2 8 megapixel. Nah pemakai GDS bisa bangga bilang: “Axiooku juga ada teknologi kamera iPhone”

Lalu prosesor, prosesor sudah Quadcore dengan clock 1.2GHz, ini setara dengan ponsel jepang Sony Xperia C. “Axiooku juga ada prosesornya Xperia”.

Mantab kan?

Kelebihannya yang lain apa saja:

– Dual SIM (GSM-GSM) tapi ingat slot 1 3G, slot 2 2G only

– Ketebalan 8.6mm termasuk dalam hape tipis, sebagai perbandingan HTC One X saja 8.9mm

– GPU untuk olah grafik memakai PowerVR SGX 544MP

– RAM sudah 1GB

– Ada gyroscope, main game dan leveling jadi lebih baik

– OS sudah Jellybean 4.1.2

– Kualitas suara telepon jernih

– Speaker built in suaranya tidak cempreng kayak ponsel murahan

– Ada flipcase, termasuk dalam paket

– Rekaman video beresolusi 1280×1088 artinya udah 1080p. Dan saat perekaman autofocus kamera bekerja terus menerus sehingga video Anda tidak buram dari perpindahan obyek jauh ke obyek dekat

– Foto yang dihasilkan tergolong diatas rata-rata

–  Ada HDR mode di kamera, menggabungkan beberapa foto dengan kontras berbeda sehingga fotonya jadi terang

– Ada FM radio jadi bisa pantau harga cabai🙂

– File manager / explorer bisa dikonek ke wifi jadi ftp connection di Windows explorer PC

– Ada aplikasi One Clean, aplikasi yang bisa memindahkan game dan aplikasi terinstal pindah ke SD card secara batch

– Baterai 2100 mAh awet loh, pemakaian berat masih bisa 1 hari, pemakaian biasa bisa dua hari

– Cara root mudah sekali, ikuti link ini

– Pasang TWRP/CWM ikuti link ini

– Memperbesar internal storage, tidak perlu ikuti link ini karena GDS terakhir beredar malah sudah jadi 2.77GB internal, sebelumnya 1GB saja

– Buat yang doyan gonta ganti ROM dengan custom ROM ikuti link ini

.

Sementara sisi minusnya:

– Harga hampir 3jt

– SIM card tidak hotswap

– Pasang Memory card, ponsel perlu restart agar terbaca

– Foto siang cenderung overexposure

– Baterai tidak bisa dicabut

– Kamera menonjol keluar sehingga sering terpegang tangan dan menimbulkan bekas sidik jari

.

Penampkan foto-foto Axioo Picopad 4 GDS/X1:

Kesimpulan:

Setidaknya ada keberanian ditunjukkan oleh produk lokal Axioo Indonesia, dahulu dikenal dengan barang murah dengan komponen rata-rata, kali ini Axioo punya juga produk dengan komponen kelas dunia. Seperti tertulis di kotaknya: Retina Display, BSI2 camera, Quadcore dan SuperAmoled adalah fitur yang bisa membuat user bisa berkata “Axiooku juga ada”🙂

Belum lagi ketambahan DualSIM dan software yang stabil tampaknya menjadi nilai tambah karena produk branded dengan kemampuan DualSIM harganya bisa 9.9jt dengan kurs saat ini. Nah tampaknya Axioo GDS ini masih terjangkau untuk Anda yang ingin menikmati komponen hi-end.

Ingat pula layanan purna jual Axioo yang ada dimana-mana. So, Android terbaru dengan komponen kelas atas namun harga terjangkau, Axioo Picopad GDS X1 bisa dijadikan pilihan.

.

Spesifikasi:

http://axiooworld.com/region/index.php?act=product&goto=detil&id=MID&type=Picophone%20X%20one&country=axiooid

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

65 Responses to “Review Axioo Picopad 4 GDS X1, Android Yang Berani Memakai Komponen iPhone”

  1. Sempet ditawarin ini sebelum akhirnya ambil GFI. Speknya lebih update & condong sbg penerus Axioo Vigo. Sayang, layarnya masih 4″.

  2. mantugaul Says:

    wishnutriwibowo: siapa bilang 4″ hehehe

  3. nick Says:

    Simcardnya masih simcard biasa atau sudah micro simcard gan? *tertarik* Berapa harganya gan?

  4. 4,65″ … podo wae lah. wkwkwkwk….

  5. mantugaul Says:

    nick: mini sim

  6. dadot Says:

    setuju dengan sisi minus paling awal:mrgreen:

  7. K1n Says:

    seandainya harganya di kisaran 2,5 jt pasti ok banget, karena cuma GDS X1 yg menggunakan layar super amoled..

  8. Jaja Says:

    Om, itu sepeda apaan? Kok rantainya bentuknya kyk gitu

  9. Arie Says:

    Baterainya gak bisa dicopot, klo androidnya nge-hang gmn tuh ? (biasa klo hang tinggal cabut-pasang baterai)

  10. mantugaul Says:

    arie: blm pernah hang tuh padahal aplikasi berat2 dah diinstal. tekan power aja lama2…

  11. Arie Says:

    @mantugaul. Apa ada tombol khusus di dekat baterai seperti di Xperia SP untuk power off paksa ?

  12. mantugaul Says:

    arie: blm pernah lihat xperia sp

  13. indra Says:

    Sudah supports usb on the go apa belum?

  14. bisa upgrade ke JB 4.2 ga Boz?

  15. klo menurut agan sendiri, pilih mana lenovo p770 vs axioo picopad 4 gds?

  16. mantugaul Says:

    elbarcapacitan: belum bisa

  17. mantugaul Says:

    elbarcapacitan: hari gini sebaiknya hindari android dualcore

  18. Kris Says:

    Gan,

    Kualitas dari sinyal WiFinya sendiri bagaimana ? Kuat atau tidak ?

    Trus kalau dipakai lama apakah cepat panas ?

  19. mantugaul Says:

    kris: kuat. ngga panas

  20. Kris Says:

    Tks Gan…..

    Layarnya kalau di bawah sinar matahari masih jelas kelihatan ndak ? Worth it ndak sich gan beli si axioo ini ?

  21. mantugaul Says:

    kris: saya aja ngiler

  22. Anda lupa menyebutkan salah satu fitur terpentingnya pak, ada LED notifikasi di atas layar, di sebelah kiri speaker.

  23. kacer Says:

    buat upgrade dari liquid E2 percuma nggak ya?
    sama-sama quadcore with power VR sgx544 sih…

  24. mantugaul Says:

    kacer: blm pernah lihat liquid

  25. Hartono Says:

    Di surabaya kalo mau liat n beli unit dimana ya bos? Ada info jgga? Thanks before

  26. mantugaul Says:

    hartono: di itc

  27. wisnu Says:

    lampu flashnya terang gk gan?
    masalah service center gmana ya?

  28. Anonim Says:

    Kok klo pake app buat kamera (ex : camera 360) di dalam ruangan kok gelap banget..?? padahal merk lain ga.. ap emg ga support?
    Tapi klo pake app bawaan jernih.

  29. mantugaul Says:

    anonymous: tunggu updatenya

  30. K1n Says:

    untuk phone axioo garansi nya berapa tahun om?

  31. pandu Says:

    sy beli pico phone 4, tp dus-nya kok picopod 5 ya ? dan tombol powernya di atas. jd hp tipe apa dong yg sy beli..?

  32. Bayu Says:

    Ada harga ada kualitas, itulah slogan yang selalu dimunculkan baik oleh Pihak Penjual ataupun produsen dari berbagai produk secara umum.

    Tulisan saya ini hanya bersifat menceritakan pengalaman pribadi saya dalam memilih produk Tablet yang saat ini sudah menjadi salah satu gadget yang umum, baik dikalangan pelajar, professional maupun ibu rumah tangga, dalam hal ini, pengalaman pribadi saya menceritakan pemilihan Picopad salah satu produk keluaran Axioo (Ibu saya menginginkan tablet tersebut) sebagai anak tentu saja saya segera berusaha untuk memenuhi-nya.

    Walhasil tanggal 1 November 2013, saya ke Bandung Electronic Center untuk berkunjung di Axioo Land, dan membeli produk Picopad 7 (3G). Saya tidak meliat budgetnya, yang boleh dikatakan cukup murah untuk Tablet 7 inch dengan performa Dual Core dan GPU yang sudah terselip. Saya membeli 1 Tablet PicoPad 7 (GGG3) warna putih dengan SN GGG3201308008508 harganya 1,3 jt dengan bonus SD Card 4 Giga dan 1 Tablet Case. Pihak Penjual di Toko Axioo Land sudah menawarkan untuk memasangkan SIM Card, tetapi saya tidak membawa sim card, akhirnya saya berinisiatif untuk memasang sendiri. Sebelum memasang saya bertanya, cara membuka lokasi sim card, dan ada instruksi digeser saja. Barang saya bawa pulang, dan di rumah saya coba untuk membuka lokasi sim.

    Saat saya berusaha untuk membuka lokasi SIM Card, yang katanya digeser, wajar saja saya menggenggam dan menggeser tempat pembukaan sim card. Terasa macet, saya menambah tenaga saya sedikit untuk berusaha membuka, tetapi genggaman saya menyebabkan retak pada kaca Touchscreen, dengan panjang 4-5cm.

    BNOB, Untuk Ibu, dan instruksi yang salah serta daya tahan kaca touchscreen yang hanya dengan mengguunakan genggaman sedikit kencang sudah Retak? (pikiran yang selalu terngiang saat kejadian tersebut).

    Akhirnya saya teringat perkataan sales dan teknisi axioo land bahwa apabila terjadi kerusakan bawa saja ke axioo land karena ada garansi toko 1 hari. Kejadian tersebut berselang hanya 3 jam sejak saya membeli pad tersebut.

    Saya datang ke Axioo dan menceritakan kejadiannya, teknisi saat itu yang menerima cukup baik dan cukup mengerti kondisi saya dan berusaha membantu (Terima Kasih Mas. T) dan mohon tunggu 3-4 hari supaya mendapat konfirmasi dari Bos.

    3-4 Hari berjelang, akhirnya saya bertemu dengan Bos Penjual di Axioo Land, Mas T, tampaknya tidak ada (lagi libur mungkin), menurut Bos Axioo Land, tidak bisa di garansikan dan di klaim, karena kesalahan user. Dengan berat hati saya mencoba berkonsultasi dan menerima ketidaklayakan sisi fisik dari Pico Pad yang saya beli. Saya pun ditawari untuk melakukan servis di toko tersebut dengan ongkos 500 Ribu. Saya pikir, dan tuntutan hadiah buat Ibu, saya membeli 1 PicoPad kembali di toko yang sama (Tanpa Diskon, Tanpa Potongan Harga dan Tanpa Bonus Apapun).

    Akhirnya saya bawa Pico Pad saya yang rusak ke Axioo Service Center Bandung, di Segitiga Mas dekat Kosambi. Awal nya saya diberitahu bawah penggantian Kaca tersebut hanya perlu 1 jam dengan Ongkos 200 rb. Saya disuruh menunggu, saya cukup senang dengan keterangan dari CS Axioo. Setelah saya menunggu 1 jam, ternyata saya diberi tahu bahwa Kaca Touchscreen tidak tersedia dan harus Indent 2 minggu. Dengan Berat Hari saya menerima, karena saya sebagai konsumen mau marah-marah banting meja pun tidak akan merubah SOP dan Perilaku dari seluruh bauran pemasaran dan After sales service Axioo. Akhirnya saya menerima.

    Untuk Picopad satu lagi yang baru saya beli setelah picopad yang pertama retak, saya memberikan kepada Ibu saya, dan saat dicoba, saya puas dengan kecepatan dan responnya untuk tablet dengan kelas 1,3jt. Tetapi ternyata kekecewaan saya tidak berakhir, saat browsing terkadang selalu tidak respon dan tertutup secara otomatis, Gallery video dan gambar juga selalu menutup otomatis, terkadang Blank Screen dan tidak respon, lalu terpaksa “dicolok” untuk reset, dan restart.

    Astaga…. Saya terngiang dengan slogan diatas “Ada Harga, Ada Kualitas”, saya sangat kecewa dengan produk Axioo, dan juga aftersales service yang tidak memberikan informasi yang baik.

    Inikah pemenang Superbrand 2012 Customer Choice? Saya menyangsikan…

    Saya pun mencari di beberapa forum website yang mengulas tentang produk Pad Axioo dan Aftersales servicenya, ternyata saya tidak sendiri, banyak konsumen yang memiliki pengalaman yang sama dengan saya dan mudah ditemukan di website T*knoup ataupun Ka*kus…

  33. […] Sumber: https://mantugaul.wordpress.com/2013/08/28/review-axioo-picopad-4-gds-x1-android-yang-berani-memakai-… […]

  34. Anonim Says:

    baterai tidak bisa dilepas,
    kalo baterai nya soak karena pemakaian gimana gantinya?

  35. mantugaul Says:

    anonymous: tinggal ke itc

  36. Anonim Says:

    screen shotnya gmana?

  37. mantugaul Says:

    anonymous: power + voldown

  38. Anonim Says:

    picopad 4 gdk jg sama ya om gx bisa d lepas batre’y.??
    boros bnget atu om 1200mAh

  39. mantugaul Says:

    anonymous: still better than other competitor though

  40. Anonim Says:

    jd bingung mau picopad 4 atau picopad 3

  41. anto_sunsettowner Says:

    Salam,
    Dual SIM-nya Mini-Mini ato Mini-Micro, yang Slot 1 (3G/HSDPA) yang Micro ato mini SIM Om?
    Trimakasih

  42. mantugaul Says:

    anto_sunsettowner: mini mini

  43. ari Says:

    Bro mantugaul, ada pertanyaan seputar gadget ini;
    1. apa betul ada LED notifikasi?
    2. gimana dengan delay kamera?

  44. mantugaul Says:

    ari: pakai rom mantab donk

  45. Anonim Says:

    bisa auto on-off ketika flipcase ditutup-buka?

  46. mantugaul Says:

    Anonymous: gak

  47. jafar fajar Says:

    tidak ada led nitifikasi , led merah itu adalah sensor proximity. kamera cukup responsif, cuma memang jadi gelap ketika memakai app wifi camera remote, kalau pemakaian normal tidak masalah.

  48. samuel Says:

    mau tanya saya punya axioo x one tapi kalo pakai aplikasi yg berbau kamera contok camera 360 n skype selalu gelap n tdk terang seperti kamera bawaannya.
    itu kenapa ya apa tdk cicik ???
    trimakash🙂

  49. mantugaul Says:

    samuel: ganti rom

  50. Dede Ardy Says:

    aku jga pke itu…bru 3 masalh aq dapet yaitu..bingung kok aplikasinya dah aq pindah smua ke memory sd..tpi masih baxk isi nya di built memory…masih setengah…trus ga da restartx..adax cma silent ma shutdown…n iklan” di aplikasinya masih terus muncul padahal aq dah psang air push detector…..penganturan gogglex jga udah smua tpi masih ja da iklannya…klw yg lain aq dah puas bgt…samsung??? out deh….

  51. sigit nur Says:

    axioo gds mantap hlo sepek tinggi pelayanan itc good

  52. Anonim Says:

    saya baru beli dapat 6 bulan spikernya mati jdi gkbisa buat telpun,,.. sayang sekale
    da saran gk om, posisi ane ada d lumajang jatim

  53. Dhedy Undoko Says:

    kalo axioo picopad 4 hape masih nyala tapi tochscreen g bisa kenapa ya,.?
    apa TCnya rusak ya bos.?

  54. mantugaul Says:

    Dhedy undoko: hrs ke sc

  55. Alea Says:

    selain namanya yang galau, ternyata speknya juga galau. gabungan dari berbagai tipe hp hahhaa

  56. lehung Says:

    kenapa kok gak bsa suport ke pc

  57. mantugaul Says:

    Lehung: krn kabel rusak?

  58. yogi Says:

    touchscreen axioo ini ada ga gan syah pecah ingin gnti udh nyri kemna mna ga ada.. penting tolong bles gan terimakasih..

  59. mantugaul Says:

    yogi: di itc


Tinggalkan Balasan

