Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Ponsel WP8 Nokia Lumia 625, Smartphone 4G Termurah di Dunia 4 November 2013


625Ah, ngapain beli ponsel 4G alias LTE, gak ada juga di Indonesia. Iya sih, LTE sementara di Indonesia baru tahap ujicoba, itupun ujicobanya di Bali beberapa waktu lalu saat ada acara kenegaraan.

Lalu ngapain beli ponsel 4G?

Karena teknologi sudah tiba, saat ini perangkat 4G bukan hanya ada di Lumia, tapi iPhone, iPad, Galaxy seri mahal rata-rata juga sudah 4G, nah sementara Anda membayar barang mahal tapi belum bisa dipakai mending beli Lumia barang murah juga belum bisa dipakai hehehe…tapi LTE sudah disiapkan untuk menggantikan teknologi 3.5G atau HSDPA, jadi perangkat Anda sudah siap nantinya jika LTE sudah hadir.

Murah? Seberapa murah?

Dibawah 3jt. Ponsel 4G lainnya berkisar 6jtan keatas.

Wow, good deal nih. Apa hanya 4G saja keunggulannya?

Nggak dong, nah supaya Anda bisa memahami cara kerja Windowsphone 8 maka Anda wajib membaca/melihat 3 link berikut sebelum membaca review Nokia Lumia 625 dibawah ini:

– http://www.youtube.com/watch?v=SQZEkXCE_fY

– Review Nokia Lumia 920, Ponsel WP8 Dengan Teknologi Inovatif

– Review Nokia Lumia 620, Ayo Maksimalkan WP8 Anda

Kenapa harus baca 3 link diatas? Karena fitur, dan tips rahasia keunggulan WP8 ada di 3 link ditas.

Berhubung saya sudah lama memakai Nokia Lumia 620, maka review kali ini akan banyak membandingkan Nokia Lumia 625 dengan 620.

Lalu apa saja yang saya suka dari Nokia Lumia 625 ini?

– Body, bodynya sangat solid mengingatkan pada Lumia 920 yang lebih mahal. Kalau di Lumia 620 masih ada bagian yang rasanya tidak bisa tertutup rapat, maka 625 sudah didesain jauh lebih solid, bahkan Anda yang memegang ponsel ini akan mengira ponsel ini tidak bisa buka tutup baterai, padahal bisa! Tim desain kali ini perlu dikasih jempol karena desain yang solid.

– Harga gak wajar, maksudnya, saat Lumia 625 launching di Amrik, harganya dipatok lebih mahal USD40 daripada seri Lumia 720. Dimana saat ini Lumia 720 adalah Rp3.3jt, maka seharusnya Lumia 625 dihargai Rp3.7jt, namun ternyata tidak begitu di Indonesia. Tampaknya ada subsidi dari Nokia Asia untuk pasar Indonesia. Hitung-hitung ada subsidi Rp900rb. So, dengan subsidi ini membuat Lumia 625 menjadi produk value dari lini Lumia saat ini.

– Layar besar. Jika Lumia 620 hanya berlayar 3.8″ maka Lumia 625 dikasih layar 4.7″. Trend layar besar memang sedang panas-panasnya.

– Layar dengan tepi melengkung, layar tipe ini mengingatkan saya pada Lumia 800. Layar hitamnya seolah-olah timbul di udara. Kontras dengan Lumia 620 yang layarnya flat begitu saja.

– Layar sudah Gorilla Glass 2

– Prosesor lebih kencang 20%. Lumia 620 hanya 1GHz.

– Baterai lebih mantap 2000mAh, lebih besar 60%, Lumia 620 hanya 1250mAh.

– Polycarbonate yang dipakai adalah polycarbonate model baru (semi transparent polycarbonate), Warnanya tampak berbeda dan bisa dilawan dengan ponsel polycarbonate lainnya seperti 5C.

– Layar dengan teknologi SST (Super Senitive Touch), pengendara motor pasti suka karena kagak perlu lepaskan sarung tangan saat mengoperasikan Lumia 625. Sementara buat Artis akan tergila-gila sama Lumia 625 karena bisa dipakai buat menggambar dengan pensil 2B! Menarik kan.

– Layar dengan teknologi HBM dan SRE. Apaan tuh? High Brightness Mode (HBM) and Sunlight Readability Enhancement (SRE) yaitu bisa dipakai dibawah sinar matahari.

– Lumia color profile, seperti pada TV di rumah Anda, Lumia bisa diatur saturasi warna, kecerahan, hingga kehangatan warna. Tampaknya fitur yang sulit ditemui pada smartphone low end.

– Cangkang/Shell warna-warni yang bisa digonta ganti. Biar tetap berjiwa anak muda🙂

– Dari sananya sudah OS terbaru yaitu Lumia Amber. Dan awal 2014 siap diupdate ke OS Lumia Black.

– Buat yang suka musik, Nokia memberikan musik gratis yang bisa didownload gratis sebanyak 18.000.000 lagu dan jika masih kurang ada FM radio buat pantau harga cabe🙂

– Dan tidak lupa 3 hal andalan Lumia adalah: Office, Kamera yang mengagumkan dan Peta GPS Here seluruh dunia.

– Bisa dijadikan senter karena ada lampu flash dibelakang.

– Sudah Dolby Stereo, dan ada Equalizer untuk suara musik tambah seru

– Ada call dan SMS blocker tinggl tahan nomor telepon langsung nomor ponsel diblok

– 10 titik sentuh pada layar

– Bisa diinstal OS terbaru WP8 GDR3 tapi langkahnya rumit, rahasianya akan dibeberkan dibawah.

.

Kelihatannya sempurna? Nggak, ada kelemahan yang akan dikupas secara terang-terangan disini agar Anda tidak kecewa di belakang:

– Layar tampak keputihan di bagian bawah, terlihat saat booting/latar hitam

– 201 ppi (800×480 pada layar 4.7″), sementara Lumia 620 245 ppi (800×480 pada layar 3.8″)

– Tidak ada kompas, Lumia 620 ada kompas, untungnya ada accelerometer untuk main game.

– Nokia Lumia 620 dapat free Navigasi seluruh dunia dengan Here Drive +, sementara Lumia 625 hanya diberikan Here Drive tanpa plus artinya petanya sih seluruh dunia tapi untuk navigasi turn by turn with voice guidance hanya berlaku di Indonesia. Untuk mengaktifkan full fitur Here Drive biayanya USD19.99. Tapi apa gunanya blog mantugaul kalau tidak membantu Anda menjadikan dari Here Drive biasa ke Here Drive+ tanpa biaya! Wow, ikuti langkah dibawah.

– Tidak bisa diinstal Nokia Camera, Nokia Camera hanya bisa untuk Nokia Lumia 1020 yang harganya 10jt. Tapi lagi-lagi rahasia harus dibagi-bagi, silakan ikuti tips dibawah.

– Belum bisa BBM, tapi sudah ada rumor sih disini.

– Suara speaker kalah ama Lumia 620 yang terkenal keras itu.

– 159 gram membuat beratnya bertambah padahal Lumia 620 hanya 127gram

– Glance tidak berfungsi. Harus tunggu Lumia Black.

– Gak ada NFC

– Baterai nggak bisa dicabut

– Lampu softkey tidak menyala/berlampu

– 4G blm nongol di setting karena perlu update firmware dan sampai saat ini belum disediakan Nokia. Lumia 920 yang juga built in 4G juga butuh 1 tahun untuk bisa keluar 4G sesudah update firmware GDR2.

.

Mari kita lihat foto-fotonya:

Tips Nokia Lumia 625 ala mantugaul:

Windowsphone 8 alias WP8 ternyata bukan hanya enak dipakai, kalau Anda doyan oprek, hape ini pun banyak asyiknya untuk dioprek dengan menggunakan rahasia-rahasia yang tidak akan Anda temukan di buku panduan. Nah berikut beberapa tips menarik yang membuat Nokia Lumia 625 semakin enjoy dipakai.

.

1. Office Cloud yang auto update di PC dan di ponsel.

Microsoft office buat kalangan kantoran masih menjadi andalan untuk laporan, report maupun surat. Nah keunggulan WP8 adalah office yang terintegrasi dengan komputer. Syaratnya mudah, cukup gunakan Windows 8.1 dan Anda sudah siap menggunakan Office cloud. Caranya juga super mudah, cukup kopikan file office Anda (docs, xlsx, pptx) ke FOLDER SKYDRIVE di Windows Explorer PC. Lalu buka Office di Lumia, pilih skydrive dan file Anda akan muncul disana.

Selain itu, jika file Anda ingin di-share dengan berupa link, cukup instal Skydrive for WP8, nanti file Anda bisa dishare dalam bentuk link pendek seperti ini: http://sdrv.ms/1iBKxwy

Setelah ketik dokumen, simpan saja di folder SKYDRIVE, contoh disini saya simpan di folder PUBLIK

Setelah ketik dokumen, simpan saja di folder SKYDRIVE, contoh disini saya simpan di folder PUBLIK

Kemudian, buka office di lumia, pilih skydrive

Kemudian, buka office di lumia, pilih skydrive

Masuk ke folder tempat Anda taruh file Anda

Masuk ke folder tempat Anda taruh file Anda

File terbuka dengan baik, mantap kan?

File terbuka dengan baik, mantap kan?

2. Corat-coret pakai pensil 2B

Karena layar SST (Super Senitive Touch) Nokia Lumia 625, maka layar besarnya jadi seperti kanvas. Anda butuhkan aplikasi buatan Microsoft, seperti Microsoft Paint namanya Microsoft Fresh Paint atau aplikasi InNote.

Gunakan pensil 2B, tulis di atas layar Lumia tidak akan merusak layar karena sudah ada antigore Gorilla glass 2

Gunakan pensil 2B, tulis di atas layar Lumia tidak akan merusak layar karena sudah ada antigore Gorilla glass 2

Fresh Paint

Fresh Paint

In Note

In Note

3. Mendapatkan update GDR3.

GDR3 adalah update yang akan diberikan Microsoft pada tahun 2014, namun Anda yang tak sabar ingin mencicipinya maka silakan ikuti langkah dibawah, agak sulit karena Anda harus membuat akun developer dan membuat aplikasi kecil. Saat ini Nokia Lumia 625 sudah dibekali OS GDR2 dengan nama beken Lumia Amber. Sementara GDR3 akan diberi nama Lumia Black.

Sebelum Anda update mungkin Anda ingin tahu bedanya apa dengan GDR2, untuk itu buka halaman resmi Microsoft disini untuk rincian bedanya dan fitur baru GDR3. Dan jika Anda tertarik dan ingin mencoba perubahan ini maka yang Anda harus lakukan adalah:

1. Bikin akun App Studio dan bikin aplikasi sederhana misalnya Foto Flickr Anda jadi app. Buka: http://apps.windowsstore.com

2. Setelah buat aplikasi instalkan di Lumia Anda.

3. Setelah aplikasi buatan Anda berhasil diinstalkan di Lumia, Anda sudah 1/2 jalan.

4. Sekarang instal aplikasi ini: Preview for Developers.

5. Setelah berhasil instal, jalankan aplikasi di atas dan jalankan saja.

6. Setelah itu masuk ke Phone update dan biarkan ponsel Anda update OTA.

7. Setelah reboot, ponsel Anda akan menjadi GDR3 beta dan tetap GDR3 beta meskipun di hard reset.

Perbandingan dengan Nokia Lumia 620

Tandanya sudah GDR3 adalah ada tanda close app jika tahan back lama2

4. Menginstal aplikasi Here Drive + / Nokia Camera secara gratis

Aplikasi GPS yang diberikan Nokia pada Lumia adalah Here Drive. Itu versi belum full. Bayar USD19.99 untuk menjadi Here Drive+. Gak rela keluar USD19.99? Gunakan trik proxy.

1. Masuk ke wifi Anda, lalu tekan wifi Anda, ada logo aktifkan proxy, nah geser ke kanan untuk On kan.

2. Masukkan Server/URL: 103.13.29.118 lalu port: 8888

3. OK, tekan home.

4. Buka aplikasi Sysapp Pusher, dan pilih Here Drive+, aplikai sysapp harus diinstal sebelum langkah pertama

5. Nah Here Drive + akan muncul INSTALL dan SHARE, pada posisi ini, jangan tekan apa2 dulu, sekarang tekan tombol back lama2 untuk masuk ke menu Wifi lagi.

6. Sekarang matikan proxy, dan tekan back lama2 lagi untuk masuk ke posisi HereDive+ tadi, baru klik instal, biarkan sampai selesai.

7. Lakukan hal sama jika Anda ingin menginstal Nokia Camera. Sebaiknya lakukan satu-satu jangan banyak2 sekaligus.

8. Jika sudah selesai instalasi Here Drive + maupun Nokia Camera, Anda bisa menghapus HereDrive dan Nokia Smartcam karena sudah tidak diperlukan lagi.

9. Jika proses diatas gagal, coba ubah region ponsel Anda ke United States.

Anda tidak bisa instal Nokia Camera sebelum aktifkan proxy

Anda tidak bisa instal Nokia Camera sebelum aktifkan proxy

Masuk ke menu wifi

Masuk ke menu wifi

Masukkan proxy nya

Masukkan proxy nya

Sysapp

Buka sysapp Pusher dan instal aplikasi yang diinginkan

Setelah proxy aktif dan muncul Install, matikan proxy baru klik install

Setelah proxy aktif dan muncul Install, matikan proxy baru klik install

Language

Ubah Region ke US

Jika cara diatas masih gagal, gunakan cara yang diberikan oleh rekan saya Oom Nurfirman…

1. Instal dahulu aplikasi Sysapp

2. Setting proxy di wifi setting ke 103.13.29.118 port 8888 (Dan pastikan Cellular GSM dalam posisi Off)

3. Setting date time set manual pilih pacific time (US & Canada)

4. Setting region dan language ke US

5. Matiin location (Gps) di Setting

6. Buka sysapp dan pilih aplikasi yang ingin diinstal

7. Setelah ada tombol Install atau Update di storenya jangan di klik

8. Kembali ke setting wifi

9. Proxynya di off

10. Pastikan anda bisa internet coba aja buka bing search

11. Trus kembali lagi ke store yg tadi

12. Baru klik Install atau Update. Tunggu sampai selesai jangan utak atik hape.

13. Jika sudah sukses silakan kembalikan setting Anda seperti Date&Time dll ke posisi semula

5. Memanfaatkan Live Tiles

Live Tiles adalah fitur yang membedakan WP8 dengan ponsel lain. Informasi sekejab muncul dihalaman muka ponsel Anda. 3 aplikasi yang memanfaatkan Live Tiles yang saya sarankan adalah:

1. Bing News: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/bing-news/9c3e8cad-6702-4842-8f61-b8b33cc9caf1

2. 1st4Fans Manchester United: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/1st4fans-manchester-united-edition/ce84b47a-9b9d-4206-ac5f-9dc03d081e5e

3. Jika Anda tidak fans sama Manutd, cari tim lainnya di Store dengan kata kunci: ranyart

4. Bloomberg: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/bloomberg/eee5916b-60bf-47cb-80bf-d7b7dff524ba

Tekan lama-lama pada aplikasi dan pilih pin to start

Tekan lama-lama pada aplikasi dan pilih pin to start

Live tiles berubah2

Bing News dan 1st 4 Fans Manutd

Live tile bisa diatur besarannya

Bloomberg jika ingin lihat kurs / saham / berita keuangan

6. 2 Whatsapp 1 Hape

Instal aja 2 Whatsapp berikut maka akan muncul 2 Whatsapp dalam aplikasi Anda:

Whatsapp resmi: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/whatsapp/218a0ebb-1585-4c7e-a9ec-054cf4569a79

Whatsapp beta: http://www.windowsphone.com/s?appid=6e5405fa-e5cc-4a6c-8e54-3932ab7075c3

2 Whatsapp 1 Ponsel

2 Whatsapp 1 Ponsel

7. Call Blocker

Ini mudah, masuk aja ke Recent Calls atau Menu SMS, tahan nomor yang ingin Anda blok dan pilih block number.

Bisa Block SMS

Block SMS/Call

8. Instal peta di Memory card

Lumia 625 hanya mempunyai 8GB internal, aplikasi tidak bisa instal di memory card. Untungnya peta bisa instal di memory card. Sebelumnya Anda harus menghapus peta jika terlanjur instal di internal.

Aplikasi yang dibutuhkan adalah: Lumia Storage Check Beta. Download disini: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/lumia-storage-check-beta/c2adc981-83c2-4f19-8161-67149e44214c

Lumia Storage Check Beta

Lumia Storage Check Beta

.

Kesimpulan:

Nokia Lumia 625 memang ponsel yang tergolong value, Anda dapatkan begitu banyak fitur namun harganya masih terjangkau. Baterai 2000mAh membuat perbedaan besar, jika Nokia Lumia 620 bisa bertemu charger 2x sehari, Lumia 625 cukup untuk beraktivitas seharian, jadi tidak perlu bawa powerbank lagi.

Selain baterai, layar menjadi kelebihannya, begitu besar dan aktivitas nonton maupun browsing lebih menyenangkan. Juga ketahanan Gorilla Glass bikin Anda bisa menghindari pemakaian screen protector.

Musik gratis tak terbatas juga layak dipertimbangkan, hanya cukup bawa ponsel dan tak perlu repot-repot kopi-kopi lagu lagi.

Terlepas dari masalah layar yang belum CBD (Clear Back Display) melainkan IPS yang penyinaran tidak semerata CBD, tapi harga yang ditawarkan tampaknya ini ponsel mid-end tervalue yang bisa Anda temukan di pasarkan yang sudah siap dengan jaringan LTE nantinya. 625 diluncurrkan untuk Anda yang membutuhkan layar besar namun harganya “kecil”🙂

.

Tes video Nokia Lumia 625:

http://www.youtube.com/watch?v=8y4M2ToHAg4

Perbandingan dengan Olympus EPL1:

http://www.youtube.com/watch?v=s-W3esZlTG0

.

Spesifikasi:

http://www.nokia.com/id-id/handphone/hp/lumia625/spesifikasi/

 

158 Responses to “Review Ponsel WP8 Nokia Lumia 625, Smartphone 4G Termurah di Dunia”

  1. Adi Says:

    Bro .. revisi aja untuk video, sepertinya hanya support 720p deh. soalnya di lumia 625 ane begitu.🙂

  2. mantugaul Says:

    Adi: kasih petisi yuk🙂

    Kamera video utama
    Resolusi video kamera: 1080p (Full HD, 1.920 x 1.080)
    Laju bingkai video kamera: 30 fps
    Perbesaran video kamera: 4 x
    Laju bingkai pemutaran video: 30 fps
    Kodek pemutaran video: VC-1, Video Windows, H.264/AVC, H.263, MPEG-4
    Format file pemutaran video: MP4, WMV, AVI, 3GP, 3G2, M4V, MOV
    Format perekaman video: MP4/H.264
    Modus imbangan putih video: Berawan, Lampu Neon, Berpijar, Otomatis, Siang

  3. Adi Says:

    boleh juga tuh🙂

    Btw salut banget sama Deep Full Review & tips2 nya Bro. Manfaat banget nih.

  4. hoho… add to cart….

    *tapi masih trauma dengan barang “murah”..😥

  5. RBS Says:

    Jadi beneran belum Full HD?

  6. mantugaul Says:

    rbs: begitulah

  7. kelana112 Says:

    Hia, ada rencana lepas 625-nya ? kalau ada bilang2 wa ya. kali aja dapat diskon 50%.🙂 keep on your good & deep review.

  8. kelana112 Says:

    Hia, ada rencana lepas 625-nya ? kalau ada bilang2 wa ya. kali aja dapat diskon 50%. he2.🙂

    tanya jg: apakah warna backcovernya hanya 1 macam dalam dusnya? jadi saat beli Lumia 625 kita harus cek dulu apa warna backcovernya ya? krn kl sampai wa yg cowok dapat backcover warna pink!! kan bisa rusak ‘imageku’ sg cowok ‘normal’. hiks..

    terus install 2 WA dlm 1 hp u apa ya Hia?

    btw, keep on your good & deep review.

    terima kasih. thank you. kamsia. xie xie. arigato. danke. merci.🙂

  9. gaptek Says:

    apakah bisa menjalankan file film jenis mkv. Klo bs apa nama aplikasi nya ?

  10. mantugaul Says:

    gaptek: wondershare

  11. Istanamurah Says:

    Wuihh ini nih yang dicari-cari, awalnya ane ngidam sama lumia 920 gan eh ga taunya ada juga serian yang 520 dan ini juga ada lumia 625 yang tak kalah dari segi fiturnya. jadi pengen genggam segera nih lumia.😀

  12. aven Says:

    apa mau update GDR3 dulu baru bisa download here drive + sama nokia camera ?? info please

    thanks

  13. aven Says:

    Tq broooo info nya

    1 pertanyaan lagi bro
    Nokia camera sama nokia pro cam itu sama aja ya ?
    Apa beda app nya ???

    Thank

  14. mantugaul Says:

    aven: nokia camera = nokia procam + nokia smartcam jd satu

  15. aven Says:

    Thank ya sudah respon

    Satu lagi boleh ya

    Klo dari hp L625 , mau nntn film2 barat tp ada teksnya di mana ya , kamu ada link nya gk ? Download mauoun stream juga gpp , asal ada teksnya , barat n Indonesia

    Terima kasih sebelumnya

  16. aka Says:

    bro,lumia 625 ni ada here city lens g?
    untuk pixelnya gmn ya,terlihat perbedaan g sama lumia 620?

  17. aka Says:

    bro,lumia 625 ni ada here city lens g?
    untuk pixelnya gmn ya,terlihat perbedaan yg mencolok g sama lumia 620?

  18. mantugaul Says:

    aka: kan gak ada kompas

  19. aka Says:

    o iya,kagak ada kompas..
    salah satu minusnya layar agak keputihan dbagian bawah,itu nampak banget g?
    rencana mau angkut lumia, tp msh bingung antara 620 & 625
    bs kasih saran donk

  20. mantugaul Says:

    aka: ini 620 saya mau jual 1.899.000

  21. handoko Says:

    bro mantugaul, liat di screenshot ada contact abraham abdisa, temen kuliahnya ya?

  22. mantugaul Says:

    handoko: teman amway bos

  23. Yusuf Sutanto Says:

    Oom Syd……
    Yg masuk indo knp lbh murah? Karena downspec di processor.
    Versi indonesia itu Lumia 625H dengan chipset qualcomm MSM8227 1GHz. Sedangkan versi international menggunakan MSM8930 1.2GHz. Itu sebabnya maks video resolution di Lumia 625H cuma sampai 720p.

  24. monchos Says:

    om, tips no 4 berlaku tidak untuk 620

  25. monchos Says:

    tentu apa nih om?

  26. mantugaul Says:

    monchos: tentu berlaku

  27. monchos Says:

    ok om mantugaul, makasih..

  28. Anonim Says:

    awwww lengkap n mantabbb bener reviewnya bos!!
    jadi manteb ambil si nulkia lumia ini
    many thanks yak🙂

  29. Anonim Says:

    Salam kenal pak admin. Barusan meminang 625 setelah baca2 review dr blog ini. Saya ingin tanya, kalo untuk transfer lagu, video..bgmana caranya ya? Info dr browsing2, pake Zune. Tapi instalasi zune di laptop saya gagal. Laptop kantor soalnya, jadi gk bisa instal2 sembarangan. Mohon info nya pak, thanks

  30. dadan Says:

    Oom, aplilkasi line di lumia 625 bisa jalan dengan lancar gak ?

  31. GTraceur Says:

    tanks bgt infona om sumpah keren tp w ragu buat nglakuinnya pst 100% berhasil ga???
    kalo seandainya gagal apa kerugiannya om???

  32. mantugaul Says:

    gtraceur: kalau saya sih blm pernah gagal

  33. GTraceur Says:

    om saya mw download Whatsapp yg dari beta ko ga bisa yah???
    ada tulisan “aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat anda”tolong pencerahannya om

  34. mantugaul Says:

    gtraceur: anda terlambat

  35. Made Cupu Says:

    Hallo Gan slamt sore, mau tanya ni NOKIA LUMIA yang tipe apa yang battery nya bisa di lepas pasang…. makasih.

  36. mantugaul Says:

    Anonymous: utk transfer lagu copy paste pakai windows explorer

  37. hamdanmanchunian Says:

    GGMU om

  38. rio Says:

    Saya pengguna Lumia 620, aplikasi diatas bisa didownload semua lho. saya bukan pake wifi, kebayang kan kebanyakan user susah dapetin wifi, apalagi gratis, hehe. Saya pake telkomsel. Triknya, buat akses point baru, user & pass kosongin aja. proxy 117.135.139.179, port 8888, simpan.
    Masuk ke bursa, pilih Nokia collection. pilih deh aplikasi, misal nokia camera, nanti pilih pasang. biasanya, didownloadnya susah. makanya, masuk lagi ke akses point, ganti dengan AP Telkomsel biasa. Trus masuk lagi ke Download Nokia Camera tadi. nah, baru bisa didownload & install.
    emang ribet sih, gak tau knapa nokia ngasih cara nya kaya gitu,🙂.
    btw, keren reviewnya om. makasih

  39. farid Says:

    Salam kenal Om Admin.
    Antara 620 dan 625, overall bagus mana?
    Trims

  40. mantugaul Says:

    farid: butuh layar besar atau kecil?

  41. farid Says:

    Om Admin, apakah setelah update GDR3 dan lainnya, bahasa Indonesia masih bisa digunakan?
    Trims.

  42. mantugaul Says:

    farid: tentu bisa

  43. junito Says:

    pak aku baru beli nokia 625 tapi mau foto n buat vidio ngak bisa soalnya memory full pdhal aku udah isi memory card 16 GB dan di pngaturan pnyimpangan di cartu SD ttap tidak bisa gimana caranya. dan interntnya pun mau off nga bisa mohon jawabanya.thnx

  44. mantugaul Says:

    junito: memory card corrupt tuh

  45. sur Says:

    om, kalo soal imei gimana? Soalnya l520 saya gak ketemu di numberingplans.com padahal belinya resmi.

  46. pulsa murah Says:

    pengen tu beli tapi ko sayang baru uji coba

  47. ojan Says:

    sory OOT ……… lumnia 1320 masuk indonesia kapan ya gaaan..

    barangkali tau😀

  48. agus Says:

    gan master mau nanya neh. saya baca2 di internet untuk transfer lagu di WP begini :

    pertama :
    Download Windows Explorer (disebut File Explorer dalam beberapa versi Windows). Kemudian instal ke PC. Software ini biasanya akan meminta Anda untuk menginstal .Net framework.

    kedua :
    Setelah semuanya terinstal dengan baik di PC, tahap berikutnya koneksikan ponsel Windows Phone 8 Anda ke PC menggunakan kabel data USB. Secara otomatis, akan muncul tampilan Windows Phone Explorer di layar PC.

    itu ulasan yg pertama nginstal k PCnya pakek apa gan, apa pakek kabel USB juga apa gmn ? soalnya ulasan yg kedua nginstal lagi pakek kabel USB.

    dan satu lagi : apakah kirim MP3 atau vidio bisa lewat bluetooth di WINDOWS PHONE 8?

    mohon infonya . gan master mantu gaul. thx

  49. mantugaul Says:

    agus: saya pakai card reader, nyaman dan cepat

  50. dimas cooL Says:

    hari ini ga masuk gawe buat ngerjain tugas. udah pusing ngejar tugas tambah lagi ngebet mau beli hp baru. temen awal kasih saran ios ( rian ). ada lagi yg laen saran nexus 5 ( harvi ). mastiin lagi ke rian ” udah windows phone aja, ms office bisa, jadi kalo kirim2an data gampang”. akhirnya jalan sama bokap jam 3 sore ini, ciledug – lebak bulus – pondok indah – gandaria. baru pulang jam 9 malem. galau mau beli hp yang mana. temen baru dapet selasa 920 dg harga 4juta. liat 925 lebih mantep lagi. tapi bokap nyaranin yang 625. sedeng lah. tapi teetep nanggung menurut gue spek nya, tapi setelah di pikir2 dg budget 2.5 jt udah bisa dapet 625 dari harga 2.799jt. di bbrp outlet berani kasih promo harga sampe dg 12 januari ini dg ready stock cash back 300rb. 920 yang punya temen dia dapet selasa dg harga 4jt. bikin galau aje nih orang. tapi hanya segelintir outlet yang masih nyimpen stok untuk 920 dg harga 4jt. rata2 masih 5jtan. tambah dikit dapet deh 925. pusing bukan maen pas ngeliat 925 dg harga berani kasih harga 5.5jt. spek lebih mantep lagi. 6 jam pusing galau mau pilih yang mana 625 920 925 ? bokap nyuruh 625 aje, tp gue tetep bertahan dg 925 nya atau 920 yg harga 4 jt. maklum perhitungin saldo di tabungan buat rumah sama istri impian. akhirnya ga jadi beli hp sm sekali hari ini. dan skrg gue baca postingan nya BOS MANTUGAUL. itu ngebuat keyakinan gue thd 625 bertambah untuk segera gue beli. awalnya gue buta dg WP. tapi berkat lu BOS, rasanya 625 juga udah pas dg segala aspek kehidupan gue. gue harap kalo 625 udah gue pegang, lu selalu share. tararengkyu BOS MANTUGAUL. ( dimasacm@yahoo.com )

  51. Haris Budiman Says:

    Misi bro mantu, 625 ane koq ga ada call blocker ya? recent calls atau di thread sms kalo tekan lama nomer ga muncul pilihan block number..
    Tapi sesuai petunjuk bro mantu 625 ane udah bisa close app kalo tekan lama tombol back..

    Sebelumnya makasi banyak atas tips2 and ulasan bang mantu yang ‘super sekali’..

  52. Haris Budiman Says:

    Okeh,
    Satu lagi ni mas bro mantu..
    App penunjang seperti
    Preview for developers
    Sysapp pusher
    Lumia storage
    Kalo saya uninstall ngaruh ga sama OS GDR3 black termasuk app yg udah terpasang di hape saya..
    Thnx..

  53. mantugaul Says:

    haris budiman: gak

  54. sur Says:

    mau nanya om. Kalo fitur amber yang gak ada di l625 sama l620 apa aja ya? Saya bingung antara l625 sama l620. Mohon bantuannya..

  55. taufik Says:

    Om, mau tanya nih gmn sih cara’y install aplikasi di lumia 625 spy msk kw memori card bkn ke internal memori? Atau mmg ga bs diinstal di kartu memori? Mksh utk pencerahan’y ..

  56. mantugaul Says:

    taufik: harus ganti lumia yg internal 32gb

  57. Anonim Says:

    punya saya belum support 4g, berarti lumia 625 ku abal abal ya

  58. mantugaul Says:

    anonymous: sama donk kayak 920 juga gak ada, setelah update jd nongol

  59. Haris Budiman Says:

    Om mantu,
    Anonymous,
    Sory ikutan nimbrung,
    Emang kalo mau ngecek 625 kita support 4G atau nggak caranya gimana?
    Saya pake indosat m3..

  60. mantugaul Says:

    Haris Budiman: di setting

  61. Haris Budiman Says:

    Iya punya saya juga cuma ada 2G & 3G..
    Fyuuuu…

  62. Anonim Says:

    trus cara updatenya gmn biar ada 4G nya..aku pke xl..apa tergantung dari selulernya? cara mengganti batrtai lumia 625 gmn? apa harus ke nokia care atw kontet resmi nokia? tlong jelaskan gan? mksih

  63. mantugaul Says:

    Anonymous: tinggal ke nokia care

  64. Anonim Says:

    trus cara update biar 4G di lumia 625 saya gmn? saya kurang puas dengan kekurangan support 4G,kn di spesifikasinya tertera 4G

  65. mantugaul Says:

    anonymous: sering2 phone update

  66. Anonim Says:

    bro… bner kata sikomentar diatas,saya juga btu sadar punya sya juga format video kuslitas tinggi hanya 720p doank.. dh itu cuma suport 2G 3G doank… tlong donk jelasin knp bs bgtu dan apa bisa diupdate biar bisa sprti di review aslinya… jd nyesel juga nih ..tlong ya ksih saran biar g nyesel nantinya

  67. Anonim Says:

    saya pngin pnjelasan dr mantugaul,klo di nokia ya sudah jelas pasti reviewnya benar

  68. mantugaul Says:

    anonymous: saya sudah jual tuh hape

  69. Anonim Says:

    gw jg pngen jual… nyesel gw beli

  70. Jamal Says:

    Bagaimana dgn RAM yg hanya 512mb Pak? Apa tidak nge-lag gitu?

  71. mantugaul Says:

    Jamal: jgn disamakan dgn lagdroid

  72. Pradika Says:

    Master, cara update Lumia 620 ke Lumia Black gimana?
    udah coba dari setting tp pesannya masih sma : “Your phone is up to date”

  73. Pradika Says:

    waduh masih BETA ya…
    Update Lumia Black buat versi Lumia 620 memang masih tertunda… -_-
    kalo download dari region lain bisa ga master?
    Region Denmark sudah bisa menikmati update baru ini, buat Lumia 620…

    makasih🙂

  74. mantugaul Says:

    Pradika: beta ini sudah 90% aku juga pakai

  75. Pradika Says:

    masih bisa diupdate ke versi yang Official?

  76. mantugaul Says:

    Pradika: bisa donk

  77. Ryan Says:

    mas untuk kerapatan pixelnya bagaimana ya ??? keliatan banget ga kotak* pixelnya soalnya tuh layarnya gede kan tapi pixel densitynya kecil banget….

  78. mantugaul Says:

    ryan: yg ppi tinggi seri 1520

  79. wae haris Says:

    Bang mantu di foto2 screenshot diatas ada aplikasi Glance, koq bisa ya?
    Di 625 saya ga mau karena device ga support.
    625 saya udah ugrade GDR3 (black) padahal,
    Biar bisa gimana ya bang?

  80. wae haris Says:

    !Glance feature is not available in this device

    Udah diinstal, tapi pas dibuka malah dapet jawaban begitu bang 😂

  81. mantugaul Says:

    wae haris: coba pakai trik proxy no.4 disini: http://bit.ly/trikproxy

  82. wae haris Says:

    Nyerah ah bang..
    Ga bisa..
    iseng searching di google lumia 520 & 625 gak support Glance Screen (Glance Background)

    Lumia 625 bang mantu canggih berarti bisa glance background..

  83. mantugaul Says:

    wae haris: saya gak pakai 625

  84. wae haris Says:

    Nah lo..
    Bararti screenshoot diatas bukan bang mantu yang ambil pake 625 trus upload ke page ini bang?
    Lah trus itu hape apa bang?

  85. mantugaul Says:

    wae haris: 625 yg udah dijual

  86. Anonim Says:

    jyaaaah,,,,,,,…….gw baca serius banget, , kok endingnya kya gene….
    mantugaul ,,,,kya benyamin s

  87. Abu Hanna Says:

    Pak, untuk here map itu offline atau online ya? Updatenya setahun berap kali ya?

  88. mantugaul Says:

    abu hanna: 3-4x

  89. bontang Says:

    mohon penceerahan gan…: kira2 nokia lumia perlu gak memakai antivirus, kalau perlu antivirus apa yang cocok?trimakasih gan sebelumnya?

  90. bontang Says:

    mohon penceerahan gan…: kira2 nokia lumia 625 perlu gak memakai antivirus, kalau perlu antivirus apa yang cocok?trimakasih gan sebelumnya?

  91. bontang Says:

    mohon pencerahan gan, nokia lumia 625 memerlukan antivirus?kalau perlu, antivirus apa yang cocok gan?, maturnuwun…

  92. mantugaul Says:

    bontang: gak perlu

  93. azay Says:

    mau tanya gan, sinyal lumia 625 ane kenapa aneh ya, dibanding dengan samsung galaxy core yang ane pake sebelumnya sinyalnya selalu H, ini di lumia kenapa 3G ya gan, apa ada yang sala atau apa? ane pake kartu indosat.

  94. mantugaul Says:

    azay: kesalahan ada di provider yg tidak peduli ama pelanggan

  95. Ay Dzie Says:

    bingung lumia 625 apa samsung galaxy core yah…

  96. mantugaul Says:

    Ay Dzie: pilih yang nggak lag

  97. azay Says:

    mau tanya lagi gan, untuk attach file office di email WP gimana ya, soalnya yang bisa di attach koq hanya file di album aja? mohon informasinya ya, thanks

  98. mantugaul Says:

    azay: pakai office

  99. Leo boy Says:

    Video call lumia 625 cuma bisa paka Skype aja ya? & cara menghidupkan flash light gmn ya?

  100. Leo boy Says:

    Bro, stelah saya buka link di atas, penjelasannya msih sulit di mengerti..
    Kalo cara dari bro admin sndiri gmana?

  101. sukri Says:

    om mantu yang gaul. ko saya ga bisa menemukan setingan wifi untuk ip statis

  102. mantugaul Says:

    sukri: di setting

  103. Agus Says:

    sudah ga bisa lagi mas download heredrive + nya.,

  104. Agus Says:

    can’t wait …, wp 8.1 hehheeee maksi yaa infonya mas.,

  105. Anonim Says:

    Gan mau tanya nih, yg agan review itu L625 versi 4G atau L 625H ver 3G? Cos yg masuk indo 625H downspecnya dari seri 625 biasa gan. Mhon penjelasannya. Thanks.

  106. mantugaul Says:

    Anonymous: cara bedakan?

  107. nanya mas, aplikasi2 WP yg berbayar.. kayak insider pro, gimana caranya biar bisa diinstal gratis ya? hehe, makasih mas mantu.🙂

  108. mantugaul Says:

    Ucoxmuthahari: pakai cc ortu

  109. papae Says:

    untuk kamera, disbanding dg Lumia 520 apakah jauh lebih bagus ?
    bagaimana kalau dicompare dengan Lumia 630 ?

  110. mantugaul Says:

    Papae: blm pernah lihat 520 / 630

  111. padma Says:

    agan sekarang pake hp/smartphone apa? jadi penasaran untuk pilihannya yang sekarang. hahaha

  112. tony Says:

    Mas mau tanya nih, kok tiba2 625 saya ga mau auto rotate lagi kalo brosing n liat foto…gak mau landscape lagi?!!!! Sy sdh bbrp x restart tetep sama… Tolong mas 😓😓😓😓

  113. mantugaul Says:

    Tony: setting rotation lock

  114. tony Says:

    Mas, di setting ga ad opsi rotation…lumia 625 masi program yg awal mas…blum di upgrade ke black. Apa itu pengaruh mas?!

  115. mantugaul Says:

    Tony: skrg udah cyan

  116. Ninis Says:

    wow super keren bisa ngesketch pake pensil 2b! gak rusak tuh nanti layarnya yaa?

  117. mantugaul Says:

    Ninis: gorilla glass kan

  118. mas mantu, lumia 625 yg mas mantu tes itu beneran bisa 4G ga? pesannya darimana? saya penasaran banget nih, karena di situsnya, nokia indonesia bilang 625 support 4G, tp di twitter (https://twitter.com/NokiaIndonesia/status/491464337165266944) dibilang ga support. mohon tanggapannya mas mantu, terima kasih.

  119. mantugaul Says:

    Ucoxmuthahari : dari web nokia uk

  120. Masykur Says:

    SAYA PAKAI LUMIA 625 MAU TANYA BISA DI CUSTOM ANDROID GA?

  121. mantugaul Says:

    Masykur: salah beli harusnya nokia x

  122. adi Says:

    om emang keputihan di bawah ga bahaya?, atau nanti bisa jadi besar ga putihnya?

  123. mantugaul Says:

    adi: gpp itu tipikal lcd

  124. chandra Says:

    Klo buka unlock jaringan kemana ya?..lokasi sy di ciledug, tangerang. N biayanya sampai berapa mas? Mksh

  125. Romi Says:

    Om, bisa bantu kasih solusi ngga’?
    Saya pake Lumia 625.
    G tau tiba-tiba kenapa, touchscreen saya g mau difungsiin.
    Dan saya belum back-up contact dll. Dan juga hp saya ada pin untuk masuknya. Jadi pas mau konek ke pc, tetep aja g bs back-up..

    Udh dibawa muter2 ke nokia center dan sejenisnya, solusinya ganti touchscreen..

    Nah, untuk saat ini saya cuman butuh kontak yang ada di Lumia 625..
    Bisa bantu solusi ngga’ om?

    Dan juga, Lumia saya g konek ke windows live. Jadi sulit tarik kontaknya..

    Mohon pencerahannya master….

  126. mas mantu kenapa nokia lumia 720 saya tidak ada tampilan ip static ya di setingan wifinya?mohon pencerahanya

  127. mantugaul Says:

    Deni setiawan putra: tunggu aja update windows 10

  128. mas mau tanya..saya pakai lumia 625.. kok setiap hari pasti ubdate trus ya secara otomatis.. trus semua data di memori eksternal pasti pada hilang.. minta solusinya??

  129. mantugaul Says:

    Asqo: matikan auto update

  130. Anette Says:

    wow. harga dibawah 3 juta dan di atas 2 juta masih termasuk murah yah… bagi saya kok masih mahal haha

  131. Onitnelav Says:

    Bro,harga charger ori nya,brapaan ya ? Bokul nya dmn ? Makasi,Bro…

  132. mantugaul Says:

    Onitnelav : di ncc

  133. Anonim Says:

    Gimana ya dapat beli battery 625 dan gimana cara gantinya,.. mohon info dong, dwibali@live.com

  134. mantugaul Says:

    Anonymous : di Roxy bos banyak

  135. radisto Says:

    misi bang mantugaul mau tnya. nokia lumia 625 saya kok 3G?? kalo mau di update biar jadi 4G bisa gak?? klo bisa .. boleh minta share tutorialnya?

  136. mantugaul Says:

    Radisto : harus ke ncc


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s