Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Seputar HTC One Dual, Bisa GSM- GSM, Bisa CDMA-GSM 24 November 2013

Filed under: Ponsel — mantugaul @ 11:30 am
Tags: , , , , , ,

HTC-SpecsArtikel dibawah ini ditulis oleh Oom Gabriel. Diambil dari milis Gadtorade

HTC One Dual ini menarik karena ada 2 slot SIM card dimana:

Slot 1: Bisa GSM/HSPA dan bisa juga CDMA dengan koneksi EVDO Rev B

Slot 2: Hanya GSM dengan koneksi data EDGE saja

Dengan kombinasi ini Anda bisa membuat HTC One Dual ini menjadi GSM-GSM atau CDMA- GSM.

Menarik bukan? Dengan harga Rp7.699.000 tampaknya ini bakal jadi flagship HTC beberapa bulan kedepan.

Nah berikut tulisan Oom Gabriel, many thanks oom:

=====================================

Rekan-rekan,

Sesuai keadaan, hari ini ternyata setelah minum obat dokter badan cukup kuat sekedar untuk mengambil pesanan HTC One Dual di Erafone ‘mall ambasador’.

Disambut dengan gembira sama spg yang khusus memegang produk HTC dan langsung pesanan diberikan.

Box HTC One Dual:

Box

Bonus Beats Solo by dr. Dre:

Beats Solo

Beats Solo BNIB

Opening Box HTC One Dual isinya:
1. Unit HTC One Dual yg dibungkus plastik.
2. Charger dan Kabel Data.
3. In Ear Handsfree
4. Buku panduan beserta kartu garansi nya.
5. Kartu perdana smartfren dengan bonus data 24GB setiap pengisian ulang senilai Rp. 50rb mendapatkan 2GB.

Photonya:

In the Box

Bentuk HTC One Dual sekilas tampak sama persis dengan HTC One, namun jika di perhatikan lebih seksama maka ukuran body HTC One Dual ini ternyata sedikit lebih besar. Dimensinya bisa di lihat saja di website resmi HTC.
Sebelah sisi kiri ada tampak tombol untuk membuka tutup belakang dengan cara men dorong (slide) ke atas. Sementara letak charging port ada pada sisi bawah sebelah kanan.

Tampak depan HTC One Dual:

Front

Tampak belakang HTC One Dual:

Back

Dengan membuka tutup belakang HTC One Dual, maka saya langsung mengisi nya dengan dua buah sim card gsm. Dan sesuai dengan spesifikasinya yang katanya support microsd s.d 64GB maka saya juga mengisinya dengan Sandisk Ultra 64GB UHS-1 dengan ext-fat format.

Hasil test pertama yang jelas ingin dibuktikan adalah mengenai feature Dual On nya.

Saya melakukan test call pertama dari HP GSM Gnote3 ke No yang dipasang di slot 1 HTC One Dual:

Call 1

HTC One Dual answering call 1:

Answer 1

Dalam keadaan tersambung dengan pembicaraan call 1, maka saya melakukan call kedua dari No Apt ke no gsm yang berada di slot 2:

Call 2

HTC One Dual answering call 2:

Answer 2

Testing lakukan swap call berjalan dengan mulus bolak-balik antara call 1 dan call 2 tanpa putus:

Swap

Dengan ujicoba call tersebut, maka saya menyimpulkan bahwa HTC One Dual ini memang benar dan layak disebut Dual On Dual Standby sekalipun di isikan dengan dua no gsm pada kedua slot nya. Pengujian dilakukan sebanyak 2x dan saya selalu mendapatkan panggilan call kedua dengan sukses (bukan nada busy).

Mungkin ini dikarenakan kemampuan slot 1 dari HTC One Dual ini yg bisa diisikan juga No. CDMA sehingga tidak seperti dual on gsm-gsm pada umum nya yang suka mendapatkan busy tone jika no pada slot 1 sedang aktif.

Hasil test kedua dari HTC One Dual ini adalah saya ingin memutar files movies (.mkv) yang memang sudah diisikan di external memory. Ntah mengapa HTC One Dual ini tidak dapat langsung mengenali dan memutar file movies dengan video player bawaan nya. Mungkin codec video bawaan nya belum lengkap. Saya harus mengunduh MX Video Player dahulu dari Google Playstore baru file movies bisa diputar dengan baik.
Hal ini berbeda dengan Galaxy Note3 dan Xperia Z1 yang saya punya bisa langsung memutar file movies mkv yang sama dengan player bawaannya.
Ada hal yang selalu saya rindukan dari device HTC adalah kemampuan boom sound dengan Beats audionya. Ternyata memang jika dibandingkan dengan smartphone lainnya Galaxy Note3 dan Xperia Z1, maka suara yang dihasilkan HTC One Dual ini sangat keras dengan bass yg cukup nyaman di dengar dari speaker stereo bawaan nya.
Apalagi jika ditambahkan dengan Beats Pill yang hanya dengan melakukan tap pada body belakang (NFC), maka HTC One Dual ini langsung melakukan pairing dan mentransfer suara ke speaker Beats Pill dengan sempurna.

Photo nya sedang duet dengan Beats Pill:

Beats Pill

Ini hasil di slot 2 gsm HTC One Dual dengan kartu XL. Lokasi di lantai 8 seputar kuningan. Screen shoot nya terlampir.

signal

Hasil photo HTC One Dual, terlampir saya coba kirimkan hasil photo Macro object yang sama yg dahulu pernah saya photo dengan Gnote3, Xperia Z1 dan iPhone 5s.

Terlampir:

Photo Macro HTC One Dual

Ini tambahan foto bantal yg warna-warni saya taruh di kolong meja biar agak gelap.

Photo Indoor HTC One Dual

 

Hasil nya saya tidak tahu apakah bagus atau kurang bagus. Kalau ketemu box lumia saya juga mau iseng test lagi🙂

Ritual menjadikan HTC One Dual sebagai handphone utama maka aplikasi Mobile Banking BCA yang saya perlukan hampir setiap harinya wajib bisa dipergunakan. Untuk hal ini, terpaksa kartu gsm utama saya dengan nomor telkomsel saya pasang di slot1 dan aplikasinya berjalan dengan baik.

BCA Mobile

 

Menu UTK untuk emergency transaksi jika tidak ada signal data maka juga wajib di test, dan juga berjalan baik:

UTK Slot 1

 

Selebihnya adalah menu STK yg ada di slot 2 sekalian juga di test dan juga berjalan baik:

STK Slot2

 

Selanjutnya yang diinginkan adalah segi kemudahan penggunaan dalam melakukan aktifitas sms maupun menelepon dengan cepat agar bisa digunakan baik untuk layanan kartu pada slot 1 maupun pada slot 2.
Seperti produk dual on yang pernah saya coba dan test, maka produk HTC One Dual ini juga mengusung ‘simplicity’ menu dual on untuk kita dapat memilih dengan cepat menggunakan slot1 atau slot2 baik untuk sms ataupun call setup:

SMS Reply

Call Setup

 

Hal ini tidak terjadi ketika saya mencoba membeli dual on cdma-gsm legendaris samsung w139, dimana untuk memilih nomor, kita harus melakukan switch terlebih dahulu no yg mau aktif sebagai primary nya. Ya memang tidak bisa dibandingkan sebuah smartphone dengan sebuah handphone klasik🙂
Just kidding… Karena hp klasik tersebut ternyata salah satu yg masih jadi penghuni laci, hue.. hue…

Nah, kayaknya dari tadi masih yg bagus2x nya, sekarang harapan nya adalah:

HTC Dual on ini hanya bisa hybrid di slot 1 nya sementara slot 2 nya adalah pure gsm only.

Jadi yg berharap menggunakan gsm sebagai primary data dan menginginkan no cdma sebagai secondary nya just for call only ya tidak bisa dilakukan dengan HTC One Dual ini. Jangan berharap itu slot bisa dibolak-balik karena ada yg japri menanyakan hal ini.

Jadi kalau mau pakai cdma-gsm ya data nya kudu langganan di cdma biar bisa dapat EvDo kalau tidak maka kemampuan nya jadi hanya gprs/edge saja karena gsm nya terpaksa dipasang di slot 2 dan cdma nya harus di slot 1. Itulah makanya saya selalu menyebutnya HTC Dual On ini Hybrid cdma-gsm dan gsm-gsm bukan dibalik penyebutan nya.

Harapan nya ke depan HTC mau buatkan untuk saya HTC One Dual Hybrid gsm-cdma dan gsm-gsm atau malah lebih ampuh lagi kalau bisa hybrid di kedua slot nya🙂

Akhirnya saya hanya bisa gunakan HTC Dual On ini sebagai dual on gsm-gsm karena aplikasi mobile banking saya yg ada di nomor Telkomsel tidak jalan kalau ditaruh di slot2.
Memang dengar2x sich bisa diakalin untuk jalan, tetapi saya tidak mau karena menjadi sekedar bisa dan tidak nyaman (cmiiw).

Sekian dahulu ya, uji coba battery nya sedang dilakukan. Biasanya setelah recycle 3-5x baru kemampuan battery nya layak di informasikan.

Salam,

Gabriel Noorhadi S.
Sent from HTC One Dual

 ================================

Beberapa tambahan plus minus HTC One Dual:

– Untuk menguji cacat kamera purple sense, berikut pengujian Oom Gabriel:

Nah ini yang pertama kali saya lakukan om. Di toko, buka langsung dan bilang sama spg nya mau test supaya keluar ungu2x. Itu camera htc one dual saya coba test terus dengan nutup lensa biar kelam dan coba ambil yg gelap2x ternyata aman dan bebas bonus ‘purple sense’. Mudah-mudahan aman selamanya. Sekalian juga karena kuatir dengan service centre dan mumupung ada garansi swap 1×24 jam ya di test saja dengan check code nya HTC: *#*#3424#*#*

– HTC One Dual ini sudah bisa USB otg kah Om?

Yup, sudah support usb on the go. Bisa pakai connector utg nya samsung. Cuma yg agak menyebalkan selalu keluar message notifikasi kalau usb not charging tapi tinggal di klik saja x nya hilang.
Perbedaan kedua dengan samsung kita perlu masuk ke setting, storage dan unmount usb storage nya sebelum cabut itu flashdisk kita dan software file manager nya di HTC One Dual tidak ada by default. Harus unduh dulu di playstore. Kalau samsung sudah ada bawaan nya dan untuk disconnect flaskdisk nya jika sudah selesai cukup kita slide saja ke bawah dan klik untuk disconnect usb nya. Jadi step ini jelas terlihat bahwa kemudahan ada di samsung UI.

.

Spesifikasi: http://www.htc.com/in/smartphones/htc-one-dual-sim/#specs

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

28 Responses to “Seputar HTC One Dual, Bisa GSM- GSM, Bisa CDMA-GSM”

  1. jol Says:

    Yg cdma nya di lock smartfren gak ?
    bisa di isi simcard esia gak?

  2. mantugaul Says:

    jol: yg penting cdma, bisa…

  3. pak mantu gaul knp twitter sy @a12ii mau folllow twitter mantu gaul ga bs ya? keknya ke block -_-

  4. mantugaul Says:

    ي (@a12ii): coba lagi

  5. rudy Says:

    Slot cdma nya bisa pake semua kartu (esia, flexi, smartfren) ngak gan?

  6. mantugaul Says:

    rudy: yg penting cdma

  7. Anonim Says:

    Berati bisa on keduanya, artinya kalo pas ada telp di gsm dan saat bersamaan ada telp masuk ke nomer cdma apa bisa masuk juga pak?

  8. mantugaul Says:

    Anonymous: benar, bisa krn dual on

  9. Anonim Says:

    Kira2 kelemahanya apa pak ?

  10. mantugaul Says:

    Anonymous: harganya

  11. Anonim Says:

    Kalo htc one sc gmn pak? Kan sama dual sim cdma dan gsm

  12. mantugaul Says:

    anonymous: blm pernah lihat one sc

  13. Anonim Says:

    Om, beli case transparan dmn ?

  14. mantugaul Says:

    Anonymous: gadtorade.com

  15. savikovic Says:

    Pak lampu led nya cuma bisa nyala orange ama ijo aja ya? Ini sy temui di test yg pake kode di atas
    Trus notif whatsapp dan lain2 juga cuma ijo aja

  16. mantugaul Says:

    Savikovic: mungkin begitu

  17. Yudi Herlambang Says:

    Izin bertanya mas…
    apakah kalau pakai flexy EVDO nya berfungsi juga ?

    terimakasih

  18. mantugaul Says:

    yudi herlambang: bisa donk

  19. robby Says:

    mas saya nanya dong mengenai dual on nya. klo dari contoh di atas memakai provider telkomsel dengan XL. nah klo misalnya operator nya diganti telkomsel dan Indosat (mentari) apa tetep bisa? Karna saya ada baca ini dipengaruhi dari provider itu sendiri support ga nya. Maap klo merepotkan mas. saya penasaran banget. karna saya baru cari hp yg misal baru terima telp dari sim1 dan bila ditelp ke sim2 tetep nyambung jadi ga dibilang tidak aktif sim2nya. Terima kasih

  20. mantugaul Says:

    robby: bisa donk

  21. robby Says:

    mas klo Motorola Moto G dualsim termasuk dual on ga yah? selain htc one ds hp apa lg yah yg bisa dual on. Mungkin mas pernah nyoba?

  22. mantugaul Says:

    robby: gak pernah lihat moto g

  23. kalau untuk hp android cdma gitu emang yang bisa internet itu cuma salah satu aja ya?

  24. mantugaul Says:

    android cdma murah: gak

  25. steven Says:

    masbro, sy berencana mau beli HTC one dual sim. tp mau tau kejelasan apa betul sim 1 bisa di pake internet speed tinggi? di sim 1 tsb ada GSM nya support LTE dan CDMA nya bener support evdo rev.B?
    terakhir butuh wkt brp lama buat charge dr kondisi lowbat ke full dlm kondisi mati?
    apa hp ini msh worthed di beli skr?

    thx n salam
    Steven

  26. Candra Says:

    steven: setau ane sih kalo internet emang cuman bisa di sim 1 aja gan kalo hp dual sim begitu

  27. Lala Says:

    aku pake dual sim, tapi yang diisi cuman sim 1.. pernah coba sim 2 doang tapi internetnya gak nyala sih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s