Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Trip Kota Batu Jawa Timur, Kota Never Ending Fun 21 Juli 2014


Liburan di Jawa Timur kali ini kita akan menjelajah sebuah kota yang terjepit/dikelilingi dengan banyak bukit/gunung. Sebuah kota yang adem cenderung dingin dan sangat terkenal dengan hasil alamnya buah apel. Kota Batu. Kota Batu waktu saya masih kecil terkenalnya Selecta, sebuah wisata alam yang cocok buat keluarga. Namun ternyata sekarang sudah banyak berubah dan tampaknya semakin seru.

Wisata paling wajib dikunjungi adalah Jatim Park 2. Sebuah tempat wisata super lengkap. Dimana disini ada Kebun Binatang, ada Museum Satwa dan ada Theme Park. Seru sekali.

Kemudian di selatan Jatim Park 2 ada BNS. Singkatan dari Batu Night Spectacular, lagi-lagi theme park yang khusus dioperasikan di malam hari. Meski jam 15 sebetulnya sudah buka. Tapi tak direkomendasi datang saat langit masih terang. Karena tempat ini akan tampak totally berbeda jika dikunjungi saat malam.

Di sebelah utara ada Jatim Park 2 ada Museum Angkut yang umurnya masih relatif muda. Dibuka pada bulan Maret 2014. Jadi ada kemungkinan besar Anda yang sudah pernah ke Batu tapi belum pernah ke Museum Angkut ini.  Angkut maksudnya transportasi, jadi disini Anda akan melihat apapun yang berhubung dengan otomotif atau kendaraan baik yang tanpa mesin sampai pesawat. Museum Angkut ini sangat menarik karena sengaja dibuat berdasarkan tema dunia, misal kawasan Indonesia maka Anda akan lihat kendaraan khas Indonesia misalnya becak, bajaj dll. Kemudian saat Anda masuk ke kawasan hollywood maka Anda akan melihat kendaraan khas buatan Amrik dan kawasan Jerman maka Mercedes dan lain-lain akan diperlihatkan. Ada kawasan Britain, kawasan Italy, Perancis dll.

Tak lengkap jika ke Batu tapi tidak petik apel. Daerah yang paling terkenal adalah Kusuma Agrowisata. Tempat ini juga ada hotelnya. Ada kebun apel (dan jambu) serta pabriknya. Produk yang dihasilkan adalah jus apel dan yogurt yang asem asem seger.

Kota Batu terkenal dengan makanan Pos Ketan Legenda. Dengan bahan dasar beras ketan, gula jawa dan kelapa. Yang paling terkenal ada di alun-alun. Sayang waktu kami berkunjung adalah waktu awal Ramadhan jadi pada tutup beberapa hari. Tapi ketan serupa bisa dinikmati di tempat lain, seperti di BNS.

Nah penasaran seperti apa Kota Batu di tahun 2014 ini? Mari kita lihat peta dan fotonya:

Kesimpulan:

Nah, sudah lihat kan Never Ending Fun Kota Batu. Ini belum habis loh, masih ada waterpark dan Jatim Park 1 belum kita kunjungi. Selecta yang terletak di utara juga masih bisa dikunjungi.

Batu merupakan kota percontohan di Indonesia kalau wisata mau dikelola secara profesional, negara kita juga tak kalah dengan negara lainnya. Bahkan tak perlu tukar mata uang maupun visa hanya untuk jalan-jalan. Kota Malang ada Airport namun orang lebih suka melewati Surabaya karena selisih harga lumayan.

Jika Anda berencana ke Kota Malang/Batu via Surabaya, maka ada 1 lagi tempat wajib dikunjungi yaitu Taman Safari Indonesia 2 (daerah Prigen) dimana habis ini kita akan mereviewnya juga.

So liburan berikut? Ayo ke Jatim.

Jika Anda banyak waktu dan ingin mejelajah Jawa Timur maka dua daerah ini sangat direkomendasikan:

Taman Na