Mantugaul's Gaul Site

Talk Less Pics More

Review Wisata Telaga Sarangan, Wisata Santai Gunung Lawu 2 Agustus 2014

Filed under: Travel — mantugaul @ 8:24 am
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Siap-siap naik speedboat

Telaga Sarangan adalah telaga unik yang terletak di kaki Gunung Lawu. Telaga ini adalah telaga pertama yang akan Anda temui saat melintasi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Letaknya di Kabupaten Magetan artinya sudah termasuk wilayah Jawa Timur. Sehingga menambah wisata Jawa Timur selain Baluran, Bromo, Batu, Pacitan dan Malang.

Karena masih di daerah pegunungan maka suhunya juga adem. Jarak tempuh sekitar 60km jika dihitung dari Kota Solo/Surakarta. Dan Anda akan melewati daerah wisata lain Gunung Lawu yaitu Kota Tawangmangu Jateng. Wisata telaga Sarangan mempunyai pemandangan yang unik, untuk dapat menikmati pemandangan telaga maka Anda harus memilih penginapan yang terletak di daerah yang lebih tinggi. Nah penginapan paling baru dan letaknya diatas adalah Villa Azalia. Bahkan kepala kampung juga merekomendasikan tempat ini jika Anda mencari daerah atas. Meski berada diatas tapi untuk menuju ke telaganya tidak perlu susah-susah karena disamping vila ada jalan kecil yang langung mengarah ke telaga.

Harga vila di bulan Juli 2014 masih di kisaran Rp300rban, sangat terjangkau karena terdapat 2 tempat tidur yang bisa menampung 4 orang, bahkan kalau lebih 4 gak masalah karena masih ada ruang tamu. Ada 2 TV LCD, TV LCD yang di kamar gede banget. Ada air panas, tapi tidak ada sarapan/makan. Untuk makanan tidak perlu repot tinggal pesan ke warung via telepon karena ada daftar menu warung setempat yang diletakkan di vila. Asyik kan?

Karena tiba jam 10 pagi, kami harus tunggu 1 jam untuk membenahi kamar yang malam sebelumnya ditempati tamu lain. No problem karena sambil menunggu dikasih welcome drink dan ada ruang duduk di vila yang mengarah ke telaga. Selain itu Anda bisa menikmati wisata yang ada di telaga ini:

– Naik kuda memutari telaga. Harganya Rp50rb/kuda sekali putaran. Jaraknya kira2 2km. Bisa pandu kudanya sendiri, kalau takut pemandunya akan menuntun Anda.

– Naik perahu cepat, ini jangan dilewatkan karena perahunya akan mengitari danau juga. Harga juga Rp50rb tapi bisa diisi 3-4 orang. Murah kan?

– Wisata air tejun, kami tak kesini karena letaknya jauh juga. Sayang ya.

– Pijat2, minta saja staff villa untuk panggilkan tukang pijat, nanti tukang pijatnya datang pakai motor. Tarifnya Rp60rb/jam

Nah sisanya nikmati hawa dan udara pegunungan yang asri.

Berikut peta dan foto Telaga Sarangan Jatim:

Kesimpulan:

Mungkin Anda yang tinggal di sekitar Solo, Magetan atau Madiun sudah tak asing dengan wisata di Gunung Lawu yang sangat beragam. Daki gunung Lawu ada, wisata air terjun ada, naik perahu ada, petik buah ada, telaga ada, dan jaraknya dari ketiga daerah diatas juga relatif dekat.

Namun bagi Anda yang jauh dari Sarangan mungkin juga tak kepikiran wisata di Sarangan, tapi kini Anda sudah tahu bahwa ada tempat keren di Jatim yang keren, bahkan jalan menuju kesana sudah besar dan lebar dan banyak jalan alternatif. Dari foto terlihat jalanannya mirip dengan jalan pedesaaan pegunungan di Eropa masih Asri dan sejuk.

Kami wisata disinipun karena kebetulan. Trip ke Malang kami putuskan melewati Gunung Lawu dan tampaknya pilihan yang tak salah. Dengan ketambahan sudah ada banyak fasilitas dan penginapan, Telaga Sarangan bisa jadi alternatif jika Anda melakukan perjalanan melintasi Pulau Jawa.

.

Spesifikasi hotel:

http://villaazalia.com/

.

My other posts:

https://mantugaul.wordpress.com/all

 

5 Responses to “Review Wisata Telaga Sarangan, Wisata Santai Gunung Lawu”

  1. Bima Says:

    Keren om!

  2. beco Says:

    Jalur wajib klo mo ke Madiun dr Yogya. Meninggalkan jalur Ngawi yg rame bis rollercoster.🙂

    Jalannya sekarang tidak se extreme dl yg masih sempit dan menanjak /turun curam.
    Udaranya itu lho yg seger bget. Belanja sayurannya jg murah2 bget.

    Nicr share.

  3. Lomoqu Admin Says:

    Cukup komplit dan detail infonya. makasih ya .. nice post

  4. Denny Says:

    Mantap brow infonya jd tambah wawasan

  5. Anonim Says:

    Mantaps tenan ulasannya, terutama dengan gambar gambar nya itu loh……meng-inspirasi beneran. :Langsung atur jadwal buat kunjungan ke sana


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s