Motor ini sebetulnya sudah hadir sejak 2011, dan Juli 2012 Honda memberikan stripping dan warna yang sedikit berbeda. Mantugaul baru beli motor ini Oktober 2012, jadi rada telat ya reviewnya 🙂 Motor ini menggantikan motor Kawasaki Athlete saya yang sudah tua juga umurnya 🙂
Motor ini sebetulnya bukan target utama saya, malah Yamaha Jupiter Z1 yang baru keluar juga dengan mesin injeksi yang menjadi target pertama, tapi ada hal yang bikin saya pilih Honda Supra X Helm In PGM-FI ini. Yaitu bagasi besar dan rem cakram belakang. Itu saja. Padahal dari tenaga, dan body lebih macho Yamaha Jupiter Z1.
Mengapa pilih bagasi besar?
Karena saya berencana dipakai untuk travelling. Dan memang belum seminggu saya sudah menempuh sekitar 800km. Baru dua hari pakai sudah service pertama 500km 🙂 Bagasi yang besar ini bisa muat barang banyak hingga 19.5 liter, ini cukup pas untuk sebuah helm ukuran full face. Saya coba masukkan laptop 14 inci juga masuk, masukkan kandang hamster juga masuk, masukkan sepatu+sandal juga masuk. Dan kalau dimasukkan pakaian Anda bisa membawa pakaian cukup untuk 4-5 hari. Menarik kan? Dengan bagasi sebesar ini, Anda tidak perlu lagi beli kotak givi yang biasa ditaruh di jok belakang. Lumayan menghemat tempat.
Selain itu beberapa kelebihannya:
– Rem cakram depan dan belakang, ini memberikan keamanan saat pengereman. Saya termasuk tipe pengerem dobel, artinya sekali rem selalu bersamaan depan dan belakang, sangat terasa saat saya mengemudi turun gunung, pengujian dilakukan saat menurun dari dataran tinggi Dieng yang berlokasi 2000m diatas permukaan laut.
– Mesin injeksi PGM-FI 125cc, terkenal ramah lingkungan dan sudah gak pakai choke lagi.
– Tangki bensin 5.6liter. Semakin besar, semakin jarang ke SPBU. Kalau diukur secara teori maka Jakarta-Tegal bisa ditempuh dengan 1 tangki full.
– Tempat duduk yang besar sekali. Ini cocok untuk yang berbokong besar hahaha. Ukuran seat besar, memberikan kenyamanan saat berkendara jauh, kalau dibandingkan dengan motor matik Mio, pantat sudah terasa panas jika berkendara 20km keatas, sementara Supra X ini baru terasa 30km keatas.
– Buka kap tempat duduk tidak perlu turun lalu cari-cari lobang kunci karena cukup tekan kunci dari kunci depan saja, arahkan kunci di posisi seat.
– Ada fosfor hijau di lubang kunci jadi kalau dalam gelap gak bakal salah tusuk lobang 🙂
– Posisi klakson sekarang tukaran sama lampu sein. Jadi lampu sein sekarang ada dibawah stang. Saya merasa ini lebih betul posisinya dibandingkan kebanyakan motor lama yang klakson justru yang paling bawah.
– Lampu selalu nyala, Anda tak bisa lagi mematikan lampu depan karena memang tak ada switch lampu. Ini hal yang baik karena sering saya lihat pengendara motor ditilang polisi gara-gara lampu yang lupa dinyalakan, dengan Supra X baru ini, gak akan ada polisi menyetop Anda gara-gara lampu 🙂
– Penutup kunci kontak otomatis, begitu kunci dicabut, langsung tutup sendiri
– Free 4 kali servis, yang pertama gratis oli (oli yang termurah).
– Servisnya murah hanya Rp29.000 saja. Seri matik dan moge diatas tipe bebek utk jasa servis.
– Lain-lainnya sih standardlah, pengujian keiritan bensin ada di bawah ya…
Kekurangannya? Tentu saja ada:
– Mesin injeksi ternyata tidak seindah namanya, paling terasa adalah suaranya lumayan bising. Apalagi saat nanjak saat naik ke Dieng, mesin terasa meraung-raung.
– Tenaga yang kurang, mungkin karena bodinya yang bongsor dan lebih berat sekitar 5kg dari kompetitor.
– Tutup casing dekat lampu depan berbunyi, sudah bawa ke ahass tapi malah menyalahkan tempat jepitan yang saya pasang.
.
Mari kita lihat fotonya:
Kesimpulan:
Beli Supra X helm in injeksi atau tidak? Mudah dijawab. Apakah Anda mencari motor dengan kekuatan yang besar, ataukah mencari motor yang fasilitasnya oke? Kalau carinya power, maka lupakan Supra X ini. Tapi kalau cari fasilitas misalnya malas gantung-gantung belanjaan, atau misal ke mall yang parkiran motornya terbuka, karena helm bisa basah kena hujan, pengennya taruh di bagasi yang luas maka Supra X ini bisa diandalkan.
Mengapa tidak beli motor matic saja? Karena saya masih tak percaya giginya matic 🙂 Kalau manual gini, saya bisa atur saat nanjak/turun, bisa rem pakai perpindahan gigi rendah. Kedua adalah motor matic, kaki taruhnya di depan, tidak cocok buat pria hehehe, kalau bebek biasa kakinya disamping lebih lega rasanya.
Dan untuk urusan BBM, mari kita lihat pengujian saya berdasarkan travelling ke 3 kota: Purwokerto, Cirebon dan Dieng. Asal kota Tegal Jawa Tengah.
.
Pengujian BBM:
3 kali isi bensin:
I. Tempuh 241.6km bensin habis 2.97 liter
II. Tempuh 245.3km bensin habis 3.56liter
III. Tempuh 159.2km bensin habis 2.68liter
Sehingga totalnya 646.1km habis 9.21liter
Sehingga didapatkan 70.1km per liter bensin. Lumayan?
.
Spesifikasi:
http://www.astra-honda.com/index.php/product/popup/54
.
My other posts:
dibawa dataran tinggi mbrebet, karena ada sensor PGM-FI step 4 yg dikurangi dari step sebelumnya, alesannya tentu saja cost down…
saia gak setubuh kalo motor matik kakinya cuman bisa ditaro di depan,
bisa koq ditaro di samping, di belakang bahkan di atas setir… =))
Gw suka bngat gan review lo,asli top da,
ane jga pngguna mtor ni warna silve blue,
add fb ane ya,
klu akselerasi nya gmn ni motor?
sayyid: kalau dibanding z1 tentu supra x kalah
kayanya utk bodi dan power lebih oke yamaha jupiter z ya om…
husein: seharusnya begitu…ga pasti krn saya ga pernah coba yamaha
hidup YAMAHA 🙂
Bagaimana cara merawat supra x helm in supaya awet??
naruto: servis tiap 2.000km jgn pernah telat
yg foto “ini entah apaan’ itu buat ngikat tools di bawah jok,, tapi aku gk dpt tuh ,kalo gk butuh untuk aku aja om
mamam: aku coba dulu ah 🙂 thanks
halo mr gaul… apa kbr ?
mtor baru nih…
oh iya, sy juga pake mtor honda injeksi generasi pertama (ud 6 thn) wrna oranye.
emang sih untk nanjak agar ngos-ngosan, mungkin krn gir-ny kecil (35). tp untk jlan lurus, langsung wusss…
nice review bro, dan foto2nya juga bagus.detail. kebetulan gw juga pindah dari athlete nih, beli supra karena bagasinya besar. isu yang beredar lemot ya?padahal tarikan joss. cuman memang mesin suka meraung diawal. settingannya aja nih pasti
mantap reviewnya
saya punya rencana buat beli motor ini. tenaganya ditanjakan gimana saat boncengan kalau dibanding supra x yang karbu?
salam kenal
rusmanjay: tergantung kemiringannya
wah sip banget ulasannya.lagi ngicer motor baru nih. jakarta macet banget bro. pertama pake suzuki family lalu vespa ps lalu astrea prima lalu yupiter Z l;al;u megapro sekarang pengin supra helm in. yg penting nyaman. di jakarta buat kebut mah percuma. salam taon baru motor baru wussssssh
wah siip banget ni review,,,wa juga mau ganti mtor vxion ane ama ni motor abisnya mtor laki gak bisa buat bawa barang,,,tinggal nunggu abis kredit aja lalu wa cabut ke ni motor,,, awet g ni motor mesinnya kira2?
Bapakku Punya Supra X 125 Spoke, tadinya kepingin ganti yang helm in tapi sekarang malah kepincut Verza 150
motor yang fungsional…
sayangnya masi.dibarengi fitur getar…
hehehehe…
oke mas thanks infonya
Gan, itu didepan tempat duduk ada tatakannya beli sendiri ato memang aslinya dapet langsung pas beli?
sama ada cantolan nya juga ya?
kalo memang itu beli sendiri, berapa ya gtu?
thx Gan.
santosoyusak: 30rban aja
Supra X Helm In suara nya seperti Honda Blade Tidak ?
andre: gak punya blade
Saya pakai Supra X 125 Helm-in PGM-FI tarikan mantab dan juga enak di bawa.
Mantap Infonya gan.. Tq yah.. saya sangat puas sama Infony 😀
mantap
yang “ini entah apa” itu tali baja buat iket helm sistem lama yang ada ring bentuk seperti huruf D di tali helmnya. Saya pake cbr250, ada juga ini di motornya.. kalo gak salah cbr150rFI dan CB150r juga dikasih ini..
apakah di bagasi sudah bisa buat ngecas ho seperti supra x terbaru
Reza: ngecas?
saya juga pengen beli motor ini
Saya kurang setuju bro kalau dikatakan dari segi tenaga kalah dari jupiter z baru… diatas kertas mungkin ia, tp di jalan tidak seperti ini,,di jalan pake helm in, aku hanya segan tp tidak takut sama jupiter mx sama vixion lama.. sama vixion baru tetap kulayani kebut kebutan di jalan walau aku unggul di stop and go saja…kalau lurus sdh agak panjang, monggo vixion lewat…kalah di top speed
salam kenal..saya eka yang upload video di u tube yang judulnya TOP SPEED SUPRA X HELM IN INJEKSI.. dari sulawesi selatan
masalah membrebet itu di awal saja bro…kalau sudah lama dipakai, brebet itu hilang sendiri, tutup batok bunyi itu sama dengan motorku…dr beli sampai sekarang memang sudah bunyi…tanya ahass malah kasi teori ngalor ngidul..sdh lah kubiarkan saja,,,toh bunyinya menurutku tidak menggangu…
kalau mau awet ini motor ya normal aja caranya…ganti oli tepat waktu atau lebih cepat dan sering malah lebig bagus..cuma kalah diongkos…jangan sering dipakai ngebut kayak saya…sesekali isi dengan pertamax atau malah isi terus pake pertamax…bagian injeksi sering dibersihkan biar pasir pasir super halus di bensin tdk menghambat saluran injeksi…itu aja menurut aku…servis rutin jika telah melalui wajib tdk perlu rutin ASAL pemakaian kecepatan biasa saja DAN hanya di dalam kota
Kalau gue naksir ama adeknya. New HSX 125 PGMFI, lebih cantik, body ramping, power lebih gede.
saya pengguna supra x 125 helm in pgm fi….. desember 2014 saya ajak dari jakarta ke bromo via tumpang… berboncengan…. dan di tengah tengah ada satu tanjakan yang sangat curam dan helm in nya gak kuat kalo boncengan…. jadi penumpang turun dan jalan kaki selama 30 menit setelah itu boncengan lagi……. masalah tanjakan curam emang jangan di harapkan pada helm in ini…. namun kalo jalan lurus dan tanjakan biasa yah enak enak saja
Fuck motor irit (n)
Nanjak paye…
Saya juga pemilik supra x 125 helm in tahun 2016, menurut saya body dan tenaga lebih baik dari supra x 125 sebelumnya, body plastik juga lebih kenceng, cuma karena tenaga memang agak kurang, saya coba bore up pake piston kaze 54 mm, hasilnya mantapp, knalpot dan ecu masih standar, silahkan kunjungi link ini untuk lihat proses bore up nya..https://aspalitem.wordpress.com/2017/09/29/bore-up-supra-x-125-helm-in-54-mm/
[…] Photo Via : mantugaul.wordpress.com […]